Perdana, SMKN Insana Barat Tuamau Lakukan Prakerin Di Luar Kabupaten

Ket Foto: Siswa-Siswi SMKN Insana Barat Tuamau, TTU-NTT Yang Melakukan Prakerin
Dalam rangka mengembangkan kompetensi siswa dan melatih kemampuan keterampilan serta manajerial, SMK Negeri Insana Barat Tuamau melakukan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin).

Kali ini siswa-siswi SMK Negeri Insana Barat Tuamau pertama kalinya melakukan kegiatan Prakerin di luar Kabupaten dari yang biasanya yaitu hanya berada di dalam kabupaten. 

Kegiatan Prakerin ini dilaksanakan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (p4s) Afro Farm Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan terhitung mulai dari tanggal 22 Agustus sampai dengan 22 Oktober 2022.

Beberapa siswa yang melakukan Prakerin di luar kabupaten yaitu Charles Funan, Jesicca F. Nailape, Roswita A. Safe, Liliana G. Haumau, Febrimastika Naiobe, Maria V. E. Naiobe, Valeria G. Tna'auni dan dibimbing oleh guru pembimbing Prakerin Romandus Abi, S.Pt.

Adapun jenis kegiatan dalam prakerin ini yaitu Manajemen Pemeliharaan Ternak Unggas yang terdiri dari beberapa aspek kegiatan yang lebih spesifik yaitu antara lain;

1. Tata laksana pemeliharaan (pemilihan jenis dan tipe kandang, pemilihan bibit, jenis unggas, pemeliharaan dari DOC, pemeliharaan ayam siap telur)

2. Tata laksana pemberian pakan (jenis pakan yang diberikan, kandungan gizi dalam pakan, kebutuhan pakan, proses pembuatan pakan alternatif (fermentasi batang pisang jadi pakan) dan lainnya.

3. Tata laksana kesehatan (jenis penyakit, cara mencegah penyakit, cara vaksin, dan cara membuat obat secara tradisional)

4. Penetasan telur ( pemungutan telur, sanitasi telur yang dipungut, sortir telur, dan proses penetasan)

5. Tata laksana pengolahan limbah (pemanfaatan feses pupuk) dan kegiatan tambahan lainnya seperti pembuatan pupuk cair organik, dan penanaman sayur-sayuran.

Adapun jenis ternak yang terdapat di lokasi Prakerin yaitu antara lain  ayam peterlur, ayam  arab, ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB), ayam kalkun, ayam bangkok, itik mojosari dan ayam Filipina.

Kepala SMK Negeri Insana Barat Tuamau Alexius Taus, S.Pd ketika dikonfirmasi pun berharap agar siswa-siswi yang mengikuti kegiatan Prakerin dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini sebagai wujud nyata implementasi kurikulum sekolah di DU/DI yang selama ini sebagian besar hanya berupa teori. 

Ia pun menambahkan agar siswa-siswa teruslah belajar sehingga setelah prakerin bisa mengimplementasikan hal-hal baru yang di peroleh selama di lokasi prakerin.

Secara terpisah Pimpinan Perusahaan Dudi Mardianus Epafroditus Ili, S.Pt, M.Si juga sangat mengharapkan agar setelah prakerin ini peserta bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam hal ini bisa beternak secara mandiri.

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Perdana, SMKN Insana Barat Tuamau Lakukan Prakerin Di Luar Kabupaten"