Taman Nostalgia Kota Kupang Sering Dijadikan Sebagai Tempat Diskusi Dan Kerja

Taman Nostalgia kupang adalah salah satu taman indah, tepatnya terletak di Kelurahan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Taman ini diresmikan langsung oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2011.

Taman nostalgia sehari-hari selalu dikunjugi oleh masyarakat kota Kupang dan masyarakat pendatang dari luar khususnya pendatang di kota Kupang atau yang hanya singgah di kota Kupang namun belum melihat taman ini.

Banyak aktifitas yang dilakukan oleh pengunjung di taman nostalgia, seperti duduk santai, berdiskusi, berfoto, mengerjakan tugas pribadi, pentas seni, lapak baca dan lain sebagainya.

Di tempat ini juga tersedia kantin, sehingga jika pengunjung ini menikmati snack dan soft drink bisa langsung memesannya pada kantin yang ada di lokasi taman nostalgia.

Lokasi taman ini sangat strategis dan menjadi lokasi favorit para pemuda dan pemudi kota kupang serta masyarakat luas untuk menghabiskan waktunya di taman ini. Biasanya waktu kunjungan ke taman ini sangat ramai di siang hari, sore sampai malam.

Dengan luas area sekitar 500 M2, taman ini terdapat tempat duduk bagi pengunjung, dihiasi pepohonan dan tanaman rindang di setiap sudut dan di tengah taman sehingga memberikan kesan sejuk serta ditanami juga tanaman bunga yang mempercantik taman ini.

Karena tepatnya berada di pinggiran Jalan Frans Seda, akses untuk menuju ke taman Nostalgia sangatlah mudah dan gampang. 

Pengunjung dapat menggunakan segala jenis kendaraan baik pribadi maupun kendaraan umum untuk sampai ke lokasi ini.

Tidak ada biaya tiket atau karcis untuk masuk ke tempat ini. Fasilitas yang tersedia di arena taman ini antara lain ada arena bermain anak, jogging track, lapak kuliner, lapangan olagraga basket dan tempat ngopi atau sejenisnya.

Kaka Linda salah satu pengunjung di Taman Nostalgia mengaku bahwa taman ini sangat cocok buat keluarga sebagai tempat berkunjung. Cocok juga untuk anak-anak karena tersedia arena permainan untuk anak-anak, toilet, aneka jajanan makanan dan minuman. Tersedia juga lintasan bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Selain itu juga, di tengah taman ini terdapat gong perdamaian.

Beberapa komunitas literasi juga sering mengadakan lapak buku di taman nostalgia. Selain itu juga ada panggung hiburan dan pentas seni. Acara diskusi komunitas pun sering diadakan di taman ini.

Di sisi gong perdamaian terdapat beberapa pohon cendana. Anakan pohon Cendana ini ditanam oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 11 Tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2011 dan kini sudah tumbuh besar dan subur.

Selain ditanam oleh presiden SBY, juga ada pejabat lain yang ikut menanam dan tumbuh subur sampai sekarang. 

Cendana yang berjumlah empat pohon ini ditanam oleh SBY Presiden Indonesia ke 6, Gubernur NTT Frans Leburaya, Presiden Komite Perdamaian Dunia, Dr. Djuyoto Suntani dan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hazan.

Video Cendana Yang Di Tanam SBY Di Taman Nostalgia

Selain itu juga, saat penanaman waktu itu hadir rombongan kepresidenan dan rombongan Pemprov NTT. Anakan cendana ini ditanam pada Selasa (8/2/2011) saat Presiden SBY meresmikan gong perdamaian nusantara yang juga berada di tengah Taman Nostalgia Kupang,

Taman Nostalgia punya sejarah tersendiri bagi warga kota Kupang. Semoga warga merawatnya dan menjadi icon perdamaian bagi masyarakat Kota Kupang.

Video Taman Nostalgia Kota Kupang, NTT

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Taman Nostalgia Kota Kupang Sering Dijadikan Sebagai Tempat Diskusi Dan Kerja"