Materi Biologi SMA Tentang Sejarah Penemuan Virus

Pernahkah kamu terserang influenza? Influenza yang menyebabkan kamu menjadi pilek, pusing dan kadang-kadang disertai demam. Influenza merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Beberapa jenis penyakit yang menyerang manusia, hewan dan tumbuhan disebabkan oleh virus.

Virus beRasal dari kata latin “virion” yang berarti racun. 

Sejarah Penemuan Virus

Sejarah penemuan virus dilatar belakangi oleh C. Chamberland yang menemukan alat untuk menyaring bakteri yang disebut penyaring porselen. Jika suatu ekstrak mengandung bakteri disaring dengan penyaring porselen, dihasilkan filtrat dalam keadaan steril.

Virus ditemukan pada tahun 1883 oleh A. Mayer, seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman.  Waktu itu ia melakukan penelitian tentang penyakit mosaik pada tembakau. Penyakit mosaik ini menyebabkan pertumbuhan tanaman tembakau menjadi terhambat  dan daunnya berwarna belang-belang. 

Mayer menemukan bahwa penyakit mosaik tersebut menular ke tanaman tembakau lain ketika ia menyemprotkan ekstrak daun tembakau yang berpenyakit dan disemprotkan ke tanaman tembakau yang sehat. Mayer pun berkesimpulan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri kecil yang hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop.

Kesimpulan Mayer diuji kembali pada tahun 1892 oleh ilmuwan Rusia Dmitri Iwannowski. Ia kemudian menyaring ekstrak daun tembakau dengan saringan yang dirancang sedemikian rupa agar bakteri tidak lolos dan diperoleh filtrat daun tembakau. Hasilnya pun di luar dugaan, ekstrak daun tembakau tersebut kemudian disemprotkan pada tanaman tembakau yang sehat tetap tertular juga oleh penyakit mosaik.

Ia berkesimpulan bahwa penyakit mosaik pada daun tembakau disebabkan oleh suatu organisme yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan bakteri . Seperti halnya Mayer, ia berkesimpulan bahwa penyakit mosaik pada daun tembakau disebabkan oleh bakteri.

Enam tahun kemudian, seorang ilmuwan Belanda Martinus W. Beijerinck melakukan pengamatan yang sama seperti yang dilakukan Iwannowski. Beijerinck yakin bahwa metode penyaringan yang dilakukan sebelumnya sudah tepat. Ia berpendapat bahwa ada agen yang menginfeksi tanaman tembakau, meskipun ia sendiri belum mengetahui pasti hal itu.

Beijerinck menyebut bahwa agen penginfeksi sebagai virus lolos saring (filtrable virus). Ia memberi nama demikian karena agen tersebut dapat lolos dari saringan bakteri dan tidak dapat diamati dengan mikroskop cahaya.

Perkembangan ilmu pengetahuan selanjutnya memberikan pemahaman bahwa berbagai jenis virus merupakan penyebab penyakit pada tumbuhan, hewan dan manusia. Istilah virus lolos saring kemudian dinamakan VIRUS. 

Iwanowski dan Beijerinck kemudian dinobatkan sebagai penemu virus.  Virus memiliki ciri khusus yang berbeda dengan organisme lain. Dalam klasifikasi makhluk hidup virus dipisahkan menjadi kelompok sendiri. Ilmu yang mempelajari tentang virus disebut Virologi.

Sekian materi singkat tentang Sejarah Penemuan Virus. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. 

Referensi: Buku Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Karangan Diah Aryulina, Ph. D DKK

Penulis: Thom Fallo


5 comments for "Materi Biologi SMA Tentang Sejarah Penemuan Virus"