Beberapa Pemateri Hebat Bekali Peserta LKTD OSIS SMAN Binino

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri Binino, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggra Timur (NTT) menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD).

Kegiatan ini berlangsung di SMAN Binino selama dua hari berturut-turut yaitu Jumat dan Sabtu (18-19/3/2022) yang mana peserta LKTD hanya dikhususkan bagi fungsionaris atau pengurus OSIS.

Pengurus OSIS akan dibekali beberapa materi-materi pendidikan karakter dan materi teknis untuk menjawabi tujuan kegiatan yaitu “Menciptakan Generasi Emas Yang Unggul Dan Berkarakter”.

Puluhan pengurus OSIS semangat mengikuti dan mendengar materi-materi yang diberikan oleh pemateri-pemateri hebat.

Para pemateri hebat ini memiliki sejuta ilmu dan pengalaman yang akan dibagikan kepada para peserta LKTD.

Materi-materi yang dibawakan antara lain; 

1. Peran Sosial Kemasyarakatan Dalam Membangun Dunia Pendidikan, oleh Yosep Falentinus Delasalle Kebo, S.Ip, MA/Pendiri Ormas Bela Tanah Timor (Beta Timor), Pemerhati Sosial

2. Pendidikan Karakter, oleh Romo Djanu Kura, Pr/Kepala SMAK S Warta Bakti Kefamenanu.

3. Peran Lembaga Universitas Timor Dalam Konteks Pendidikan, ooleh Dr. Werenfridus Taena/Wakil Rektor Universitas Timor.

4. Manajemen Kepemimpinan, oleh Dolvianus Kolo, S.Pd/Anggota Komosi V DPRD Provinsi NTT.

5. Ekonomi Kreatif, oleh Hilarius Ato, S.E/Anggota DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara

6. Literasi Sebagai Upaya Pembentukan SDM Di TTU, Yang Unggul, Cerdas dan Berkarakter, oleh RD. Herman Yoseph Bau Rua, Pr/Pembina Komunitas Literasi Kreatif (KLIKK) Kefamenanu Dan Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) TTU.

7. Teknik Membuat Blog dan Youtube Dalam Konteks Pembelajaran, oleh Hubertus Thomas Fallo, S.Pd/Pegiat Blog dan Youtube

8. Teknik Berdiskusi, Berdebat, Berpidato, Memimpin Sidang atau Rapat, oleh Aktivis GMNI Cabang Kefamenanu.

Selain membagi ilmu dan pengalaman, beberapa pemateri juga menyumbangkan materi berupa buku, Bola, Kostum bola dan puluhan sak semen untuk mendukung pembangunan di sekolah.

Ketua Panitia Kegiatan LKTD Lucius Y. Sanbein, S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa tantangan ke depan semakin berat, persaingan juga semakin ketat, kita butuh generasi yang berkualitas dan kompetitif di segala bidang untuk mengisi kemerdekaan, guna membangun Bangsa dan Negara.

Hal demikian tidak terkecuali jika kita menciptakan situasi pendidikan yang positif di sekolah kita SMAN Binino tercinta ini.

Ketua Panitia LKTD yang juga merupakan Pembina OSIS SMAN Binino secara tegas menyampaikan bahwa maraknya masalah-masalah remaja mulai dari narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas, tawuran antar pelajar dan sebagainya membuat kita harus waspada, menjaga diri dari hal-hal negatif agar tidak terjebak pada persoalan-persoalan remaja tersebut.

Imelda Nenat, S.Pd Kepala SMAN Binino dalam sambutannya meminta untuk komponen SMAN Binino selalu optimis dan fokus pada tujuan. Tujuan kita yaitu kompeten di bidang pengetahuan, sikap dan Keterampilan. Itu yang kita sebut unggul dan berkarakter. Dunia ini butuh orang-orang yang unggul.

Lebih lanjut, Mantan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan pada SMAN Taekas ini melihat bahwa Komunitas SMAN Binino adalah tempat yang terbaik untuk menempa diri.

OSIS sebagai satu-satunya organisasi intra sekolah yang resmi, yang di dalamnya menaungi berbagai macam kelompok pengembangan diri, maka peserta didik harus mampu melihat ini sebagai suatu kesempatan, suatu peluang untuk membentuk OSIS ini secara benar sesuai kebutuhan dan tuntutan saat ini.
Kita undang orang-orang yang berkompeten untuk datang dan berbagi di sini, peserta didik mari kita lihat ini sebagai kesempatan emas.

Sebelum membuka kegiatan LKTD secara resmi, Ibu Imel yang akrab disapa meminta kepada seluruh peserta LKTD yang merupakan fungsionaris OSIS SMAN Binino agar setelah mengikuti kegiatan selama dua hari ini, fokus untuk tujuan jangka pendek yaitu kita harus tampil menjadi kader-kader muda, pelayan, pengerak OSIS SMAN Binino yang berkualitas, yang berkarakter, yang punya keterampilan, punya hard skil dan soft skil, tanggung jawab, punya jiwa kompetisi yang sehat, kreatif dan inovatif.

Kita mau OSIS SMAN Binino ini melahirkan kader-kader yang kreatif, bukan saja aktif tapi pro aktif, inovatif, berdaya guna agar orang tidak merasa jenuh ketika berproses di SMAN Binino. Sekolah dengan daya dukung yang ada akan terus mendukung, memberi peluang, memberi kesempatan kepada OSIS untuk berkembang sesuai program kerja yang telah ditetapkan.

Kami segenap SMAN Binino mengucapkan terima kasih banyak kepada para pemateri yang secara suka rela datang memberi bekal ilmu dan pengalaman kepada peserta didik kami, kami juga berterima kasih sudah membantu kami dalam hal materi, kami tidak bisa membalasnya, hanya Tuhan yang bisa membalasnya, Tuhan memberkati selalu karya bapak pemateri semua, tutupnya.

Penulis: Jhon F

Post a Comment for "Beberapa Pemateri Hebat Bekali Peserta LKTD OSIS SMAN Binino"