Cara Membuat Buku Panduan Tata Tertib Siswa

Artikel berikut ini adalah contoh cara membuat Buku Panduan Tata tertib siswa secara mini yang bisa diterapkan di sekolah atau satuan pendidikan bapak/ibu guru jika di sekolah bapak/ibu belum mempunyai aturan formil atau tata tertib peserta didik yang legal dan disosialisasikan kepada siswa, orang tua atau wali siswa.

Buku Tata Tertib siswa mini ini adalah cara yang paling sederhana tanpa mengeluarkan biaya yang sangat besar, hanya dengan menggunakan aplikasi Microsoft office word

Walaupun panduan tata tertib siswa ini sangat sederhana namun dapat dipakai sebagai bentuk dokumen resmi bagi sekolah-sekolah yang tidak memiliki tata tertib yang sah atau resmi sehingga ketika melakukan tindakan terhadap siswa yang melanggar aturan atau norma maka ada dasar hukum yang kuat dari pihak sekolah.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, pendidikan pada hakekatnya adalah sebagai usaha untuk menyiapkan anak didik untuk menghadapi lingkungan hidup yang senantiasa mengalami perubahan, dan pendidikan itu pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, kehidupan pribadi dan masyarakat. 

Pendidikan merupakan usaha dasar untuk mengembangkan kepribadian siswa yang berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, salah satunya adalah soal kedisiplinan atau ketertiban.

Sekolah merupakan salah satu sarana dalam upaya untuk melatih kedisiplinan siswa lewat tata tertib yang dikeluarkan sekolah. Tata tertib sekolah merupakan salah satu bentuk aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh siswa sebagai suatu perwujudan kehidupan yang sadar akan hukum dan aturan. 

Tata tertib sekolah adalah rambu-rambu kehidupan bagi siswa dalam melaksanakan kehidupan dalam masyarakat sekolah agar tatanan kehidupan masyarakat sekolah lebih baik. 

Pembinaan oleh guru di sekolah merupakan bagian integral dari upaya pembinaan kesadaran hukum atau aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah. Pembinaan melalui tata tertib sekolah merupakan satu bentuk kegiatan guru dalam rangka pembinaan generasi muda yang lebih berkualitas dalam menata masa depan generasi bangsa. 

Tata tertib sekolah dibuat agar dapat terlaksananya kurikulum secara baik agar dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Oleh karena itu dalam artikel ini akan diulas berbagai bentuk aturan yang tidak boleh dilanggar oleh siswa. 

Bagaimana pihak sekolah meningkatkan kesadaran siswa untuk mematuhi tata tertib agar terciptanya situasi sekolah yang aman, nyaman dan tenang demi terwujudnya visi dan misi sekolah yakni unggul dalam mutu, intelektual, trampil dan berprestasi sehingga mampu bersaing di era teknologi, informasi dan komunikasi saat ini. 

Semoga buku panduan tata tertib siswa ini dapat bermanfaat bagi sekolah atau satuan pendidikan yang belum memiliki panduan yang resmi atau legal.

Untuk Format Buku Panduan tata tertib siswa ini dapat menghubungi contact person berikut 082144924535 atau Download Format Buku Panduan Tata Tertib. Terima kasih.


Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Cara Membuat Buku Panduan Tata Tertib Siswa"