Baru Habis Ujian Saja Sudah Coret Baju Dan Miras, Apalagi Besok Pengumuman Hasil Kelulusan SMA Tahun 2022

Sejumlah siswa SMA meluapkan perasaan gembira setelah hari terakhir Ujian Sekolah (US). Ujian sekolah ini merupakan pengganti Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu persyaratan untuk menentukan kelulusan setiap peserta didik tingkat akhir kelas XII. 

Walaupun belum dinyatakan LULUS dari satuan pendidikan masing-masing, aksi euforia tersebut mencoreng karakter dunia pendidikan yang kini dilanda krisis karakter, apalagi negara lagi dilanda pandemi covid-19. 

Aksi tidak terpuji yang dipertontonkan oleh generasi penurus bangsa antara lain mencoret-coret pakaian seragam sekolahnya dengan menggunakan pilox dan spidol berwarna, minum-minuman keras dan berpesta dansa setelah selesai Ujian Sekolah hari terakhir. 

Aksi demikian merupakan harga yang dibayar selama bertahun-tahun dalam menempuh pendidikan selama ini, namun tidak dapat dibenarkan dari segi sikap dan perilaku dalam tatanan sosial masyarakat. 

Sangat disayangkan, aksi mencoret-coret pakaian seragam sekolah masih terpampang logo Tut Wuri Handayani dan ada juga lambang bendera Indonesia Merah Putih.

Aksi ini memang sudah terbiasa dari tahun ke tahun sampai sekarang. Aksi siswa SMA tersebut kemudian dengan percaya dirinya mereka mengunggah di akun media sosial baik di facebook dan whatsapp. 

Sekolah belum resmi mengumumkan hasil kelulusan. Sedianya sekolah akan mengumumkan kelulusan pada Kamis (5/5/2022) mendatang. Semoga nanti saat hari pengumuman kelulusan tidak ada siswa/i yang melakukan aksi tidak terpuji seperti ini. 

Besok Kamis (5/5/2022) adalah jadwal pengumuman kelulusan bagi peserta didik, semoga aksi tidak terpuji tersebut tidak dilakukan oleh sebagian peserta didik atau oknum tertentu.  

Apalagi segenap anak Bangsa baru saja  melewatkan hari Pendididikan Nasional (Hardiknas) dengan mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar".

Setiap satuan pendidikan diharapkan memberikan informasi kepada peserta didiknya untuk tidak melakukan aksi demikian seperti coret-coret baju seragam sekolah, minum minuman keras, pesta dansa dan pawai dengan kendaraan dan ngebut di jalanan. 

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Baru Habis Ujian Saja Sudah Coret Baju Dan Miras, Apalagi Besok Pengumuman Hasil Kelulusan SMA Tahun 2022"