Hati-Hati, Ada Oknum Tak Dikenal Menelpon Guru-Guru Mengatasnamakan Dinas Pendidikan Provinsi NTT

Rabu (30/3/2022) sekitar pukul 11.46 WITA sejumlah guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA) ditelepon oleh orang tak dikenal. 

Orang tak dikenal itu menggunakan nomor baru (081346267517) untuk menelpon sejumlah guru SMA mengatasnamakan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Adrianus, nama ia sebut saat memperkenalkan diri ketika berkomunikasi dengan Hubertus F dan Theodorus P Guru dari SMAN Insana Barat via telepon. 

Ia kemudian menyebut dirinya dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Awalnya, Pak Adrianus menelpon Pa Theodorus, mendengar suara komunikasi antara mereka berdua via telepon, Pa Hubertus yang saat itu ada juga dalam ruangan tersebut langsung mendengar dan mengambil sebuah Handphone untuk merekam pembicaraan mereka karena suara yang menelpon itu suara yang tidak asing lagi terdengar di telinganya, suara itu merupakan suara yang suka memberi harapan palsu bagi orang yang ditelepon alias suka menipu banyak orang. 

Lantas hendak mengambil hp untuk merekam pembicaraan mereka, telepon terputus dari Pak Adrianus. 

Satu menit kemudian ada panggilan masuk ke hp milik pa Hubertus, orang yang sama yang menelponnya, yaitu Pak Adrianus, tapi Pak Adrianus tidak tahu kalau Pa Theodorus sementara bersama-sama dengan Pa Hubertus. 

Pa Adrianus mengatakan kepada Pak Hubertus bahwa ada penyampaian yang ia terima dari Kantor Dinas Pendidikan Provinsi. Kami diminta untuk segera menghubungi sebentar Bapak Kepala Dinas Pendidikan. Ada sedikit yang mau ditanyakan oleh Bapak Kadis.

Ia pun menanyakan, sudah tahu nomornya Pak Kadis? Jawab kami belum tahu, walaupun kami juga tahu dan menyimpan nomor hpnya Bapak Kadis.

Lebih lanjut, Adrianus menyebut sebuah nomor nomor hp katanya nomor hpnya Bapak Kadis. Sambil menyebut nomor hp tersebut, kami juga langsung mengecek no hp Bapak Kadis yang kami simpan dan mencocokan dengan nomor hp yang ia sebut. Nomor Hp yang ia sebut yaitu 081343898772. 

Ia meminta kami untuk menelpon ke nomor hp tersebut katanya nomor Bapak Kadis Pendidikan, dan Bapak Kadis sudah memanggilnya untuk menginformasikan kepada kami. Jadi kalau telepon ke nomor tersebut dan sibuk, ditunda satu atau dua menit baru dihubungi kembali sampai beliau angkat teleponnya.

Setelah sekitar 15 menit kami tidak menelpon ke nomor tersebut, Pak Adrianus menghubungi lagi kami untuk secepatnya menelpon Bapak Kadis. Pak Adrianus menanyakan kepada kami “sudah dihubungi Bapak Kepala Dinas? Jawab kami“ belum, lanjut Pak Adrianus, kenapa belum? jawab kami? tidak ada pulsa. Ia pun memaksa kami dengan nada tegas untuk diusahakan isi pulsa agar segera menghubungi Bapak Kadis.

Selain kami yang ditelepon oleh Pak Adrianus yang mengatasnamakan Dinas Pendidikan Provinsi NTT, guru-guru di sekolah lain pun ditelepon olehnya sampai membahas tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan harus bayar uang untuk lulus. 

Kebetulan juga sementara ini dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan akan segera melakukan seleksi PPG bagi guru-guru se-Indonesia.

Kami guru-guru, walaupun simpan Nomor hpnya Bapak Kadis, tidak mungkin kami menelpon bapak Kadis karena kami rasa tidak etis. Sms atau chat pun kami tidak berani. 

Oleh karena itu kepada guru-guru NTT agar selalu waspada dengan nomor-nomor baru yang masuk dan mengatasnamakan Dinas Pendidikan Dan kebudayaan Provinsi NTT, apalagi mengatasnamakan nama Bapak Kadis. Jangan mudah percaya, apalagi sampai meminta uang kepada bapak/ibu guru, karena Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi NTT tidak melakukan demikian.

Hati-Hati Guru NTT !

Waspada terhadap Dugaan penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung Jawab!

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Hati-Hati, Ada Oknum Tak Dikenal Menelpon Guru-Guru Mengatasnamakan Dinas Pendidikan Provinsi NTT"