Tafsirkan Arti Merdeka Belajar, Jadi Guru Kreatif Dan Inovatif Tidak Sekedar "Ngomong Doang"

Dalam konteks Merdeka Belajar, kita harus memahami asal kata dari kata Merdeka Dan Belajar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Merdeka artinya bebas, berdiri sendiri, tidak terkena atau lepas dari tuntutan, tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu, leluasa.

Sedangkan pengertian belajar menurut KBBI artinya berusaha memperoleh kepandaiaan atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

Dua kata yang kini ditafsirkan oleh segenap insan pendidikan. Mendikbud Nadiem Makarim dalam keterangannya memberikan penjelasan bahwa merdeka belajar “ Sekolah, guru dan murid memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar mandiri dan kreatif. 

Bebas menurut versi guru artinya tidak sebebas-bebasnya mengajar, mendidik dan melatih murid diluar prosedur atau regulasi, namun lebih dari itu guru tentunya sudah harus mampu berpikir dan memproyeksi apa kebutuhan belajar murid dana pa nanti yang akan dihadapi murid ketika terjun di sosial masyarakat.

Dalam konteks merdeka belajar, ada rambu-rambu yang harus dilalui setiap satuan pendidikan. Lebih dari itu pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan ruang yang bebas kepada sekolah khususnya guru untuk berinovasi dan berkreasi sesuai standar kurikulum dengan melihat kearifan lokal dan potensi murid di setiap daerah.

Jika kita masuk lebih dalam lagi tentang kreatif dan inovasi tentu tidak segampang membalikan telapak tangan. 

Coba kita telaah arti kata Kreatif dan Inovasi yang mana dua kata ini selalu berdampingan setiap saat bagaikan suami istri.

Kreatif artinya memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk menciptakan (KBBI) sedangkan inovasi artinya pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan. Atau dengan artian lain sebuah hal yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru (kreasi baru).

Nah, pekerjaan kreatif dan inovatif adalah bukan pekerjaan yang ringan. Tentu membutuhkan waktu, tenaga dan biaya. Berdasarkan data dari Kemendikbud, jumlah guru di Indonesia sebanyak 3,31 juta guru pada tahun ajaran 2022/2023. 

Apakah 3,31 Juta guru Indonesia sudah merdeka belajar? Apakah 3,31 juta guru Indonesia sudah kretaif dan inovatif? Jika sudah maka ada 3,31 juta kreasi baru atau 3,31 juta guru Indonesia menciptakan atau memperkenalkan hal yang baru kepada masyarakat Indonesia dan kepada dunia.

Perkembangan teknologi dan perubahan semakin cepat, mode pembelajaran kita juga harus berorientasi pada semangat mengikuti perubahan yang begitu cepat. Tentunya guru memiliki peranan penting dalam menjawab perkembangan jaman dan perubahan di segala sektor kehidupan manusia.

Sumber Daya Manusia (SDM) guru adalah pion untuk menjawab semuanya. Guru harus diarahkan secara benar agar menjawab pernyataan Mendikbud “Sekolah, guru dan murid harus memiliki kebebasan untuk berinovasi, belajar mandiri dan kreatif. Menjadi guru yang kreatif dan inovatif tidak segampang membalikan telapak tangan dan ngomong doang (bicara banyak).

Materi Pemahaman Merdeka Belajar

Sekian dulu opini singkat ini. Jika ada masukan, kritikan atau saran silahkan komentar di kolom komentar. Terima Kasih

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Tafsirkan Arti Merdeka Belajar, Jadi Guru Kreatif Dan Inovatif Tidak Sekedar "Ngomong Doang""