Indahnya Pantai Sukaerlaran Bikin Wisatawan Betah Dan Berlama-Lama

Hallo para pencinta wisata pantai. Kali ini ada salah satu pantai yang sangat Indah di wilayah perbatasan. Namanya adalah Pantai Sukaerlaran. 

Pantai Sukaerlaran terletak di wilayah pantai Utara Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak. Letaknya yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara Timor Leste memberikan peluang besar untuk pengembangan objek dan daya tarik wisata khususnya wisata pantai.

Bagi Anda para penikmat senja, Pantai ini pas buat Anda untuk menanti datangnya senja di sore hari. Penampilan pantai ini memang sangat menarik hati wisatawan untuk terus berkunjung. Bagi yang sudah sering berkunjung, ia akan datang lagi untuk menikmati sajian indahnya pantai ini karena sangat indah untuk digunakan sebagai tempat berekreasi.

Di pantai ini nampak pepohonan bakau di sekitar ujung pantai, hamparan pasir yang indah, ditemani angin sepoi, langit cerah yang biru dan gelombang pantai yang indah, ketika sambil memandang ke arah pantai terasa damai di batin bagi wisatawan.

Pantai ini dikenal dengan topografi pantai yang datar dan dangkal sehingga wisatawan lebih senang berenang masuk ke dalam pantai dengan jarak ratusan meter.

Akses Transportasi Ke Pantai Sukaerlaran

Untuk sampai ke pantai ini, jarak dari pusat kota Atambua kurang lebih 24 Km ke arah utara. Walaupun jarak yang cukup jauh namun wisatawan dari Kabupaten tetangga seperti TTU dan Malaka juga datang dan berekreasi, mandi, berenang, berfoto sambil menikmati suasana alam pantai yang tenang dan pair yang halus dan indah.

Jarak dari pantai ke Pintu perbatasan (PLBN) Motaain sekitar 15 Km. Akses infrastruktur jalan aspal hotmix yang dapat dilalui dengan mudah kendaraan roda dua dan 4.

Tiket Atau Karcis Masuk Ke Pantai Sukaerlaran

Tarif masuk pantai Sukaerlaran untuk kendaraan roda dua (Rp.5000), roda empat (Rp. 10.000) dan roda enam (Rp. 20.000). Sebelum kita msuk ke dalam lokasi pantai kita terlebih dahulu membayar karcis di pintu masuk. Ada petugas yang menjaga di pintu masuk pantai. 

Fasilitas Yang Ada Di Pantai

Berdasarkan pantauan, fasilitas yang ada di lokasi pantai ini antara lain Memiliki MCK sebanyak empat kamar yang bisa digunakan oleh wisatawan setelah mandi dan berenang. Untuk mengganti pakaian atau membersihkan badan bisa menggunakan air bersih yang bersumber dari tiga buah sumur yang dilengkapi dengan instalasi pipa ke MCK dan Sower.

Untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai, dilengkapi juga dengan bak sampah dan tong sampah. Di dalam lokasi pantai juga banyak pohon reo yang dipakai sebagai tempat berteduh dan parkiran mobil.

Pantai Sukaerlaran, Atambua-Belu-NTT
Ada tempat duduk di lokasi pantai yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai sejenak menikmati keindahan pantai.

Kita juga bisa menyewa perahu kecil dengan harga satu orang Rp. 5000 untuk sekedar berputar-putar di area pantai.

Kapan Ramai Pengunjungnya?

Wisatawan yang berkunjung biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu karena merupakan hari libur. Tetapi yang paling ramai yaitu pada hari minggu karena merupakan hari libur umum bagi semua masyarakat. 

Pada kesempatan inilah masyarakat datang berwisata. Tidak menutup kemungkinan hari biasa atau hari kerja juga ada yang datang berwisata di Pantai Sukaerlaran. Kadang di pantai ini juga dipakai sebagai tempat resepsi pernikahan atau acara lainnya.

Siapa Yang Berkunjung Ke Pantai Sukaerlaran?

Yang berkunjung ke Pantai ini tidak memandang umur. Dari anak kecil sampai orang dewasa datang untuk berwisata di tempat ini. Ada juga wisatawan dari Negara tetangga Timor Leste yang sempat datang menikmati indahnya pantai ini baik akan masuk ke ataupun keluar dari negaranya melewati batas PLBN Motaain.

Selain dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini juga sering dikunjungi Mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait hewan dan tumbuhan yang hidup di laut. 

Apakah Ada Penginapan Di Pantai Sukaerlaran?

Di lokasi pantai belum ada penginapan yang permanen, namun jika Anda ingin menikmati sajian wisata di Kabupaten Belu dan ingin berlama-lama di di Belu Anda bisa menginap di Hotel dan penginapan yang terletak di Pusat Kota Atambua.

Tanggapan Wisatawan

Astry salah satu wisatawan asal Kabuapten Timor Tengah Utara Salah mengaku bahwa inilah satu rekomendasi wisata pantai di Wilayah perbatasan Motaain Indonesia-Timor Leste. Pantai ini dekat dengan perbatasan Motaain dengan keindahan sunset dan sunrise yang indah jadi sangat bagus untuk kita berekreasi di sini. Jangan lupa untuk segera datang dan berekreasi bersama keluarga anda atau kenalan anda, tutupnya.

Video Pantai Sukaerlaran, Atambua-NTT

Penulis: Thom Fallo


3 comments for "Indahnya Pantai Sukaerlaran Bikin Wisatawan Betah Dan Berlama-Lama"

  1. Wow pemandangannya sangat indah somga keundahannya tetap terjaga🙏🏻

    ReplyDelete
  2. Pemandangannya sangat indah dan menarik

    ReplyDelete