Tugu BIINMAFFO Dan Spot Baru Yang Wajib Anda Kunjungi Di Pusat Kota

Tugu Biinmaffo, adalah nama dari sebuah tugu yang terletak di Bundaran KM. 9, berada tepat di depan kantor DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tugu dengan tiga patung yang berada di atasnya, dengan ketinggian kurang lebih 10 meter ini akan menyambut kita saat memasuki Kota Kefamenanu dengan terpampang sebuah tulisan besar berwarna merah putih “ BIINMAFFO”.

Dari sekian tempat wisata yang ada di TTU, Tugu Biinmaffo juga merupakan potensi destinasi wisata dari sore hari sampai malam. Tugu ini menjadi ikonik dan destinasi yang wajib harus anda kunjungi ketika memasuki kabupaten TTU.

Tiga patung dari Tugu ini melambangkan tiga Ksatria dari TTU dengan kekhasan tersendiri.

Patung pertama tepat menghadap ke arah selatan tanpa senjata dengan tangan seolah menerima tamu

Patung kedua menghadap ke arah timur laut dengan berbusana pakaian adat dan sedang memegang senjata berupa tombak, dan

Patung ketiga menghadap ke arah barat laut menggunakan busana adat dan memegang senjata berupa Kalewang (Senjata khas NTT seperti golok yang panjang)

Akhir-akhir ini, Tugu Biinmaffo tersebut menjadi tempat alternatif warga kabupaten TTU untuk sekedar nongkrong atau bersantai dan foto-foto.

Bukan hanya warga asli TTU saja, namun warga dari luar TTU yang sempat melintasi tugu ini masih menyempatkan diri untuk berfoto-foto atau mengabadikan momen foto selfi. 

Tugu ini disulap oleh Bupati TTU Drs. Juandi David dan Wakil Bupati Drs. Eusabius Binsasi dalam program 100 hari kerja yaitu penataan kota Kefamenanu setelah terpilih menjadi pemimpin TTU periode berikutnya menggantikan Raymundus Fernandez, S.Pt dan Aloysius Kobes, S.Sos.

Biasanya lokasi tugu ini ramai dikunjungi kawula muda dan masyarakat saat menjelang sore sampai malam hari. Tugu ini juga berdekatan dengan Kampus Universitas Negeri Timor (UNIMOR).

Tugu ini sudah dihiasi dengan bunga-bunga yang indah serta gemerlap lampu di malam hari sehingga membuat kita terasa betah untuk lama-lama bersantai di tempat ini sambil memandang ke arah jalan dengan sibuknya arus lalu lintas orang dan barang.

Di sekitar Tugu Biinmaffo ini juga ada kios-kios kecil pelaku UMKM. Mereka menyediakan aneka makanan dan minuman ringan. Ada juga lapak ikan bakar di dekat tugu tersebut.

Jika Anda sementara menikmana panorama di sore hari indahnya tugu biinmaffo ini, jangan lupa mampir ke salah satu spot foto yang lagi viral di kota Kefamenanu. Namanya Cemara Cafe, kombinasi cafe yang sementara dibangun dan spot foto dengan view cekdam yang sangat indah.

Tempat ini sehari-hari ramai dikunjungi warga untuk berfoto-foto. Spot Foto Cemara Cafe dan Tugu Biinmafo berdekatan. Jaraknya sekitar 500 meter saja. Kalau Anda warga baru silahkan bertanya saja pada orang-orang sekitar, pasti mereka akan mengarahkan Anda ke lokasi tersebut. 

Selamat menikmati dua tempat terindah ini. Semoga membuat Anda tersenyum dan bahagia. Terima kasih sobat ku.

Selengkapnya video Tugu Biinmaffo dan Cemara Cafe ada pada Youtube Channel Mimpi NTT.

Video Tugu Biinmaffo, TTU-NTT

Penulis: Thom Fallo


6 comments for "Tugu BIINMAFFO Dan Spot Baru Yang Wajib Anda Kunjungi Di Pusat Kota"

  1. Semoga tugu binmafu tetap berkembang dan maju ke depannya 🙏🏻

    ReplyDelete
  2. Semoga tugu binmafo ttap berkembang dan maju untuk digunakan

    ReplyDelete
  3. Tugu Binmafo sekarang tambh krn aja😁🤗

    ReplyDelete
  4. Tugu biinmafo sekarang shu tambah gagah sa😊

    ReplyDelete
  5. Sekarang tugu biinmafo tambah keren sa🤗😁

    ReplyDelete
  6. Tugu biinmafo semakin hari semakin gagah sa ☺️🤗

    ReplyDelete