Tanggapi Aksi Mahasiswa Di Desa Oenbit, Ini Kata Anggota DPRD TTU

Foto: Paulinus Efi, SH (Anggota DPRD Kab. TTU Partai Nasdem)
Ikatan Mahasiswa Insana (IMANSA) Kefamenanu melakukan aksi penghijauan dalam rangka kegiatan Natal Tahun Baru (NATARU) bersama. Kegiatan ini bertempat di Desa Oenbit, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi NTT.

Mahasiswa yang tergabung dalam IMANSA ini diterjunkan ke desa dan mereka tinggal di rumah warga dengan metode dibagikan ke semua rumah tangga warga di desa Oenbit. 

Mahasiswa yang nginap di rumah warga akan menganggap sebagai orang tua angkatnya.

Mereka tinggal di Desa, di rumah warga selama tiga hari berturut-turut dari hari Kamis-Sabtu, 13-15 Januari 2021. Kegiatan kali ini agak berbeda dengan kegiatan tahun-tahun kemarin. 

Selama beberapa hari di Desa, IMANSA Kefamenanu melakukan aksi nyata dengan melakukan penanaman pohon mahoni di kebun masyarakat, di sumber-sumber mata air, dan juga di kantor desa karena di kantor desa juga ada sumber airnya.

Kegiatan penghijauan ini di hadiri oleh 68 anggota yang terdiri dari 55 orang anggota, 13 orang Badan Pengurus Harian dan seluruh masyarakat masyarakat Desa Oenbit.

Foto: Ikatan Mahasiswa Insana (IMANSA) Kefamenanu
Maria Satrida Tahoni, Ketua Panitia Kegiatan ketika dikonfirmasi merasa bangga karena kegiatan ini dihadiri oleh seluruh bapak dan mama angkat yang ada di Desa Oenbit.

Mahasiswa Semester VI Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Timor ini mengapresiasi seluruh masyarakat Desa Oenbit karena telah menyambut kami secara adat dan melakukan takanab dan dilanjutkan dengan acara adat di sekitar wilayah kantor desa Oenbit.

Satrida yang akrab disapa mewakili seluruh Badan Pengurus Harian dan anggota menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Kab.TTU yang telah memberikan anakan mahoni sebanyak 2 ribu pohon untuk ditanam di desa Oenbit.

Terima kasih kepada pemerintah desa Oenbit karena telah mengizinkan kami untuk melakukan reboisasi di desa ini.

Terima kasih juga untuk Polsek Insana dan Kodim 1618 TTU yang telah menjaga kami dari awal hingga akhir kegiatan, sehinggaa bisa terlaksana dengan baik dan aman.

Foto: BPH IMANSA Kefamenanu Sementara Melakukan Penghijauan
Rasa syukur yang berlimpah dari kami tentu kami sangat mengharapkan agar masyarakat desa Oenbit dalam hal ini 8 dusun agar tetap menjaga dan melestarikan anakan yang telah kami tanam dan harapan besar kami bahwa sepulangnya kami dari sini seluruh masyarakat desa Oenbit harus melakukan penanaman lebih lanjut karena mengingat debit air di desa Oenbit yang makin hari makin berkurang, tutupnya.

Kepala Desa Oenbit Laurensius Seko pun merespon aksi penghijauan yang dilakukan oleh IMANSA Kefamenanu. 

Kegiatan ini sangat bagus, karena mahasiswa bukan saja mendapat pengalaman di kampus, tapi ouputnya dari kampus, kembali ke masyarakat, dan terlibat dalam kegiatan pemerintah desa untuk membangun di desa.

Kegiatan ini tentunya mendukung program-program yang ada di Kabupaten, Kecamatan dan di Desa sehingga dengan adanya kehadiran mahasiswa di desa Oenbit membantu memperlancar kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa, tambahnya.

Foto: Anggota IMANSA Kefamenanu Sementara Melakukan Penghijauan Bersama Masyarakat
Sementara Anggota DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara Paulinus Efi, SH juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh IMANSA Kefamenanu karena lokasi penghijauan tepat untuk dilestarikan.

Tentu kita dukung kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa yang memiliki inisiatif melestarikan lingkungan hidup terkhusus pada sumber-sumber mata air yang menjadi perhatian kita semua. 

Memang kegiatan penghijauan ini penting untuk kita lakukan namun tentu perlu dilihat asas manfaat bukan sekedar formalisme belaka tanpa manfaat, oleh karena itu penentuan lokus atau titik lokasi penting menjadi perhatian utama, jelas Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD TTU.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Tanggapi Aksi Mahasiswa Di Desa Oenbit, Ini Kata Anggota DPRD TTU"