Desa Tapenpah Gelar Lomba Masakan Non Beras Antar RT

Ibu-Ibu RT 06 Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, TTU Memamerkan Masakan Non Beras
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Tapenpah yang Ke-52 segenap pemerintah desa dan masyarakat menyelenggarakan berbagai macam kegiatan atau perlombaan antar RT di dalam desa yang dimulai dari tanggal 2-29 Oktober 2021. Desa Tapenpah berada di Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Beberapa kegiatan perlombaan turut menghibur dan menyita perhatian masyarakat sekitar dan warga pelintas jalan yaitu antara lain perlombaan di bidang olahraga dan kuliner (masakan non beras).

Untuk Olahraga antara lain; futsal kategori anak-anak, bola kaki lapangan besar kategori dewasa, bola voly putra/putri kategori dewasa dan lomba masakan non beras. Semua jenis kegiatan ini dilombakan antar RT. Waktu kegiatan dilakukan setiap hari Sabtu dan minggu akhir pekan dalam bulan Oktober.

Kepala Desa Tapenpah Tomy Sikone ketika dikonfirmasi mengungkapkan bahwa Ini adalah kegiatan rutin di desa dalam rangka untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Desa. Jadi kami pemerintah desa bersama masyarakat bersepakat menyelenggarakan berbagai kegiatan di desa yang menurut kami menghibur dan mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat di desa.

Manfaat bagi masyarakat dari segi ekonomi saya kira sangat membantu masyarakat untuk jualan hasil usahanya saat pertandingan berlangsung, sedangkan untuk masakan non beras tujuan diadakan lomba ini yaitu agar supaya potensi-potensi pangan lokal diberdayakan baik dari segi SDM (sumber daya manusia) maupun SDA (sumber daya alam), tambahnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa dengan adanya upaya pemenuhan makanan non beras maka kita sudah mendukung program pemerintah untuk mencapai ketahanan pangan, sehingga dengan mencapai ketahanan pangan kita tentunya dapat mewujudkan kedaulatan pangan (food soveregnity), kemandirian pangan (food recilience) dan kemandirian pangan (food savety).

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat tidak terpaku di rumah lantaran covid, namun punya harapan baru di berbagai aspek kehidupan dan terus berjuang di tengah pandemi covid-19.

Sementara Adrianus Ua, warga Desa Sekon yang juga sering ikut menyaksikan setiap pertandingan ini menuturkan bahwa Desa Tapenpah adalah cikal bakal desa kreativ dan inovatif. Kreativitas dan inovatifnya yaitu mampu mengembangkan bakat dan minat anak muda, merampas segala perhatian kaum milenial, pemberdayaan masakan lokal atau kulier sehingga tak sungkan warga Kefamenanu juga rajin berkunjung ke desa ini.

Semoga kegiatan yang kreativ dan inovatif ini dapat menginspirasi bagi warga masyarakat dan juga desa-desa lain yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara, tutupnya.

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Desa Tapenpah Gelar Lomba Masakan Non Beras Antar RT"