Wujudkan Merdeka Belajar, Guru Penggerak Di TTU Latih Cara Membuat RPP Berdiferensiasi

Foto: Agustina D. Sutal, S.Kom (Guru Penggerak Angkatan I Kab. TTU)
Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di kelas dan demi mewujudkan program merdeka belajar, SMAN Insana Barat melaksanakan pelatihan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi dengan sub tema “ Wujudkan Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Diferensiasi Dan Pendidikan Kesadaran Sosial Emosional”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer SMAN Insana Barat, Kec. Insana Barat, Kab. Timor Tengah Utara-NTT yang dihadiri oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan pada Sabtu (7/11/2021).

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah Remigius Sanit, S.Pd. Dalam sambutannya ditegaskan agar guru-guru mampu merencanakan proses pembelajaran di kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan informasi dan teknologi yang berkembang saat ini demi mewujudkan program merdeka belajar sehingga dapat menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak pada siswa. Jadi guru harus mengetahui strategi pembelajaran berdiferensiasi agar pembelajarannya bisa tercapai dan sukses pada akhirnya. 

RPP berdiferensiasi ini yang akan bapak dan ibu guru pelajari ini akan menjawabi tuntutan jaman dan kemudian dapat menghasilkan proses pembelajaran di kelas sesuai kebutuhan peserta didik dengan didukung dengan media pembelajaran, kesiapan belajar, minat dan bakat, tutupnya.

Contoh RPP Berdiferensiasi Terbaru 2021 Mata Pelajaran TIK Untuk SMA

Pemateri yang juga merupakan jebolan Guru Penggerak angkatan pertama Kab. TTU Agustina Damince Sutal, S.Kom ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa konsep diferensiasi dalam pembelajaran itu bertujuan agar guru perlu memperhatikan kebutuhan belajar setiap siswa yang berbeda satu sama lain. Tentunya masing-masing siswa memiliki cara, waktu, dan proses belajar yang saling berbeda satu dengan yang lain. Ada siswa yang sudah memiliki pengetahuan dasar terkait materi pembelajaran, sementara ada pula siswa yang masih belum memiliki pengetahuan dasar sama sekali.  

Nah Pembelajaran diferensiasi ini dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi tiga hal penting yaitu kesiapan belajar, minat dan profil belajar peserta didik. Pembelajaran diferensiasi dapat kita terapkan di kelas melalaui konten atau materi pembelajaran, melalaui proses atau kegiatan pembelajaran dan produk atau hasil dari pembelajaran yang kita laksanakan, tambahnya.

Mantan Operator sekaligus Guru TIK pada SMAN Taekas ini optimis bahwa memang banyak tantangan yang akan dihadapi oleh guru dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi seperti keterbatasan waktu untuk melakukan pemetaan  terhadap kebutuhan belajar siswa yang juga dikejar oleh target capaian kuriukulum, namun itu merupakan tantangan sendiri bagi kita guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif, tutupnya

Hadir pada kesempatan ini Pengawas SMA/SMK Kabupaten Timor Tengah Utara Drs. Milkheor Suni. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa di dalam kegiatan pembelajaran di kelas itu terdiri dari bagian pendahuluan, isi dan penutup. Di dalam kegiatan inti ada dua substansi kecil yaitu kegiatan berdiferensiasi dan kegiatan produk dan setelah itu baru ada kegiatan penutup dan penilaian. 

Esensinya adalah kegiatan pembelajaran harus berorientasi pada peserta didik. RPP yang bervariatif itu tujuannya agar bisa menempa peserta didik sehingga peserta didik itu bisa memahami materi, setelah memahami materi dia harus memiliki keterampilan dan sikap yang baik. 

Mantan Kepala Sekolah SMA Insana Ini pun menjelaskan bahwa penyusunan RPP berdiferensiasi mengandung maksud supaya ada variasi untuk menyesuaikan kebutuhan dari peserta didik. Oleh karena itu untuk menyusun RPP berdiferensiasi bapak dan ibu guru akan menambah kegiatan guru dan siswa pada kegiatan inti pembelajaran itu. Jadi dalam kegiatan ini pembelajaran berdiferensiasi itu akan ditambahkan sesuai cara belajar siswa, gaya belajar siswa, kebutuhan belajar siswa, karena esensi dari berdiferensiasi itu adalah perbedaan.

Di akhir sambutannya beliau mendukung penuh bimtek penyusunan RPP berdiferensiasi yang dilaksanakan oleh Bapak dan ibu guru SMA Negeri Insana Barat agar ke depan menghasilkan pembelaran yang berkualitas di kelas dan menghantar peserta didik untuk membekali diri pada waktu dia tamat dari sini (SMAN Insana Barat), tutupnya

Rangkuman Materi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi dapat didownload dibawah ini.

Download Di Sini Materi Contoh-contoh Teknik Pembelajaran Kompetensi Sosial Emosional

Download Di Sini Modul Pembelajaran Sosial dan Emosional

Download Di Sini Contoh RPP Berdiferensiasi Mata Pelajaran TIK SMA

Penulis: Thom Fallo




4 comments for "Wujudkan Merdeka Belajar, Guru Penggerak Di TTU Latih Cara Membuat RPP Berdiferensiasi "

  1. SMA INSANA BARAT Semangat terus💪🙏

    ReplyDelete
  2. Semangat wujudkan merdeka belajar bapak/ibu guru hebat SMAN Insana Barat

    ReplyDelete
  3. SMAN insana Barat tetap semangat dan terus maju😊💪

    ReplyDelete