SMAN 1 Kefamenanu Panen Juara Di Berbagai Ajang Perlombaan, Ini Jenis Lomba Dan Juaranya

SMA Negeri 1 Kefamenanu adalah salah satu sekolah negeri yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Nama SMAN 1 Kefamenanu pun menjadi perbincangan untuk meruntuhkannya di setiap ajang atau perlombaan.  Namun kata "meruntuhkan" mengandung makna positif yaitu ingin bersaing dengan secara sehat dengan SMAN 1 Kefa. Adanya persaingan maka akan membangkitkan semangat juang yang tinggi dari semua sekolah yang ada di Kabupaten TTU.

Sehingga hal ini tentunya memacu sekolah-sekolah yang lain untuk lebih giat belajar dan berusaha agar dapat menjuarai berbagai macam perlombaan baik tingkat Kabupaten, provinsi dan Pusat agar meruntuhkan SMAN 1 yang selama ini mendominasi juara berbagai macam perlombaan.

Tentu untuk menjadi juara butuh ketekunan dan kerja keras, belajar  lebih giat lagi untuk memperoleh hasil yang gemilang. 

Kendati demikian, dengan berbekal tenaga pendidik yang profesional, didukung dengan sarana prasarana, fasilitas yang ada serta beragam kegiatan ekstrakurikuler, SMAN 1 Kefamenanu menggarap banyak juara diajang perlombaan tingkat SMA.

Berdasarkan data yang diperoleh, berikut ini adalah daftar perolehan juara yang diperoleh SMA Negeri 1 Kefamenanu periode Januari 2022-Juni 2022 antara lain;

Hardiknas 2022

Dalam rangka memeriahkan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh MKKS SMA Kabupaten TTU SMAN 1 Kefamenanu turut ambil bagian dalam setiap kegiatan dan perlombaan dengan memperoleh beberapa kejuaraan antara lain:

1. Juara 1 lomba puisi yang diikuti oleh Margaretha Halimaking, siswa Kelas XI IPA 

2. Juara 1 lomba Karya Ilmiah oleh tiga orang siswa antara lain Tiara Sabeleku, Ica Bere dan Ifa Naisanit kelas X IPA 3

3. Juara 1 lomba Debat Bahasa Inggris yang diikuti oleh Wingki Zina-X IPA 1, Nofal Nugraha-XI IPA 1, dan Jonathan Tantri Sanak-X IPA 2 dengan guru pembimbingnya Ibu Theofrida M. Kefi, S.Pd bersama rekan guru hahasa inggris lainnya.

4. Juara 2 lomba Debat Bahasa Indonesia yang diikuti oleh Agnes Babu dkk.

5. Juara 4 lomba vokal solo

Lomba Pidato Tingkat SMA

Selain lomba hardiknas, SMAN 1 Kefamenanu pun meraih juara 1 lomba pidato tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten TTU yang diikuti oleh Maria Salvia Amleni, siswa kelas X IPA 3.

Dari tingkat kabupaten, Ia pun harus berjuang lagi di tingkat Provinsi melawan SMA se-provinsi NTT dan akhirnya memperoleh juara 2. 

Dari gelar yang diperoleh, Ia diundang dan mengisi acara membawakan pidato pada acara simposium nasional di kota Ende dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2022 yang dihadiri Presiden Jokowi bersama Ibu Negara dan rombongan.

Aliv yang akrab disapa ini pun pergi ke Kota Ende bersama guru pendampingnya Yustina Bitin Berek, S.Pd yang telah mendampinginya sehingga meraih juara lomba pidato tingkat kabupaten dan provinsi.

Liga pelajar Sepak Bola Tingkat SMA/SMK se-kabupaten Timor Tengah Utara

Lagi-lagi di bidang olahraga, SMAN 1 Kefamenanu menorehkan prestasi yang gemilang dengan memperoleh Juara 1 Kategori Putra dalam pertandingan Liga pelajar Sepak Bola Tingkat SMA/SMK se-kabupaten Timor Tengah Utara melawan SMAN Manufui dengan skor 2:0. 

Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Di bidang akademik pun kian tak tertandingi. SMAN 1 Kefamenanu juga mengikuti Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten/kota jenjang SMA/MA dan menghantar beberapa anak didiknya menang yaitu antara lain;

1. Bidang Studi Astronomi oleh Petra Lachrisya Bernico Funan siswa kelas X 

2. Bidang Studi Biologi oleh Sesilia Dwinofembri Luhi siswa XI dan Jeanette Reis Taneo siswa kelas X

3. Bidang Studi Ekonomi oleh Allesandro Marhaen Saunoah siswa kelas XI, dan

4. Bidang Studi Kebumian oleh Albert Palla Manikin siswa kelas XI

Siprianus Maga, S.Pd Kepala SMA Negeri 1 Kefamenanu dalam keterangannya mengajak seluruh warga SMAN 1 Kefamenanu untuk terus bergerak dari hal-hal kecil dan membuat sesuatu yang berguna. Ia pun menerangkan motto SMAN 1 yaitu " Terus Berusaha Untuk Tidak Mengalahkan Orang Lain, Tetapi Berjuanglah Untuk Yang Terbaik"

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "SMAN 1 Kefamenanu Panen Juara Di Berbagai Ajang Perlombaan, Ini Jenis Lomba Dan Juaranya"