Jika Guru Punya Blog, Maka Ini Manfaatnya Untuk Guru Dan Siswa Saat Semua Serba Teknologi

"Manfaat Blog Untuk Guru Dan Siswa"

Teknologi itu hanyalah sebuah alat, teknologi itu dapat meringankan dan membantu pekerjaan seseorang khususnya guru di era revolusi 4.0. 

Sebuah alat yang canggih, secanggih apapun alat tersebut tidak dapat menggantikan tugas guru dalam kelas, namun alat canggih tersebut dapat membantu tugas-tugas guru dalam kelas agar guru bisa mengerjakan tugas-tugas lain yang dirasa belum sempat dikerjakan karena faktor waktu yang tidak cukup.

Guru milenial dapat disebut sebagai content creator terbaik bagi siswa. Guru harus tahu apa yang diminati siswa saat ini dalam konteks pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Guru pun harus tahu apa yang harus siswa kerjakan untuk menjemput masa depan yang lebih gemilang. 

Bukan sekedar mentransfer konsep dasar materi pelajaran, tetapi lebih dari itu adalah bagaimana seorang guru meramu konsep dasar materi pelajaran menjadi sebuah project yang akan menghasilkan sebuah product bermutu.

Dengan demikian akan menjawab konsep “Merdeka Belajar” yaitu merdeka mengajar, merdeka belajar dan berkarya yang digagas oleh Mas Menteri Nadiem Makarim

Seorang guru mempunyai tugas utama yaitu menyampaikan materi dan informasi kepada peserta didik secara aktif dan kreatif. 

Agar suatu proses pembelajaran di dalam kelas dapat menarik, tidak membosankan, juga tidak memakan waktu, biaya dan tenaga maka guru harus memiliki ide kreatif dan inovatif.

Salah satu teknik yang ditawarkan bagi seorang guru dalam menyiapkan materi pelajarannya yang paling murah, tidak memakan biaya yang mahal, efektif dan cocok dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini yaitu “Blog Mata Pelajaran”. Blog sangat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Apa itu blog?

Blog adalah bentuk aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan pada sebuah halaman web yang mana tulisan-tulisan tersebut akan muncul di beranda google sehingga dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja bahkan dapat diakses diseluruh dunia.

Orang atau individu yang mebuat konten atau tulisan-tulisan yang diposting dalam halaman blog dan dipublikasikan disebut blogger.

Nah, dalam konteks pembelajaran di era kemajuan teknologi saat ini, mengapa blog sangat penting untuk dimiliki oleh setiap guru? Selain untuk mengasah kemampuan menulis guru dalam rangka mendorong gerakan literasi di sekolah, bagi seorang guru mata pelajaran menggunakan blog sangat penting sebagai media penyampaian informasi materi pelajaran dalam bentuk tulisan, foto,video, gambar dan power point.

Materi-materi yang diposting dalam sebuah blog dapat berupa tulisan di aplikasi microsoft office word, power point, PDF, excel dan video. Blog dapat menyimpan data-data tersebut dan bisa diakses oleh setiap siswa.

Simulasi Jika Guru Memiliki Blog Mata Pelajaran Dan Manfaat Untuk Siswa

Jika seorang guru memiliki sebuah blog mata pelajaran, maka siswa tidak repot-repot lagi atau terbebani dengan mencari sendiri materi atau mencatat di buku catatan secara manual sehingga dikemudian hari buku tersebut bisa rusak atau hilang maka siswa pun bisa memiliki blog “istilahnya CATATAN ONLINE”.

Dimisalkan ada 15 mata pelajaran dan semua guru dari 15 mata pelajaran tersebut memiliki blog yang berisi materi pelajaran, maka siswa pun demikian akan memiliki satu buah blog yang berisi setiap menu 15 materi mata pelajaran tersebut.

Guru tinggal share link materinya ke siswa, lalu siswa tersebut copy materi tersebut dan pastekan pada setiap menu mata pelajaran yang sudah disediakan. 

Jadi siswa ke sekolah bisa membawa sebuah perangkat handphone untuk mengakses materi pelajaran tersebut hasil rancangan sendiri. Tangan siswa tidak sakit lagi untuk mencatat 15 materi pelajaran.

Jadi pada saat pelajaran, guru dan siswa akan mengakses materi yang sama, tanpa harus menggunakan buku catatan atau buku paket. Guru sudah meringkas sedemikian ringkas sesuai kompetensi dasar dan indikator dan diberikan ke siswa.

Mudah kan?

Beberapa manfaat dari blog mata pelajaran bagi seorang guru dan siswa adalah adalah:

1. Bisa gratis. Yang sering dipakai adalah blogger dan wordpress.

2. Mudah bagi seorang guru untuk mengisi konten atau tulisan-tulisan

3. Mudah disisipi materi tambahan berupa gambar, video, link video youtube, dan materi power point

4. Mudah diakses oleh siswa-siswa karena rata-rata template blogger sudah mobile friendly dan dapat diakses menggunakan HP

5. Siswa dengan mudah dapat mengakses ulang-ulang kapan saja dan dimana saja

6. Siswa tidak repot-repot dan lelah lagi untuk mencatat sehingga membuang-buang waktu

7. Siswa tidak lagi mengeluarkan biaya foto copy setiap semester

8. Waktu guru dan siswa akan lebih banyak untuk berkarya atau membuat project

9. Tangan siswa tidak sakit lagi untuk mencatat materi semua mata pelajaran

Setiap administrasi pembelajaran baik itu RPP, Silabus dan bahan ajar dapat disimpan diblog. Nah, banyak sekali guru-guru dan siswa yang belum mempunyai sebuah blog. Mungkin belum waktunya merasa bahwa blog itu sangat penting atau tidak penting, atau kesulitas membuat membuat sebuah blog.

Apa Kesulitan Membuat blog?

Beberapa kendala yang atau hambatan seseorang tidak dapat membuat blog mata pelajaran yaitu:

1. Guru tidak memahami dasar-dasar teknologi untuk membuat sebuah blog

2. Guru belum memiliki bahan ajar dalam bentuk word, power point dan PDF yang baik

3. Guru belum memiliki kemampuan menulis yang baik

4.Guru menganggap tidak penting membuat sebuah blog atau tidak bermanfaat

5. Membutuhkan pulsa data atau pulsa internet setiap saat

Teknologi memang sangat penting saat ini. Teknologi hanya dapat membantu dan meringankan pekerjaan guru. 

Demikian blog bagi seorang guru dapat membantu dan meringankan tugas guru dalam menyampaikan materi. Tidak lagi catat di buku catatan atau foto copy yang sewaktu-waktu akan mudah rusak atau hilang.

Tunggu apa lagi, silahkan membuat blog bagi guru dan siswa. Bagi guru mata pelajaran blog adalah Bahan Ajar Online, dan bagi siswa blog adalah Catatan Online. Sekian dan terima kasih. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika ada yang berminat untuk dibuatkan blognya silahkan wa ke No 085333419444 dengan biaya yang murah meriah. 

Penulis: Thom Fallo

5 comments for "Jika Guru Punya Blog, Maka Ini Manfaatnya Untuk Guru Dan Siswa Saat Semua Serba Teknologi"