Apel Pagi 05.30 Di SMAN 6 Kupang, Gubernur NTT Puji Dan Beri Motivasi Unggul Untuk Siswa-Siswi

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kupang adalah salah satu sekolah yang terletak di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

SMAN 6 Kupang sebagai salah satu sekolah unggulan di kota kupang menerapkan mulai beraktivitas di sekolah pukul 05.30 pagi. 

Belum seminggu berjalan pemberlakuan aktivitas di sekolah mulai pukul 05.30 pagi, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat turun menyaksikan langsung dan apel pagi bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMAN 6 Kupang bersama seluruh siswa.

Tiba di SMAN 6 Kupang bersama rombongan, Gubernur disambut dengan iringan musik Drumband yang dimainkan oleh siswa/i SMAN 6 Kupang. Kehadiran Gubernur NTT adalah untuk memastikan kesiapan sekolah dalam menerapkan pola baru yaitu beraktivitas di sekolah mulai pagi hari.

Setelah rombongan Gubernur masuk, dilanjutkan dengan apleh pagi bersama seluruh komponen sekolah pukul 05.30. Ketika Gubernur tiba di tempat apel rupaya semua seluruh siswa/i sudah dalam keadaan siap dengan berbaris rapi di lapangan tempat apel pagi.

Kehadiran orang nomor satu di provnsi NTT ini untuk melihat dan memberikan motivasi kepada warga sekolah bahwa penting sekali kita melakukan langkah besar, ini merupakan sebuah gerakan untuk membuat perubahan, membuat kita meninggalkan cara-cara lama. Membongkar mental blok yang selama ini kita buat. Setelah tamat dari sini tidak boleh jadi pengangguran, minta Viktor yang akrab disapa.

Dalam sambutannya saat apel pagi, Ia malah memuji SMAN 6 kupang karena punya kebun serai (sare: bahasa kupang) dan telah dilakukan penyulingan untuk menghasilkan minyak serai. Ia pun akan berkerja dengan industri untuk membeli hasil-hasil produk yang dikerjakan oleh SMAN 6 kupang

Contohnya sudah luar biasa. Kita siapkan dari awal. Kita akan buat SMAN 6 ini unggul. Iapun meminta kepala sekolah untuk membuat perencanaan yang matang. Anak-anak sekolah datang tidak boleh langsung masuk kelas, buat mereka rilex, ini bukan tempat jasa penitipan anak, ini tempat untuk membangun anak-anak menjadi manusia mandiri, jadi tidak boleh langsung belajar mengajar, gembira dulu barulah anak-anak di bawah masuk untuk menerima pelajaran. Jadi tidak ada pagi-pagi datang langsung masuk kelas, tegas mantan Anggota DPR RI dari Partai Nasdem ini. 

Ditambahkannya, menurut riset bukan kecerdasan saja yang membuat orang berhasil, bukan IQ yang membuat orang berhasil, kalian (siswa/i) di depan saya ini adalah orang-orang hebat (disambut tepuk tangan). 

Ia mencontohkan dirinya sebagai Gubernur yang lahir dari keluarga susah dan lahir dari kampung tapi bisa jadi Gubernur., karna apa? Karena kita memiliki semangat juang. Manusia pintar macam apa tidak memiliki semangat juang, tidak bisa. Untuk itu sekolah menjadi tempat untuk melatih anak-anak, bukan saja IQ nya, tetapi semangat juangnya untuk mereka mampu meraih cita-citanya. 

Oleh karena itu di sekolah ini akan dilakukan tes, apa yang kamu suka, apa yang kamu senang dalam hidup kamu untuk kamu kerjakan setelah selesai SMA ini. Kamu ingin menjadi apa kedepan? Tanyanya.

Ingin menjadi guru kah? ingin menjadi seorang peternak sukses? Ingin menjadi seorang dosen yang hebat? Ingin menjadi seorang ahli ekonomi yang hebat? Kamu mulai belajar didampingi bapak guru dan ibu guru untuk kamu menemukan hasrat kamu, passion kamu, tujuan-tujuan kamu supaya cita-citamu dapat diraih dengan baik. 

Mau tidak begitu? Tanya Gubernur kepada siswa/i. Mau tidak? Jadi yang tidak mau kuliah mari kita latih mereka menjadi usahawan, jadi mereka sudah terlatih, tamat SMA tinggal kerja saja, dilatih dengan benar, dibimbing dengan benar, anak-anak ini akan tumbuh dengan baik, bukan saja punya pengetahuan tapi punya skill, mereka juga punya network untuk berkenalan dengan dunia-dunia industri.

Ketika saya mendengar SMAN 6 punya lahan serai 2 hektar saya gembira, kelas/level SMAN 6 bisa bikin minyak serai, biasa saya dengar di SMK, tapi ini saya dengar di SMA. 

Ia pun mengucapkan terima kaih kepada bapak dan ibu guru serta anak-anak sekolah. Perkembangan teknologi yang begitu cepat menuntut untuk kita kerja luar biasa, bukan kerja biasa-biasa. Kita harus menyiapkan itu, kalian harus disipakan betul.

Menutup sambutannya, Ia berpesan kepada bapak dan ibu guru kalau sekolah jam 05.30 itu bukan langsung masuk di kelas, guru pun harus memahami kehidupan anak di rumah dan di sekolah. Kita sedang menjadi lembaga untuk membangun seseorang menuju masa depannya, mandiri untuk bangun dirinya dan mandiri untuk menatap masa depannya. Itu adalah sebuah cita-cita untuk membangun Provinsi ini yang sekian lama tidur. 

Ia berharap kedepan lahir pemikir-pemikir dari SMAN 6 Kupang, Tanyanya kepada siswa-siswa, Setuju? Jawab siswa, Setuju !

Penulis: Thom Fallo

Sumber: Youtube Biro Umum Setda Provinsi NTT



Post a Comment for "Apel Pagi 05.30 Di SMAN 6 Kupang, Gubernur NTT Puji Dan Beri Motivasi Unggul Untuk Siswa-Siswi"