MKKS TTU Gelar Aneka Lomba Meriahkan Hardiknas 2022

Ket Foto. MKKS SMA Kab. TTU, NTT
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2022, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar berbagai aneka lomba. Kegiatan akbar ini berpusat di SMA Negeri Biboki Anleu, Kecamatan Biboki Anleu yang dimulai dari tanggal 22-23 April 2022. 

Kegiatan ini diikuti oleh 30 SMA dengan 1290 peserta didik perwakilan tiap SMA di Kabupaten TTU. Adapun berbagai macam jenis lomba yaitu antara lain debat bahasa indonesia, debat bahasa inggris, puisi, karya ilmiah, paduan suara dan menyanyi solo. 

Jenis lomba tersebut diselenggarakan dalam bentuk dua jenis yaitu bentuk tatap muka yang diikuti 360 peserta dan bentuk video rekaman dikuti oleh 930 peserta.

Jenis lomba dalam bentuk video rekaman antara lain baca puisi, menyanyi solo, paduan suara dan lomba karya ilmiah dalam bentuk naskah karya tulis yang dibuat di sekolah masing-masing dan diberikan kepada dewan juri untuk melakukan penilaian, sementara untuk lomba debat bahasa inggris dan bahasa indonesia dilakukan secara tatap muka di tempat kegiatan yaitu di SMAN Biboki Anleu. 

Dua hari kegiatan Hardiknas Di SMAN Bian ini seluruh peserta dan panitia menginap di tempat kegiatan.

Ketuan Panitia kegiatan Yohanes Seran, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Hardiknas tahun 2022 tingkat SMA Kabupaten TTU dilaksanakan secara sederhana dan minimalis dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Panitia pun mengajak semua insan pendidikan untuk mengingat kembali akan perjuangan Ki Hahar Dewantoro dalam meletakan dasar dan arah pendidikan bangsa. Selain itu juga, tujuan dari pada kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidkan dan juga mendorong insan pendidikan untuk mewujudkan "Merdeka Belajar".

Ket Foto: Panitia Hardiknas Tingkat SMA Kab. TTU, NTT
Yohanes Seran atas nama panitia pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati TTU, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Provinsi NTT, Kapolres TTU, Kapolsek Biboki Anleu, Camat Biboki Anleu, Kepala Desa, Kepala Puskesmas Ponu, Pengurus MKKS TTU, Para kepala SMA Se Kab. TTU, Panitia Penyelenggara, Panitia Lokal SMAN Biboki Anleu, Guru pendamping dari masing-masing SMA, Para siswa peserta lomba, dewan juri, pastor dan pendeta dan semua yang turut serta berpartisipasi dalam mensuksessan kegiatan ini.

Diakhir sambutan ia mengutip kata-kata Soekarno “ bermimpilah setinggi langit, sehingga kalau jatuh, jatuh di antara bintang-bintang".

Sementara Ketua MKKS SMA Hilarius Sau, S.Pd, M.Pd atas nama tiga (30) puluh SMA di Kabupaten TTU menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi, luar biasanya Biboki Anleu, tercatat dalam sejarah.

Hari ini, Biboki Anleu menjadi rahim yang baik untuk lahirnya orang-orang hebat, putih abu-abu (sambil menunjukan tangan ke para peserta didik yang ikut hadir dalam kegiatan).

Ketua MKKS yang juga adalah kepala SMAN Taekas mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komite SMAN Biboki Anleu, panitia Lokal di SMAN Biboki Anleu, Camat, Kepala Desa, Kapolsek dan jajarannya, juga mengapresiasi seluruh SMA yang telah berpartisipasi aktif untuk ikut terlibat mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini pun dibuka secara resmi oleh Bupati Timor Tengah Utara Drs. Djuandi David yang diwakili oleh Asisten 3 Setda TTU Raymundus Thaal pada Jumat (23/4/2022). 

Bupati TTU Djuandi David pun mengapresiasi kepada anak-anak peserta kegiatan perlombaan yang telah berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengituki berbagai kegiatan perlombaan. 

Kalah atau menang adalah hal yang wajar dalam sebuah perlombaan, namun lebih dari itu pengetahuan dan kepercaayan diri akan meningkat. Ini adalah skil yang patut di asa dan dikembangkan.

Momentum Hardiknas ini selain sebagai sarana refleksi, juga sebagai waktu yang tepat untuk membangkitkan semangat dan kesadaran bersama dalam pembangunan pendidikan.

Pola pendidikan yang hanya berorientasi pada pencapaian nilai yang tinggi di atas kertas, sudah harus berubah ke pola pendidikan yang benar-benar mampu menyiapkan anak didik kita untuk menghadapi tantangan kehidupan nyata, tutupnya.

Penulis: Thom Fallo

VIDEO Pengumuman Dan Bagi Hadiah Untuk 3 Besar Juara Lomba Hardiknas 2022

VIDEO Sambutan Korwas SMA/SMK Kab. TTU Saat Penutupan Kegiatan Hardiknas 2022

VIDEO Upacara Pembukaan HARDIKNAS Tahun 2022 Tingkat SMA/SMK Kab. TTU, Provinsi NTT

VIDEO Debat Bahasa Inggris SMA 2 Kefamenanu Melawan SMA Vides TTU

VIDEO Final Debat Bahasa Indonesia SMAN 1 Kefamenanu Melawan SMAN Lurasik

VIDEO Final Debat Bahasa Inggri SMAN 1 Kefamenanu Melawan SMAK Warta Bakti

VIDEO Debat Bahasa Indonesia SMAN 1 Kefamenanu Melawan SMAK Warta Bakti

VIDEO Tarian Penyambutan Tamu Undangan Saat Pembukaan HARDIKNAS 2022 Di SMAN Biboki Anleu, TTU-NTT



Post a Comment for "MKKS TTU Gelar Aneka Lomba Meriahkan Hardiknas 2022"