Teka-Teki Silang Biologi Materi Genetik

Teka-Teki Silang (TTS) mata pelajaran Biologi untuk SMA Kelas XII dengan topik “Materi Genetik”. TTS ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. 

TTS biologi ini semoga menjadi bahan belajar tambahan Anda di rumah atau di sekolah dengan model permainan/game.

Bermain Teka-Teki Silang sungguh sangat menyenangkan dan memacu kemampuan berpikir untuk mengisi kotak-kotak yang telah disediakan.

Semoga Teka-Teki Silang Materi Genetik ini bermanfaat dalam belajar Anda.

Pengantar Tentang Materi Genetika

Kromosom (Latin: chroma=warna, soma: badan). Kromosom mudah diamati dengan penambahan zat warna tertentu karena kromosom bersifat mudah menyerap zat warna.

Kromosom merupakan struktur di dalam sel berupa deret panjang molekul yang terdiri atas satu molekul ADN dan berbagai protein terkait yang merupakan informasi genetik suatu makhluk hidup.

Gen adalah “substansi hereditas” yang terlatak di dalam kromosom yang bersifat sebagai materi tersendiri yang terdapat dalam kromosom, mengandung informasi genetik dan dapat menduplikasikan diri pada peristiwa pembelahan sel.

Gen terletak di dalam kromosom, yaitu di dalam DNA. Di dalam kromosom tersebut terdapat banyak gen. Tempat gen di dalam kromosom tersebut di namakan lokus. 

Gen-gen yang membawa sifat bagian tubuh yang sama dan lokusnya bersesuaian disebut gen homolog. Lokus tertentu dapat mengandung satu gen atau lebih. Lokus dianalogikan seperti manik-manik yang berjejer lurus pada seuntai benang.

Alel adalah gen yang memiliki lokus (posisi pada kromosom) yang sama, mengawasi sifat yang sama tetapi ekspresinya berbeda-beda. Contohnya, gen A dan alelnya a sama-sama terletak pada satu lokus yang sama pada kromosom, sama-sama mengawasi bentuk hidung, tetapi gen A mengekspresikan hidung mancung sedangkan alelnya gen a mengekspresikan hidung pesek.

Satu gen dapat mempunyai lebih dari satu alel. Urutan dalam penulisan pasangan anggota alel-alel tersebut disesuaikan dengan urutan dominasi satu sifat terhadap sifat yang lain. 

DNA dan ADN itu sama, penyebutan istilah tersebut berdasar singkatannya sama. DNA singkatan dari deoxyribonuc acid, sedangkan ADN singkatan dari asam deoksiribonukleat.

Sama halnya dengan DNA, RNA juga dapat disebut dengan ARN, sesuai singkatannya. RNA singkatan dari ribonucleic acid, sedangkan ARN singkatan dari asam ribonukleat

Sintesis protein adalah proses pencetakan protein di dalam sel. Sifat enzim (protein) sebagai pengendali dan penumbuh karakter makhluk hidup ditentukan oleh jumlah jenis, dan urutan asam amino yang menyusunnya. Jenis dan urutan asam amino ditentukan oleh DNA.

Mari kita mulai dengan permainan Teka-Teki Silang Materi Genetik. (Format kotak-kotaknya dapat didownload di bawah pertanyaan ini dalam bentuk MS Excel).

Mendatar/Accros

1, Suatu bahan pembawa informasi genetik dari orang tua kepada keturunannya

3, Lengan Kromosom

5, Biasanya disebut kromosom seks atau kromosom kelamin

7, Organel sel yang hanya dijumpai pada sel-sel hewan tetapi tidak dijumpai pada sel-sel tumbuhan

9, Senyawa kimia yang terdapat di dalam inti sel (nukleus)

11, Di dalam molekul DNA, adenin selalu berpasangan dengan ........................

13, Salah satu sifat DNA yaitu dapat melakukan penggandaan diri, dapat menyintesis diri sendiri sehingga peristiwa ini disebut replikasi

15, Proses penyalinan kode-kode genetik dari DNA oleh mRNA

17, Salah satu jenis RNA yang berfungsi menyampaikan informasi genetik dari DNA yang terdapat di dalam inti sel ke luar inti untuk diterjemahkan

19, Bagian dari DNA yang berfungsi untuk melindungi DNA dari kerusakan dan mempertahankan kestabilan DNA

Menurun/Down

2, Tempat melekatnya benang-benang gelendong yang mengarahkan pembelahan sel. Biasanya disebut juga kepala kromosom

4, Biasanya disebut kromosom tubuh atau kromosom somatik

6, Letak gen pada kromosom

8, Gen yang pengaruhnya sama kuat

10, Sifat yang tampak atau dapat diamati

12, Di dalam molekul DNA, ....................... selalu berpasangan dengan guanin

14, Penerjemahan kode-kode genetik pada mRNA oleh tRNA menjadi asam-asam amino penyusun protein

16, Urutan tiga basa nukleotida pada mRNA

18, Gen yang terletak pada lokus yang sama pada kromosom homolog, tapi sifatnya berlawanan

20, Protein dengan konsentrasi asam amino yang tinggi dengan gugus tambahan (-NH2)

Sekian TTS Biologi tentang Materi Genetika kelas XII. Terima Kasih.

Silahkan cek Artikel dengan Judul Kunci Jawaban Soal-Soal Biologi Dan Teka Teki Silang Biologi Untuk SMA untuk mendapatkan kunci jawabannya atau dengan cara menghubungi admin di:

Email: thom.fallo@gmail.com

Contact person + WA 082144924535

Halaman Facebook: Mimpi NTT

Tambahan:

Download Format Excel TTS Biologi Materi Genetik

Kumpulan Kunci Jawaban Teka Teki Silang Biologi

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Teka-Teki Silang Biologi Materi Genetik"