Teka-Teki Silang Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel

Teka-Teki Silang (TTS) mata pelajaran Biologi untuk SMA Kelas XII dengan topik “Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel”. TTS ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. 

TTS biologi ini semoga menjadi bahan belajar tambahan Anda di rumah atau di sekolah dengan model permainan/game.

Bermain Teka-Teki Silang sungguh sangat menyenangkan dan memacu kemampuan berpikir untuk mengisi kotak-kotak yang telah disediakan.

Semoga Teka-Teki Silang ini bermanfaat dalam belajar Anda.

Pengantar Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel

Pernakah Anda membayangkan bahwa ciri-ciri tubuh Anda merupakan gabungan ciri-ciri dari ayah dan ibu (orang tua). Apakah wajah Anda mirip ayah Anda atau ibu, bentuk hidung, bentuk mata, dan jenis rambut. 

Ayah dan ibu Anda membawa ribuan sifat keturunan yang dibawa oleh sel-sel gamet masing-masing. Ketika terjadi pembuahan, beberapa sifat keturunan tersebut bergabung untuk melengkapi tubuh Anda.

Tentang pewarisan sifat diperkenalkan oleh sesorang bernama Mendel. Gregor Johan Mendel merupakan seorang biarawan berkebangsaan Austria yang selama bertahun-tahun melakukan penelitian tentang pewarisan sifat-sifat pada tanaman kacang ercis/kapri.

Berkat penelitiannya, ia diberi gelar Bapak Genetika. Mendel meletakan dasar-dasar ilmu genetika dan menemukan hukum-hukum genetika yang dikenal dengan nama Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. 

Hukum Mendel I dikenal juga dengan nama hukum segregasi atau pemisahan gen-gen yang sealel. Sedangkan hukum Mendel II disebut juga hukum asortasi atau pengelompokan gen-gen cara bebas.

Beberapa istilah yang perlu dipelajari dalam persilangan antara lain: pariental, filial, keturunan pertama, keturunan kedua, genotipe, gamet, fenotipe, dominan, resesif, homozigot dan heterozigot.

Mari kita mulai dengan permainan Teka-Teki Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel. (Format kotak-kotaknya dapat didownload di bawah pertanyaan ini dalam bentuk MS Excel).

Mendatar/Accros

2. Sifat-sifat gen yang memiliki ekspresi lebih kuat yang dapat menutupi atau mengalahkan sifat yang dibawa oleh gen alel-nya. Disimbolkan dengan huruf, contoh : AA, BB, CC

4. Keturunan

6. Sifat-sifat gen yang tidak muncul (tertutup) karena dikalahkan oleh sifat pasangan-nya, akan muncul apabila bersama-sama gen resesif lainnya dan disimbolkan dengan huruf kecil. Contoh, aa, bb, cc

8. Perkawinan antara F1 dan individu yang homozigot resesif

10. Peristiwa suatu gen mengalahkan ekspresi gen lain yang bukan alelnya.

12. Peristiwa beberapa pasang gen yang bukan sealel memengaruhi sifat tertentu

14. Pembentukan satu sifat oleh lebih dari satu gen

16. Perkawinan antara F1 dan induk jantan atau betina

18. Gen-gen yang terletak pada lokus yang sama pada kromosom homolog, tetapi sifatnya berlawanan

20. Gen yang dikalahkan ekspresinyaoleh gen lain yang bukan sealel

Menurun/Down

1. Seorang biarawan berkebangsaan Austria yang selama bertahun-tahun melakukan penelitian tentang pewarisan sifat-sifat pada tanaman kacang ercis/kapri (Pisum sativum) sehingga mendapat gelar Bapak Genetika

3. Induk atau orang tua

5. Sel kelamin dan berasal dari genotipe, disimbolkan dengan satu huruf. Contohnya : Genotipe Aa, gametnya A dan a

7. Sifat menurun yang tampak dari luar, contoh-nya: buah besar, buah kecil, rasa manis, rasa asam, batang tinggi, batang pendek.

9. Munculnya suatu sifat sebagai akibat adanya interaksi beberapa gen

11. Peristiwa tertutupnya ekspresi gen dominan apabila berdiri sendiri

13. Pasangan gen yang tidak sama

15. Keturunan pertama (F1)

17. Sifat-sifat menurun yang tidak tampak dari luar

19. Jenis asam amino

Sekian TTS Biologi tentang Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel kelas XII. Terima Kasih.

Silahkan cek Artikel dengan Judul Kunci Jawaban Soal-Soal Biologi Dan Teka Teki Silang Biologi Untuk SMA untuk mendapatkan kunci jawabannya atau dengan cara menghubungi admin di:

Email: thom.fallo@gmail.com

Contact person + WA 082144924535

Halaman Facebook: Mimpi NTT

Tambahan:

Download Format Excel TTS Biologi " Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel"

Kumpulan Kunci Jawaban Teka Teki Silang Biologi

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Teka-Teki Silang Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel"