Punya Sejumlah Bakat, Pemuda NTT Ini Lebih Tertarik Ke Dunia Swasta Dari Pada PNS

Aloysius Fransizko Z. Eko, seorang pria asal kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang belum lama ini pindah dan berdomisili di Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat apresiasi dari Bupati Malaka Dr. Simon Nahak karena melukis wajah Bupati Malaka. 

Tak hanya mendapat apresiasi dari Bupati Malaka, ia pun dibanjiri pujian serta motivasi dari berbagai kalangan masyarkat.

Selain punya bakat melukis yang luar biasa, sebelumnya ia pernah menjadi seorang wartawan media online di Kabupaten TTU. Ia dikenal pemuda multi talenta karena banyak bakat yang Ia miliki yang memang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang.

Bakat yang Ia miliki antara lain pandai bermain musik, menciptakan lagu, membuat musik atau lagu, meracik kopi latte art, bisa menulis, editing video juga bakat seni ukirnya serta bertani pun ia pernah tekuni.

Sisko yang akrab disapa, ketika masih di TTU ia lebih dikenal publik karena memiliki suara yang khas ketika menyanyikan lagu-lagu rock, sedangkan bakat melukisnya tidak diketahui publik maupun orang dekatnya. 

Bakat melukisnya baru diketahui publik dan teman dekatnya ketika ia pindah domisili dari TTU ke Malaka. Sesampainya di Malaka awalnya ia membuka usaha warung kopi (Warkop) di lapangan Umum Betun.

Sambil mengais rejeki melalui usaha warkop, ia mendapat tawaran melukis dari Ketua Pospera Malaka Wendi Nahak untuk melukis wajah. Salah satunya adalah melukis wajah Bupati Malaka.

Lukisan pendana yang kerjakan yaitu lukisan Presiden RI pertama Ir. Soekarno, Presiden Jokowi, anggota DPR RI Adian Napitupulu, Che Guefara pejuang revolusi Cuba, Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, Ketua Pospera NTT, dan Ketua Pospera Malaka.

Salah satu karya lukisan yang dikerjakan Sisko Eko, Pemuda NTT
Setelah melukis, Ia kemudian diperkenalkan kepada Bupati Malaka oleh ketua Pospera Malaka Wendi Nahak melalui beberapa projectnya. 

Ketika ia melukis Wajah Bupati Malaka, lukisannya kemudian viral di media sosial karena ini merupakan lukisan perdana dan juga banyak orang tahu bahwa ia tidak tahu melukis.

Ia lalu dipertemukan dengan Bupati Malaka untuk mengantar dan membeli lukisan tersebut. Jadi karya lukisan pertamanya ini langsung dibeli oleh Bupati Malaka.

Bupati Malaka Dr. Simon Nahak tadi cukup mengapresiasi, beliau mendukung bakat seperti ini bisa hadir di Malaka, apalagi menurut beliau ini bakat yang cukup langka, ungkap Sisko ketika bertemu Bupati Malaka, Senin, (10/7/2022). Bupati Malaka pun langsung membeli karya lukisannya.

Yang pastinya beliau senang dan beliau tidak menyangka karena lukisannya sebagus itu dan bisa mirip dengan foto aslinya, tambah Sisko.

Walaupun punya spesifikasi ilmunya adalah seorang guru yang merupakan Alumni Universitas Timor Program Studi Biologi, ia lebih tertarik dengan dunia swasta sehingga beberapa kali test CPNS ia tidak pernah mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS untuk menjadi seorang PNS. 

Alasanya adalah untuk menjadi PNS zaman sekarang sangat sulit, apalagi untuk meningkatkan kemampuan ekonomi dengan berbagai kreatifitas dengan potensi yang saya miliki ya harus bebas biar tidak terikat dengan tugas lain.

Kemarin saya lukis di Kupang pun ada yang minta kerja sama, karena bukan hanya di Malaka, Pulau Timor bahkan NTT usaha ini sangat langkah sehingga saya mau fokus di dunia melukis dan usaha lain, tutupnya ketika diwawancarai.

Note: Bagi bapak/Ibu/saudara/i yang ingin memesan lukisan silahkan menghubungi kontak person ini: 081246661547

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Punya Sejumlah Bakat, Pemuda NTT Ini Lebih Tertarik Ke Dunia Swasta Dari Pada PNS"