Cara Mempublikasikan Tulisan Di Blog Bagi Blogger Pemula

Membuat tulisan di blog untuk dipublikasikan memang tidak mudah bagi seorang blogger pemula yang baru ingin belajar ngeblog atau menulis di blog. 

Beberapa teman saya, sebut saja baru ingin belajar membuat atau menulis diblog, setelah saya membaca dan menganalisis blognya, masih ditemukan banyak kekurangan dari segi settingan blog dan juga teknik menulis diblog.

Teknik dasar menulis di blog memang tidak mudah agar enak dibaca oleh pembaca atau pengunjung. Berikut ini saya akan membagikan tips teknik dasar mempublikasikan tulisan di blog bagi seorang blogger pemula.

Beberapa tahapan untuk mempublikasikan tulisan diblog yaitu antara lain:

1. Masuk/login ke blog

2. Setelah login, maka akan tampil halaman untuk menulis, klik pada Postingan baru/buat entri baru

3. Sebelum menulis diblog tentunya kita sudah punya konsep apa yang ingin kita tulis untuk dipublikasikan. Tema atau topik apa yang akan kita tulis atau bahas. Tentunya hal ini yang sering blogger pemula merasa berat atau sulit untuk memulai menulis. 

Bagi pemula memang awalnya harus perkuat literasi dasar bagaimana cara menulis yang baik dan benar agar enak dibaca. Bagi blogger pemula saya sarankan untuk banyak membaca agar wawasan kita luas dan kemampuan berpikir serta menganalisis informasi itu luas, sehinga saat kita tuangkan dalam bentuk tulisan tidak kaku atau kesulitan. 

Tentunya dari segi tata hahasa yang baik dan benar, penggunakan tanda baca, sapsi, titik, koma, huruf capital, kata depan dan imbuhan itu harus jelas. Jika hal ini sudah kita kuasai maka akan gampang dalam menulis topik materi yang akan kita publikasikan diblog kita

4. Membuat judul postingan (judul postingan ditulis sesuai isi yang kita ulas)

5. Mengisi label (label itu sesuai isi tulisan kita. Kalau anda menulis tentang cara membuat blog maka label itu bisa Tutorial blog, jika ada menulis tentang materi pelajaran, label yang anda buat itu misalnya bahan ajar, atau materi ajar dan sebagainya. Jadi tergantung isi tulisan kita)

6. Setelah itu kita harus mengisi deskripsi penulusuran (deskripsi penulusuran berjumlah 150 huruf. Jadi anda mendeskripsikan tulisan ada secara umum sehingga mengisi pada menu deskripsi penelusuran)

7. Membuat link postingan (sebelumnya saya sudah membuat artikel cara membuat link postingan yang benar. Dapat dibaca pada artikel berikut Cara Membuat Link Artikel Yang Benar Bagi Blogger Pemula

8. Sisipkan gambar. Jika ada gambar yang mau disisipkan maka harus diedit gambar terlebih dahulu sesuai ukuran yang sesuai dengan sistem diblog. Kalau saya menggunakan ukuran 700x450 dan diedit menggunakan aplikasi PixelLab 

9. Setelah semua sudah lengkap, dan pastikan tulisan kita tidak kurang huruf, atau lebih huruf. Pastikan tanda baca dan paragraf yang pas. Biasanya satu paragraf atau alinea terdiri dari empat sampai enam baris tulisan. Setelah itu klik pubikasikan

Nah, sahabat blogger pemula, itu sedikit penjelasan saya tentang teknik mempublikasikan tulisan diblog bagi blogger pemula. Sekian dan terima kasih. Semoga Bermanfaat bagi teman-teman sahabat blogger pemula.

Penulis: Thom Fallo


1 comment for "Cara Mempublikasikan Tulisan Di Blog Bagi Blogger Pemula"