Pantai Pasir Putih Menjadi Destinasi Wisata Pantai Primadona Di Kawasan Perbatasan

Sunset Di Pantai Pasir Putih Atambua, Belu
Hai semuanya para pencinta wisata pantai dan penikmat liburan. Di sini terdapat salah satu pantai yang sangat Indah di wilayah perbatasan RI-RDTL. Namanya adalah Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih ini terletak di wilayah pantai Utara Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak. Letaknya yang sangat strategis ini karena berbatasan langsung dengan negara Timor Leste memberikan peluang besar untuk pengembangan objek dan daya tarik wisata khususnya wisata pantai.

Pantai Pasir Putih berdekatan juga dengan Pantai Sukaerlaran yang jaraknya sekitar seratus meter saja. Pasirnya yang putih dengan panjang pasir sekitar ratusan meter dan lebar sekitar belasan meter membuat pengunjung asyik untuk bermain-main di atas pasir sambil menunggu gulungan ombak pantai yang tenang dengan semilir angin yang sejuk.

Pohon bakau yang besar di kiri kanan pembatas pantai juga menarik wisatawan untuk masuk mengamati flora dan fauna laut di dalamnya.

Pantai ini dikenal dengan topografi pantai yang datar dan dangkal sehingga wisatawan lebih senang berenang masuk ke dalam pantai dengan jarak ratusan meter.

Akses Transportasi Ke Pantai Pasir Putih

Untuk sampai ke pantai ini, jarak dari pusat kota Atambua kurang lebih 24 Km ke arah utara. Walaupun jarak yang cukup jauh namun wisatawan dari Kabupaten tetangga seperti TTU dan Malaka juga datang dan berekreasi, mandi, berenang, berfoto sambil menikmati suasana alam pantai yang tenang dan pasir putih yang halus dan indah.

Jarak dari pantai ke Pintu perbatasan (PLBN) Motaain sekitar 15 Km. Akses infrastruktur jalan sudah beraspal, tepatnya di tepi jalan raya Nasional Trans Timor. Jadi aksesnya sangat gampang.

Tiket Atau Karcis Masuk Ke Pantai Pasir Putih

Tarif masuk pantai Pasir Putih untuk kendaraan roda dua (Rp.5000) dan roda empat (Rp. 10.000). Sebelum kita masuk ke dalam lokasi pantai kita terlebih dahulu membayar karcis di pintu masuk. Ada petugas yang menjaga di pintu masuk pantai. 

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Pasir Putih

Berdasarkan pengamatan, fasilitas yang ada di lokasi pantai ini antara lain Memiliki MCK sebanyak enam kamar yang bisa digunakan oleh wisatawan setelah mandi, berenang dan bermain di pasir. Sower berjumlah 2 buah, sumur 1 buah dilengkapi dengan instalasi pipa ke MCK dan sower.  

Sementara di bagian barat ada sumur dan MCK tiga kamar. 

Untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai, dilengkapi juga dengan bak sampah dan tong sampah berjumlah sekitar 10 buah.  Di dalam lokasi pantai juga banyak pohon reo yang dipakai sebagai tempat berteduh dan parkiran mobil.

Terdapat juga pondok besar berjumlah tiga buah yang terbuat dari bahan kayu, dan pondok atau tempat berteduh yang terbuat dari tembok sebanyak tiga buah. 

Ada tempat duduk dari bahan kayu di lokasi pantai yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai sejenak menikmati keindahan pantai.

Selain pohon besar, ada juga pohon kecil yang sementara ditanam di lokasi pantai.

Ada juga tiang volly, jika ingin bermain volly di pantai pengunjung bisa membawa sendiri net dan bolanya. 

Kapan Ramai Pengunjungnya?

Wisatawan yang berkunjung biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu karena merupakan hari libur. Tetapi yang paling ramai yaitu pada hari minggu karena merupakan hari lubur umum bagi semua masyarakat. 

Pada kesempatan inilah masyarakat datang berwisata. Tidak menutup kemungkinan hari biasa atau hari kerja juga ada yang datang berwisata di Pantai Pasir Putih. Kadang di pantai ini juga dipakai sebagai tempat resepsi pernikahan atau acara lainnya.

Siapa Yang Berkunjung Ke Pantai Pasir Putih?

Yang berkunjung ke Pantai ini tidak memandang umur. Dari anak kecil sampai orang dewasa datang untuk berwisata di tempat ini. Ada juga wisatawan dari Negara tetangga Timor Leste yang sempat datang menikmati indahnya pantai ini baik akan masuk ke ataupun keluar dari negaranya melewati batas Motaain.

Selain dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini juga sering dikunjungi Mahasiswa untuk melakukan penelitian tentang biota laut.

Apakah Ada Penginapan Di Pantai Pasir Putih?

Di lokasi pantai belum ada penginapan yang permanen, namun jika Anda ingin menikmati beragam sajian wisata di Kabupaten Belu dan ingin berlama-lama di Kabupaten Belu Anda bisa menginap di beberapa Hotel dan penginapan yang terletak di Pusat Kota Atambua.

Tanggapan Wisatawan

Kevin, salah satu wisatawan asal Kabupaten Malaka mengaku bahwa inilah satu wisata pantai di Wilayah perbatasan Motaain Indonesia-Timor Leste yang sangat bagus. Kebetulan pantai ini dekat dengan perbatasan Motaain dengan keindahan sunset dan sunrise serta pasir putihnya sehingga jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Datang dan nikmati liburanmu di Kabupaten Belu karena ada dua pantai indah yang berdekatan yaitu pantai Pasir Putih dan Pantai Sukaerlaran. Selain itu juga ada banyak sekali spot wisata yang dapat anda kunjungi di Atambua, Belu, tutupnya.

Video Pantai Pasir Putih Atambua, NTT

Penulis: Thom Fallo

2 comments for "Pantai Pasir Putih Menjadi Destinasi Wisata Pantai Primadona Di Kawasan Perbatasan "

  1. Semo keindan pasir putihnya tetap terjaga πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  2. Kmi perna mengunjungi tempat ini dan tempat ini sangat indah dan bnyak orang yang berfoto-ftoπŸ˜‡

    ReplyDelete