Cara Membuat Link Artikel Blog Yang Benar Bagi Blogger Pemula

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula sebelum mempublikasikan tulisan atau artikelnya sehingga terlihat kurang keren.

Saya pernah melihat blog teman saya yang diposting di media sosial baik itu di facebook maupun di whatsaap

Ketika saya melihat link postingannya, struktur kalimat judulnya itu terpotong atau tidak utuh sesuai dengan judul artikel pada blognya.

Nah, hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula yang baru mau belajar membuat blog atau baru belajar menulis di blog kemudian langsyng membagikan artikelnya di media sosial tanpa mengecek terlebih dahulu setingan-setingan lainnya.

Bagi blogger yang sudah berpengalaman di dunia blogging tentunya melihat hal ini adalah sebuah hal yang belum tepat karena cara membuat linknya tidak keren, itu menurut blogger yang sudah berpengalaman.

Artikel ini saya buat untuk teman-teman blogger yang baru saya belajar membuat blog agar kedepan tidak salah lagi dalam membuat link artikel blog.

Sebelumnya kita harus mengerti apa itu Link? Link atau lazimnya disebut hyperlink atau tautan adalah istilah yang biasanya dipakai dalam dunia internet untuk sebuah tulisan/text, gambar atau video agar dapat diklik dan apabila diklik kita akan diarkan ke halaman tertentu.

Ketika kita sudah mebuat sebuah artikel pada halaman blog, dan sebelum kita mempublikasikannya kita harus melihat link yang tersedia. 

Pada menu setelan kita akan diarahkan ke menu Link, di situ ada dua pilihan untuk kita melihat apakah judul artikel kita sudah sesuai dengan link yang kita mau atau belum.

Dua pilihan tersebut yang harus dilihat oleh para blogger sebelum mempublikasikan artikel atau tulisannya yaitu:

1. Permalink Otomatis

Pada permalink otomatis akan menyesuaikan dengan judul artikel yang kita sudah buat pada bagian judul. Maka secara otomatis link artikel akan dibuat. 

Namun, kasus ini untuk judul artikel yang pendek. Kalau judul artikel yang panjang maka ada sebagain kata pada judul tidak akan terbaca atau dibuat secara otomatis. 

Sehingga kalau judul artikel yang terlalu panjang kita harus membuat link artikel pada permalink khusus. Suku kata pada permalink otomatis sangat terbatas. Paling sedikit 36 huruf dan simbol.

Contoh: Kalau judul artikel : Cara Membuat Link Artikel Blog Yang Benar Bagi Blogger Pemula

Maka pada link otomatis hanya terbaca: cara-membuat-link-artikel-blog-yang (ket: kata yang lain terpotong sehingga ketika kita share ke media sosial terlihat kurang keren)

2. Permalink khusus

Pada permalink khusus para blogger akan membuat link sesuai kemauannya. Judul artikel yang panjang atau pendek bisa dibuat di menu permalink khusus. Jadi bagi para blogger pemula yang harus tahu cara ini untuk membuat link yang baik dan sesuai dengan kemauan blogger.

Ketika membuat link artikel sesuai kemauan kita jangan lupa untuk menggunakan huruf kecil dan setiap suku kata dipisah dengan tanda  (-).

Contoh: cara-membuat-link-artikel-blog-yang-benar-bagi-blogger-pemula

Bagi para blogger pemula, jika sudah terlanjur mebuat artikel dan judul artikel tidak sesuai dengan link artikel, kedepan segera diperbaiki agar link yang dibagikan ke media sosial terlihat keren. 

Itu saja dulu artikel yang saya buat kali ini tentang cara membuat link artikel blog yang benar dan terlihat keren di mata pembaca.

Penulis: Thom Fallo

1 comment for "Cara Membuat Link Artikel Blog Yang Benar Bagi Blogger Pemula"