SMA/SMK Se-NTT Gelar Festival Budaya, Begini Pesan Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTT

Dalam rangka menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022 dan untuk meningkatkan bakat dan minat siswa di Sekolah maka seluruh SMA dan SMK se Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan beragam perlombaan.

Beberapa jenis kegiatan yang diperlombakan antara lain lomba menari dengan musik tradisional, lomba peragaan busana daerah (Fashion Show) dan lomba baris berbaris. Lomba ini dilakukan antar kelas di setiap satuan pendidikan atau sekolah masing-masing.

Hal ini berdasarkan informasi atau penyampaian yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur agar semua SMA dan SMK di NTT memeriahkan HUT RI Ke 77 dan juga untuk meningkatkan bakat dan minat siswa.

Semua sekolah SMA dan SMK di NTT beberapa minggu terakhir ini disibukan dengan berbagai jenis kegiatan menyongsong HUT RI baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten, kendati demikian semangat bapak/Ibu guru dan siswa dimulai dari persiapan sampai pelaksanaan kegiatan tidak pudar.

Kegiatan Festival Budaya SMAN Binino, Kab. TTU
Beberapa sekolah telah selesai melaksanakan kegiatan tersebut, sementara sekolah-sekolah yang lain dalam proses persiapan agar bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik.

Beberapa sekolah yang telah menggelar kegiatannya sudah mempublikasi lewat media sosial sekolahnya sehingga publik dapat menonton atau melihat hasil kreasi guru dan siswa dalam bidang budaya atau adat istiadat.

Menanggapi hal tersebut, Yunus H. Takandewa, S.Pd selaku Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTT yang juga menangani urusan pendidikan ketika dikonfirmasi Sabtu (13/8/2022)  mengapresiasi kegiatan Festival budaya yang digelar di berbagai sekolah tingkat SMA/SMK di seluruh NTT.

Foto: Yunus H. Takandewa, S.Pd (Ketua Komisi V DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur/Fraksi PDIP Perjuangan

Anggota DPRD asal Sumba dari Partai PDI Perjuangan ini mengharapkan dengan kegiatan festival budaya atau lomba yang kental dengan budaya yang digelar oleh semua sekolah baik SMA maupun SMK di Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat menanamkan tatanan kepribadian bagi generasi muda masa depan bangsa. 

Sebagaimana salah satu konsep Tri Sakti Bung Karno berkepribadian di bidang kebudayaan. Budaya bangsa berperan penting dalam menopang karakter anak bangsa agar tetap kokoh dalam mempertahankan ciri dan watak sebagai generasi yang memiliki tatanan moralitas yang tinggi, jelasnya.

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "SMA/SMK Se-NTT Gelar Festival Budaya, Begini Pesan Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTT "