Memburu Fenomena Indahnya Pink Beach Di Labuan Bajo

Pink Beach Labuan Bajo, NTT
Sudah bukan rahasia lagi, bahwa bagian timur Indonesia memiliki banyak wisata alam dan wisata pantai yang indahnya tak kalah dengan wisata alam lain di luar negeri. 

Salah satunya adalah Pantai Pink Labuan Bajo. Pantai ini berada di Pulau Komodo, Flores bagian barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju ke lokasi ini wisatawan harus menggunakan beberapa moda transportasi karena dikelilingi pulau-pulau. 

Kita akan mendarat di di Bandar Udara Labuan Bajo, dan selanjutnya menuju ke Pulau Komodo. Kita tentunya harus memanfaatkan jasa sewa kapal seperti speed boat, untuk di antarkan ke dermaga Loh Liang, Pulau Komodo. 

Labuan Bajo akhir-akhir ini memiliki nama yang sangat familiar bagi pencinta wisata baik wisatawan lokal maupun manca negara karena memiliki banyak tempat wisata yang sangat unik dan menarik. 

Foraminifera di Pink Beach Labuan Bajo
Pasir pantai yang berwarna pink ini disebabkan oleh organisme mikroskopis Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen warna merah pada koral. 

Koral itu kemudian terbawa gelombang air laut menuju pesisir pantai lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang selanjutnya menjadi pasir pantai. 

Tercampurnya pasir kristal putih dan koral merah ini yang menyebabkan adanya warna pink. Karena pasir pantai yang berwarna pink maka disebut” Pink Beach

Foraminifera secara biologis merupakan kelompok Rhizopoda kingdom Protista yang menyerupai hewan. Foraminifera menyerupai amoeba yang hidup di laut tetapi mempunyai cangkang pelindung yang disebut testa. Foraminifera ini ada yang hidup di dasar laut dan ada yang mengapung di permukaan laut menyerupai plankton. 

Warna pink di pantai ini tidak hanya di satu titik saja, warna pinknya ada pada sepanjang garis pantai di pulau komodo. Hal ini membuktikan bahwa di pantai ini memiliki Foraminifera yang cukup banyak.
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan turis asing yang sering berlibur di Indonesia pantai pink menjadi destinasi tujuan yang harus di kunjungi saat kalian berada di Flores.

Seperti namanya, seluruh permukaan pasir di pesisir pantainya berwarna pink. Seperti warna gula kapas. Warna pink ini menjadi ciri khas tersendiri yang membuat pantai pink  berbeda dengan pantai lainnya. Dapat di pastikan akan menjadi kenangan tersendiri yang berkesan dan tidak terlupakan.

Jika di pagi hari kalian akan merasakan sensasi seperti berada di dalam sebuah lukisan hidup. Air lautnya yang berwarna jernih menyerupai warna biru awan, pasir pantai berwarna seperti gula kapas dan juga lingkungan sekeliling pantai yang bersih dari sampah. 

Di lengkapi semilir angin lembut yang menyapa di pagi hari. Di sore hari langit berubah warna menjadi jingga. Belum lagi suara gemuruh ombak yang terdengar kencang namun perlahan.

Selain laut dan pasir yang menakjubkan juga memanjakan mata, keindahan di dalam lautnya pun tak dapat di pungkiri. Dengan barmacam jenis koral yang berwarna-warni dilengkapi dengan beragam jenis ikan yang hidup di sana.  

Pink Beach menjadi pemandangan yang wajib di lihat bagi pecinta snorkeling. Melakukan snorkeling di pantai Pink Labuan Bajo tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Jika kalian ingin mengabadikan foto yang unik dan berbeda dengan kebanyakan orang, kalian bisa mencoba untuk pengambilan potret di sore hari saat matahari mulai terbenam di hiasi dengan pesisir pantai berwarna pink. 

Kalian juga dapat mengambil potret black light yang akan terlihat bagus jika kalian ingin memposting foto di sosmed terutama di instagram.

Pantai Pink Labuan Bajo bukan hanya diakui sebagai pantai tercantik dan terunik di Indonesia, tapi juga di kanca pariwisata di dunia. Hal ini di buktikan dengan  pantai pink yang di nobatkan sebagai pantai pink tercantik di dunia. Maka tidak heran jika banyak turis dari manca negara datang berlibur ke Flores lalu pergi mengunjungi pantai pink di labuan bajo NTT.

Selain keindahan pantai bersih, pasir pink juga memanjakan mata di sepanjang pesisir pantai dengan latar belakang pemandangan bukit Sabana. 

Jika kalian ingin mengabadikan secara lengkap dan menyeluruh keindahan pantai pink kalian bisa pergi dan naik ke atas bukit Sabana agar mendapatkan posisi yang pas untuk mengabadikan foto untuk di tunjukan kepada kerabat di rumah.

Bagi pencinta pantai, maka pantai pink labuan bajo harus masuk dalam list pantai yang wajib untuk kalian kunjungi. Tidak dapat di pungkiri jika ingin pergi ke kesana tentu membutuhkan banyak biaya dan menghabiskan banyak waktu untuk dapat sampai kesana. 

Di karenakan lokasinya yang berada di bagian timur Indonesia. Tapi semua itu akan terbayar saat kalian melihat secara langsung keindahan pantai bak lukisan hidup di dunia nyata. Karena keindahan pantai yang dijaga dan di lestarikan oleh pemerintah dan masyarakat yang tinggal dan hidup di sana.

Penulis: Thom Fallo







6 comments for "Memburu Fenomena Indahnya Pink Beach Di Labuan Bajo"

  1. Waoo pemandangan pink beach sangatlah menarik dan indah, meskipun hnya di lht dari fto dan di penuhi dengan artikel ini,saya sdh membayangkan bagaimana pemandangan yg lbh jelas😄

    ReplyDelete
  2. Wahh teryata di indonesia bagian timur juga sudah berubah dengan melestarikan pantai dan ini sangat menarik sekali🙏

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata di indonesia bagian timur terdapat pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan.Semoka keindahan Pink Beach Di Laboan Bajo tetap terjaga 🙏🏻

    ReplyDelete
  4. Semoga keindahan pink beach dilabuan bajo tetap terjaga

    ReplyDelete
  5. Wao pantainya sangat menarik dan indah sekali🤗🤗

    ReplyDelete
  6. Wao pemandangannya sangat indah🤗

    Semoga keindahannya tetap terjaga🙏🤗

    ReplyDelete