Dua Sekolah Di TTU Sukses Selenggarakan US Berbasis Aplikasi

Seluruh satuan pendidikan tingkat SMA di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Ujian Sekolah (US).

Hari ini adalah jadwal hari terakhir kegiatan ujian sekolah. Ujian yang berlangsung sepekan ini ada beberapa SMA/SMK yang ujiannya menggunakan aplikasi jaringan dan ada juga yang ujiannya menggunakan kertas pensil/bulpen. Ujian dilaksanakan untuk peserta didik kelas XII.

SMA Swasta Pelita Karya Kefamenanu melaksanakan ujian berbasis aplikasi atau jaringan.

Alexander Salu, S.Pd Kepala Sekolah SMAS Pelita Karya Kefamenanu ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa ujiannya menggunakam sistem aplikasi. Ujian telah kami laksanakan dari tanggal 5-12 April 2022 hari ini. Dalam sehari ada dua mata pelajaran yang diujikan.

Terkait dengan sarana prasarana pendukung, SMAS Pelita Karya menyiapkan dua ruang ujian, masing-masing terbagi dalam dua sesi.

Kepengawasannya kami silang antar guru mata pelajaran di sekolah sendiri, sehingga sehari ada dua pengawas per ruang ujian. 

Ada 82 peserta ujian yang terdiri dari dua program peminatan yaitu Sains atau Ilmu Alam 26 peserta dengan rincian Laki-laki 6 orang dan perempuan 20 orang, sementara Ilmu Sosial ada 56 peserta dengan perincian Laki-Laki 34 orang dan Perempuan 22.

Lebih lanjut Alumni Universitas Timor Prodi Biologi Angkatan Pertama ini mengatakan bahwa manfaat dari Ujian Sekolah berbasis aplikasi ini adalah lebih praktis, mengirit biaya fotocopy dan memudahkan panitia atau guru dalam proses analisis hasil ujian.

Bukan saja di SMAS Pelita Karya Kefamenanu yang menyelenggarakan US berbasis aplikasi, sama halnya di SMAN Binino juga demikian, melakukan Ujian Sekolah berbasis apliaksi yaitu menggunakan aplikasi lokal Binino Exam Version 2.0.

Seluruh peserta didik mengerjakan soal ujian menggunakan komputer dan tablet.

Ewaldus Nabu siswa Kelas XII MIPA SMAN Binino mengapresiasi sekolah terkait pola ujian kali ini yang berbasis aplikasi.

Menurutnya dengan pola seperti ini yang memanfaatkan teknologi kami siswa/i dibuka pola pikirnya, karena setelah ujian kita langsung melihat score atau nilai yang kita kita peroleh.

Ini merupakan satu bentuk kemajuan dari lembaga tercinta SMAN Binino kedepannya.

Imelda Nenat, S.Pd Kepala SMAN Binino pun demikian mengatakan bahwa proses US dari hari pertama sampai hari terakhir ini kita memanfaatkan sumber daya yang ada terutama ketersediaan Laboratorium Komputer dan Tablet android bantuan pemerintah melalui dana BOS afirmasi.

Ia pun menambahkan bahwa dari segi keikutsertaan peserta didik tidak memungut biaya atau dana tambahan karena ujian menggunakan local hostpot.

Namun demikian SMAN Binino berhasil dan sukses menggelar ujian sekolah berbasis teknologi atau aplikasi.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada panitia ujian yang dengan susah payah menyelenggarakan ujian sekolah berbasis aplikasi sehingga sampai hari terakhir ini sukses dan tanpa kendala apapun, tutupnya.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Dua Sekolah Di TTU Sukses Selenggarakan US Berbasis Aplikasi"