Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Saat ini kita tahu bahwa semua pada serba digital yang memudahkan orang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dari kebutuhan pokok, bisnis dan masih banyak lagi kebutuhan hidup yang bersumber dari digital.

Dengan smartphone dan koneksi internet, tahukah kalian bahwa dalam genggaman kalian bisa menghasilkan peluang yang besar, dan salah satunya adalah mendapatkan uang melalui internet dan smartphone.

Kalian bisa menghasilkan uang dari mana saja dan kapan saja, yang salah satunya dari blog. Jika kalian sudah mengetahui sekilas tentang blog, yang terpikirkan adalah tempat untuk menulis artikel. Namun tahukah kalian, dari blog kalian juga bisa mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari blog bagaimana? Untuk bisa menghasilkan uang dari blog itu sangat mungkin bagi para blogger, asalkan tahu cara memulainya. Kalian bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara mulai dari jualan produk, endorsement, article placement, Google AdSense dan masih banyak lagi cara-caranya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghasilkan uang dari blog yang sangat mudah untuk dipraktekan pada blog kalian.

Langkah-langkah untuk bisa menghasilkan uang dari blog sebenarnya sama sekali tidak rumit, hanya saja prosesnya membutuhkan kesabaran serta ketekunan tingkat tinggi.

Ada beberapa langkah yang perlu kalian lewati. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Membuat dan menentukan topik dan target pembaca blog

Langkah pertama adalah menentukan topik dan juga target pembaca blog.

Sebelum kalian membuat blog, kalian harus sudah tahu topik apa yang akan dibahas di blog dan juga sudah menentukan siapa target pengunjung blog kalian lho.

Dalam memilih topik blog ini harus sesuai dengan minat atau keahlian kita. Selain itu topik blog yang kita pilih juga harus memiliki banyak peminatnya di internet agar blog kita dapat ditemukan dalam system pencarian google.

Jika kita memilih topik yang peminatnya sedikit, maka nanti akan sangat sulit untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog.

2. Membuat Blog

Setelah menemukan topik blog yang sesuai dengan minat atau keahlian masing-masing kita, langkah berikutnya tentu saja mulai membuat sebuah blog.

Jika sobat ingin membuat blog yang gratis, sobat bisa membuat blog di blogger. com, tapi jika sobat bersedia untuk mengeluarkan uang untuk menyewa domain dan Web Hosting saya rekomendasikan untuk membuat blog WordPress self-hosted.

3. Membuat konten berkualitas

Hanya memiliki blog saja belum cukup untuk bisa menghasilkan uang. Selanjutnya kalian perlu mengisi blog sobat dengan konten-konten yang berkualitas.

Tanpa konten berkualitas, blog kalian tidak akan ada pengunjungnya. Memiliki pengunjung blog yang banyak adalah salah satu kunci kesuksesaan sebuah blog.

4. Mempromosikan blog

Saat ini jumlah blogger di Indonesia sudah sangat banyak yang artinya persaingan akan semakin ketat.

Hanya bermodalkan konten berkualitas saja belum cukup untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, kalian juga perlu mempromosikan blog kalian.

Salah satu metode yang biasa digunakan oleh seorang blogger untuk mempromosikan blog adalah dengan SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Tujuannya adalah supaya blog kita bisa mendapatkan ranking yang tinggi di hasil pencarian Google.

5. Menentukan metode monetisasi yang tepat

Nah yang terakhir adalah proses memanfaatkan blog yang sudah dibangun dengan susah payah supaya bisa menghasilkan uang.

Proses ini biasa disebut “monetisasi blog“, atau bahasa Indonesianya “menguangkan blog“

Ada banyak sekali metode monetisasi yang bisa dilakukan, sobat harus bisa menemukan metode yang tepat untuk blog sobat karena tidak semua blog cocok untuk dimonetisasi dengan cara yang sama. Ini adalah cara monetisasi blog adalah cara menghasilkan uang dari blog yang paling populer. 

Di bawah ini adalah 7 cara menghasilkan uang dari blog atau metode monetisasi blog yang paling populer yang sering digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

1. Pasang Iklan

Yang pertama adalah yang paling populer di antara yang paling populer, yaitu dengan memasang iklan di blog.

Untuk cara menghasilkan uang dari blog dengan iklan ada dua jalan yang bisa kalian pilih.

Pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan.

Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kalian atau biasa disebut sebagai Direct Advertising.

Advertising Networks

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang mengubungkan antara pemasang iklan dengan para pemilik website atau blog.

Nah jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, kalian hanya perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti kalian akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.

Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang ngeklik iklan di blog kalian atau biasa disebut PPC (Pay Per Click).

Salah satu program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia adalah Google AdSense.

Direct Advertising 

Berbeda dengan Advertising Networks, Direct Advertising adalah cara menghasilkan uang dari blog dimana sobat menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kalian.

Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog kalian bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Harga pemasangan iklan sendiri bervariasi, umumnya menyesuaikan dengan jumlah dan kualitas dari pengujung blog.

2. Paid Review

Paid review atau paid posts adalah cara menghasilkan uang dari blog dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kita.

Pada dasarnya tidak ada bedanya dengan Direct Advertising, hanya bedanya jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Salah satu blogger Indonesia yang cukup sukses menerapkan metode monetisasi ini adalah Priangga pemilik blog www.priangga.web.id.

3. Jualan Produk Sendiri

Menjual produk sendiri merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri kita bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.

Jika menggunakan metode ini bisa dibilang kita tidak menghasilkan uang dari blog secara langsung, karena penghasilan yang kalian dapatkan adalah dari hasil berjualan. Sedangkan fungsi dari blog yang kalian kelola nantinya hanya sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang kalian jual.

Jualan produk sendiri lewat blog tentu saja bukan hal yang mudah. Pertama kalian harus mempunyai produk untuk dijual, kedua kalian harus bisa mencari pengunjung blog yang tertarget supaya membeli produk yang kalian jual.

4. Jualan Jasa

Selain produk, kalian juga bisa menjual jasa melalui blog. Cara menghasilkan uang dari blog ini sangat cocok bagi sobat yang mempunyai keahlian yang bisa disalurkan lewat Internet.

5. Mengikuti Program Afiliasi (Jual Produk Orang Lain)

Bagi kalian yang belum punya produk sendiri untuk dijual atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program afiliasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih.

Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.

Untuk mengikuti program afiliasi seperti ini kalian bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi atau bisa juga melalui affiliate network.

6. Menyediakan Program Membership

Program membership adalah salah satu metode monetisasi. Metode monetisasi ini sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan karena banyak blogger Indonesia maupun luar Negeri yang sudah membuktikannya.

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program di mana kalian menyediakan konten premium di blog kalian dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

7. Jualan Blog

Cara menghasilkan uang dari blog yang terkahir adalah dengan menjual blog.

Jadi kalian akan mendapatkan penghasilan dengan membuat blog terus menjual blog tersebut kepada orang lain.

Nah, inilah cara-cara untuk menghasilkan uang dari blog yang paling populer bagi seorang blogger, hanya dengan menggunakan smartphone dan internet. Caranya mudah bukan ? Silahkan dicoba, semoga berhasil ya!

Editor: Thom Fallo


1 comment for "Cara Menghasilkan Uang Dari Blog"