MGMP Biologi TTU Gelar Bimtek Dan Penanaman Simbolis

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru mata pelajaran, khususnya di Kabupaten Timor Tengan Utara (Kab. TTU), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi menyelenggarakan bimtek dengan tema “Integrasi Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka”.

Kegiatan bimtek ini bertempat di Aula SMA Swasta Pelita Karya Kefamenanu selama dua hari yaitu tanggal 21-22 Oktober 2022. Hadir dalam kesempatan itu Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK/SLB Kab. TTU Dra. Elvira Berta Maria Ogom, fasilitator bimtek, Kepala Sekolah yang berasal dari rumpun MGMP Biologi dan puluhan guru mata pelajaran biologi tingkat SMA Kab. TTU.

Pukul 09.30 Wita acara ceremonial pembukaan dimulai. Alfonsius Naisaban, S.Pd selaku Ketua MGMP Biologi Kab. TTU dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Korwas, Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan teman-teman guru yang telah mendukung kegiatan ini.

Lebih lanjut, alumni Univesitas Timor, program studi biologi ini meminta kepada semua peserta bimtek agar dengan adanya kegiatan ini, kita sudah memulai untuk mengintegrasikan cara belajar mengajar kita dengan dua pendekatan yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.

Semoga dengan kegiatan ini Bapak/Ibu guru biologi dapat meningkatkan kemampuan dalam mempersiapkan diri secara baik sebelum melaksanakan proses pembelajaran, harapnya.

Kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Korwas SMA/SMK/SLB Kab. TTU. Dalam arahannya ia sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh MGMP Biologi TTU, bahwa MGMP perlu dihidupkan dengan kegiatan-kegitan untuk peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya.

Ia juga mengharapkan Bapak/Ibu guru biologi menjadi motor penggerak dalam kegiatan-kegiatan misalnya untuk remaja putri di sekolah dengan pemberian tablet tambah darah, dan pesanya agar guru biologi dapat berperan aktif untuk menanam tanaman di sekolah.

Selama dua hari berturut-turut kegiatan bimtek integrasi Kurikulum 2013 menuju kurikulum Merdeka ini difasilitasi oleh Bapak Maximus Abainpah, S.Pd sebagai pemateri yang juga adalah Kepala Sekolah SMA Negeri Oekolo yang mana sekolah ia pimpin masuk dalam sekolah penggerak di Kabupaten TTU yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka. 

Ia pun meminta agar guru-guru memanfaatkan Platform atau aplikasi Merdeka Mengajar yang sudah disiapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek untuk login dan belajar meningkatkan kompentensi guru tentang konsep Merdeka Belajar karena semuanya lengkap di platform tersebut.

Setelah selesai kegiatan Bimtek, guru-guru dan kepala sekolah pendamping dalam wadah MGMP biologi ini melanjutkan kegitan berdiskusi untuk menyusun rencana kegiatan di bulan desember nanti dan agenda rutin MGMP kedepanya.

Kegiatan bimtek pun ditutup oleh Alexander Salu, S.Pd yang juga Kepala Sekolah SMAS Pelita Karya Kefamenanu. Setelah kegiatan ditutup secara resmi, guru-guru melakukan penanaman simbolis di lokasi SMA Pelita Karya Kefamenanu.

Tanaman yang ditanam berupa jambu kristal dan ketapang kencana yang didapat dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. TTU lewat salah satu anggota MGMP Biologi.

Post a Comment for "MGMP Biologi TTU Gelar Bimtek Dan Penanaman Simbolis"