Ada 2 Keunikan Serah Terima Jabatan Kepala SMAN Insana Barat, Romo Djanu: Kita Harus Belajar Dari Matahari Dan Bulan

SMA Negeri Insana Barat menggelar Kegiatan Natal dan Tahun Baru bersama sekaligus syukuran serah terima jabatan dari Kepala Sekolah lama kepada Kepala Sekolah yang baru, Rabu, 19/1/2022, bertempat di Ruang Laboratorium SMAN Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain upacara adat yang dilakukan oleh tokoh adat di Insana Barat, perayaan ekaristi kudus, pemberkatan ruang kelas, kantor dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama. 

Perayaan ekaristi kudus berlangsung dengan penuh hikmah dipimpin oleh Pater Iden Tober, SVD dan Romo Valen Funan, Pr. Setelah perayaan misa syukur, dilanjutkan dengan pemberkatan ruang kelas yang dilakukan oleh Rm. Valen Funan, Pr. 

Acara serah terima Kepala Sekolah dari Kepala Sekolah Lama Remigius Sanit, S.Pd diserahkan tongkat kepemimpinanya kepada Ibu Marta M.A Louis, S.Pd berlangsung dengan penuh kekeluargaan. 

Marta M.A Louis, S.Pd sebelumnya adalah staf guru kimia pada SMAK Swasta Warta Bakti Kefamenanu. 

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat Nomor: 816.2.1/316/BKD.3.2 Tentang Pengangkatan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),  dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Pada Dinas Pendidkan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tengara Timur maka dilantiknya Ibu Martha M.A.  Louis, S.Pd dengan jabatan lama guru pada SMAK Warta Bakti Kefamenanu dan jabatan baru Kepala SMAN Insana Barat. 

Martha M.A. Louis, S.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa serah terima jabatan kepala sekolah hari ini sangat unik. 

Unik yang pertama adalah serah terima jabatan dari kepala sekolah lama kepada kepala sekolah baru adalah dari teman, diserahkan kepada teman dan disaksikan oleh teman. Artinya Remigius Sanit, S.Pd kepala sekolah lama dan diserahkan kepada Ibu Marta M.A Louis, S.Pd adalah teman seangkatan waktu Sekolah Dasar di SDK Mamsena 1 dan disaksikan oleh Pastor Romo Falen Funan, Pr yang juga adalah teman seangkatan waktu SD. 

Keunikan yang kedua dalam syukuran serah terima jabatan kepala sekolah SMAN Insana Barat adalah dari Na'o (saudara laki-laki), diserahkan ke Feto (saudari perempuan) dan disaksikan oleh na'o dan feto.

Artinya bahwa Kepala sekolah yang lama Remigius Sanit, S.Pd dan Ibu Marta M.A Loius, S.Pd masih memiliki hubungan keluarga yang sangat dekat dan disaksikan oleh keluarga yang diundang saat itu baik tokoh agama, tokoh adat, pendiri sekokah, kepala desa se-Kecamatan Insana Barat dan Kepala SMP se-Kecamatan Insana Barat. 

Ibu Marta yang akrab disapa pun meminta semua pihak terkait untuk mendukungnya dalam memajukan pendidikan di lembaga tercinta SMAN Insana Barat. 

Godifridus Sanit selaku pendiri SMAN Insana Barat mengucapkan terima kasih kepada para perintis dan penjasa sekolah yang telah berjuang tanpa kenal lelah sehingga dari terbentuk sampai sekarang sudah terjadi pergantian kepala sekolah yang ke lima.

Mantan Kepala Sekolah SDK Mamsena 1 ini berharap agar kedepan SMAN Insana Barat semakin maju dalam dunia pendidikan di Bumi Biinmaffo.

Dalam sambutan terakhir yang dibawakan oleh Romo Djanu Kura, Pr meminta kita untuk mendukung Ibu Marta, memberikan spirit untuk membangun lembaga SMAN Insana Barat tercinta.

Romo Djanu pun menyampaikan terima kasih kepada orang tua di Insana Barat yang telah memberikan tanah, karena sehebat siapa pun di dunia ini, tidak tidak bisa membangun di luar tanah. Anda telah memberikan tanah, Anda telah berjuang memberikan tanah di tempat ini, berarti Anda telah berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa, tegasnya.

Kepala Sekolah SMAK Swasta Warta Bakti ini pun meminta untuk kita saling mendukung dan tidak boleh ada perbandingan di antara kepala sekolah yang lama dan kepala sekolah yang baru.

Kita belajar dari matahari dan bulan, tidak ada perbandingan antara matahari dan bulan, mereka akan bersinar ketika waktunya tiba. Kita saling mendukung, kita saling mendoakan, kita saling bergandengan tangan,kita berjalan bersama, kita bergerak bersama, kita saling memaafkan. Masa lalu ku adalah milik saya, masa lalu mu adalah milik mu tetapi masa depan adalah milik kita bersama, tutupnya.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Ada 2 Keunikan Serah Terima Jabatan Kepala SMAN Insana Barat, Romo Djanu: Kita Harus Belajar Dari Matahari Dan Bulan"