Guru, Kepala Sekolah Akan Mendapatkan Laptop Dan Dana Dari Kemendikbudristek Bulan Depan

Pendidikan merupakan tolok ukur suatu bangsa. Persoalan di segala bidang kehidupan hanya dapat diatasi melalui jalur pendidikan yang berkualitas sehingga menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter sesuai nilai-nilai luhur Pancasila.

Teknologi memegang peranan sebagai enabler dan akselerator untuk memastikan transformasi dan pendekatan pelayanan pendidikan yang baik sesuai kebutuhan pengguna dan berkelanjutan. Oleh karena itu Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM hendaknya memiliki kapasitas yang memadai. Hal ini sejalan dengan tujuan besar pemerintah melalui kerangka Merdeka Belajar untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Sejalan dengan hal tersebut Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan memberikan penghargaan atau apresiasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang telah memberikan layanan pendidikan yang baik untuk para murid serta memiliki semangat belajar, berkarya, dan berbagi sesuai dengan visi misi Merdeka Belajar.

Untuk mendapatkan apresiasi atau penghargaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) GTK harus mengirimkan karya terbaik untuk diseleksi atau dinilai oleh panitia Apresiasi GTK Tahun 2022.

Program Apresiasi GTK Tahun 2022 ini adalah sebuah upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang inspiratif dalam mengimplementasikan merdeka belajar sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing pada satuan pendidikan masing-masing.

Penghargaan tersebut akan diberikan kepada GTK yang memiliki praktik baik dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan peran tugasnya yang menginspirasi orang-orang yang dilayaninya, sejawatnya dan komunitas GTK yang lebih luas.

Oleh karena itu GTK baik itu Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas untuk dapat menerima penghargaan tersebut harus mengirimkan bukti karya anda di Platform Merdeka Mengajar. Karya yang telah anda buat dan akan diunggah adalah jenis bukti karya berupa video. 

Topik video yang akan menjadi karya pada apresiasi GTK tahun 2022 yaitu:

a. Guru: topik video berisi praktik baik penerapan pembelajaran berdiferensiasi

b. Kepala sekolah: topik video berupa praktik baik kepemimpinan pembelajaran untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas/di sekolah

c. Pengawas sekolah dan penilik: topik video berupa praktik baik pembimbingan atau pendampingan penerapan pembelajaran diferensiasi di satuan pendidikan

Kategori karya yang dapat dipilih dalam rangka pelaksanaan apresiasi GTK tahun 2020 berupa praktik pembelajaran untuk peserta yang berasal dari unsur guru, pendidik PAUD dan pamong belajar sedangkan kepemimpinan sekolah untuk peserta dari unsur Kepala sekolah, pengawas sekolah dan penilik.

Setelah anda mengirimkan video anda, pada setiap kategori akan dipilih 20 karya terbaik yang akan masuk ke tahap presentasi dan wawancara oleh tim penguji.

Berikut ini jika karya anda terpilih menjadi karya inspiratif maka keuntungannya adalah:

1. GTK akan mendapatkan pengalaman belajar, berkarya, dan berbagi bersama rekan-rekan guru dan tenaga kependidikan yang karyanya sama-sama terpilih pada Apresiasi GTK

2. Akan mendapatkan komunitas belajar baru

3. Karyanya dapat menginspirasi guru dan tenaga kependidikan lainnya

4. Karya terbaik akan mendapatkan hadiah berupa laptop dan dana pembinaan

5. Mengikuti puncak perayaan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 di Jakarta

Klik untuk mendapatkan Informasi Apresiasi GTK Tahun 2022

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Guru, Kepala Sekolah Akan Mendapatkan Laptop Dan Dana Dari Kemendikbudristek Bulan Depan"