Ikut Olimpiade, Ini Pesan Motivasi Siswa SMAN Taekas Untuk teman-Temanya

Foto: Archangela Jesika Fatin Leyn, siswa kelas XII IIS 2, SMA Negeri Taekas
Keterbatasan bukanlah menjadi suatu penghalang untuk berkompetisi agar mendapatkan prestasi dan pengalaman, karena pengalaman adalah guru yang terbaik buat kita di masa yang akan datang.

Beginilah pengalaman dari Archangela Jesika Fatin Leyn, siswa kelas XII IIS 2, SMA Negeri Taekas, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tengara Timur yang ikut ambil bagian dalam kompetisi Olimpiade nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Liga Olimpiade. 

Lembaga Liga Olimpiade ini memiliki legalitas secara hukum dan terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0114148.AH.01.11TAHUN2021.

Sebenarnya saya mengikuti olimpiade ini karena diajak oleh adik kelas saya, dia wakil ketua OSIS SMAN Taekas.

Dia kemudian mengajak saya untuk mengikuti olimpiade dengan cara mencari dan mengikuti informasi yang ada di media sosial instagram (IG) liga olimpiade.

Di instagram tersebut termuat berbagai macam bidang mata pelajaran yang diikutsertakan dalam kompetisi olimpiade.

Di situ saya berpikir untuk mengikuti olimpiade ini, dan saat itu saya berencana untuk mengikuti olimpiade mata pelajaran sejarah. Namun, saat saya mendaftar di olimpiade sejarah, ternyata kuotanya sudah penuh. Akhirnya saya melihat di postingan liga olimpiade di IG, ternyata ada olimpiade mata pelajaran Ekonomi, dan akhirnya saya memilih untuk mengikuti olimpiade mata pelajaran ekonomi tersebut, ungkap Atin yang akrab disapa.

Gadis cantik ini merasa bersyukur dan bangga, lantaran bisa terdaftar mengikuti kompetisi ini walaupun hasilnya ia berada di posisi urutan 488 dengan nilai angka 248, nilai huruf B, prestasinya perak, dari 6.064 peserta yang ikut berlaga dan berasal dari seluruh wilayah nusantara Indonesia.

Dari pengalaman ini, Ia pun berpesan untuk teman-teman yang lain, marilah kita memanfaatkan teknologi yang kita miliki seperti handphone, laptop, dan komputer dan juga kita semua yang sudah memiliki media sosial pribadi seperti facebook, whatsApp, instagram, dan lain sebagainya agar mencari hal-hal atau informasi positif yang akan membawa kita pada masa depan yang lebih baik.

Janganlah sesekali dari kita semua menggunakan media sosial kita dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang akan merugikan diri kita dan orang lain, dan tidak lupa marilah kita semua membangkitkan rasa kepedulian kita terhadap masa depan kita dengan belajar tanpa harus disuruh atau di perintah.

Jangan buang waktu mu secara sia-sia. Yuk maksimalkan waktu yang ada untuk terus belajar. Pastikan bahwa yang Anda baca setiap hari adalah yang bermanfaat bagi diri Anda untuk masa depan Anda, bukan sebaliknya yang akan merugikan Anda tanpa Anda sadari.

Silce F.N. Ndi’i, SE guru mata pelajaran Ekonomi menuturkan bahwa  Archangela J.F.Leyn yang adalah salah satu siswi di kelas XII IPS 2 ini selalu setia dan aktif dalam mengikuti kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas dan dan juga aktif mengikuti kegiatan KBM khususnya mata pelajaran ekonomi.

Dijelaskannya, Atin ini dari pengamatan saya sebagai guru mata pelajaran, anak ini memang memiliki kemampuan di kelas khususnya di mapel ekonomi, dan ia juga selalu membantu menjelaskan materi-materi  yang sudah diberikan kepada teman-teman sebaya di kelas.

Tentang pendampingan, saya sebagai guru selalu memberikan pendampingan di sekolah, juga  memberikan motivasi untuk terus berjuang karena masa depan anak-anak ditentukan dari diri sendiri, bukan dari guru maupun org tua, tutupnya.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Ikut Olimpiade, Ini Pesan Motivasi Siswa SMAN Taekas Untuk teman-Temanya"