TTS Bakteri

Teka-Teki Silang Bakteri untuk peserta didik kelas X semester satu dibuat sesuai kurikulum terbaru.

Sobat Biologi sekalian se Nusantara, berikut ini saya akan memberikan permainan mata pelajaran Biologi dalam bentuk Teka-Teki Silang kelas X Semester I dengan topik materi tentang Bakteri. 

Teka-Teka Silang Biologi (TTS Biologi) untuk siswa Kelas X sederhana dirancang secara sederhanadengan tujuan agar dapat menambah wawasan adik-adik peserta didik dan pembaca sekalian.

Semoga TTS biologi ini dapat bermanfaat ya bagi semua kalangan pembaca se-Indonesia.

Pengantar

Selama ini bakteri dikenal sebagai penyebab penyakit pada manusia,hewan,dan tumbuhan. Namun, reputasi bakteri tidaklah seburuk itu. Ia juga dapat memberi manfaat pada manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan.

Sebagian besar bakteri ukuran dan bentuk yang sama. Akan tetapi, dari segi biologi      molekuler ditemukan adanya perbedaan pada RNA ribosom bakteri-bakteri tersebut. Hal itu yang menjadi dasar bagi Carl Woese dan Gorge Fox pada tahun 1977 untuk membagi kelompok menjadi dua, yaitu Archaebacteria dan Eubacteria. 

Keduanya merupakan organisme Prokariota. Istilah prokariota berasal dari bahasa yunani, pro = sebelum dan karyon = inti sel atau nucleus, yang menandakan ketiadaan inti sejati dalam selnya. Disebut demikian karena sel-sel prokariota belum memeliki membran inti sel sehingga bahan genetic (DNA) atau bahan intinya terkonsentrasi di dalam bagian yang disebut nukleoid.

Menurut sistem klarifikasi tiga domain, makhluk hidup dikelompokan menjadi tiga domain yaitu Archaebacteria, Eubacteria, dan Eukariota. Archaebacteria dan Eubakteria merupakan organisme Prokariota. Domain Eukariota meliputi protista, fungsi, plantae, dan Animalia.

Mari kita dulai dengan permainan TTS nya...

Mendatar

1, Organisme yang memiliki tidak membran inti

3, Kelompok Achaebacteria yang mampu menghasilkan gas metana (CH4) dari karbondioksida (CO2) atau hidrogen (H2)

5, Suatu molekul yang mengandung amino disakarida dan rantai peptide

7,  Pemindahan DNA dari satu sel bakteri donor ke sel bakteri resipien dengan perantaraan virus

9, Berbentuk batang

11, Pemindahan potongan bahan genetik atau DNA dari luar ke dalam sel bakteri penerima (resipien)

13, Contoh bakteri yang bersimbiosis dengan akar tanaman polong-polong untuk mengikat atau memfiksasi nitrogen dari udara bebas menjadi nitrat sehingga dapat menyuburkan tanaman

15, Ganggang biru

17, Salah satu jenis Cyanobacteria yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan karena memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga potensial dikembangkan sebagai sumber protein yang dikenal dengan nama protein sel tunggal (PST)

19, Pigmen berwarna merah

Menurun

2, Purba

4, Bakteri yang tidak memiliki flagellum

6, Bakteri yang memiliki flagela di seluruh permukaan sel bakteri

8, Bakteri yang hanya tumbuh atau hidup jika ada oksigen

10, Bakteri yang memiliki bentuk tidak teraktur

12, Pemindahan bahan genetik dari sel bakteri pemberi (donor) ke sel bakteri penerima (resipien) melalui pilus kelamin (sex pilus)

14, Benang-benang pendek yang terdapat pada permukaan sel bakteri gram negatif yang digunakan sebagai alat lekat dengan bakteri lain atau dengan bahan-bahan padat yang merupakan makanan bakteri

16, Salah satu jenis Cyanobacteria yang mampu mengubah nitrogen bebas menjadi bentuk organik seperti nitrit, nitrat dan amonia sehingga digunakan sebagai pupuk hayati

18, Bacillus anthracis adalah bakteri penyebab penyakit…

20, Struktur/spora berdinding tebal dan sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang jelek

Sekian TTS Biologi tentang Bakteri Kelas X. Terima Kasih.

Silahkan cek Artikel dengan Judul Kunci Jawaban Soal-Soal Biologi Dan Teka Teki Silang Biologi Untuk SMA untuk mendapatkan kunci jawabannya atau dengan cara menghubungi admin di:

DOWNLOAD Format TTS Tentang " BAKTERI "

DOWNLOAD Kunci Jawaban TTS Biologi Tentang " BAKTERI "

Email: thom.fallo@gmail.com

Contact person + WA 082144924535

Halaman Facebook: Mimpi NTT

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "TTS Bakteri"