Warga Sebut Mirip LAPINDO, Semburan Lumpur Dan Gas Ini Muncul Di NTT


Ket Foto. Jefrianus Kenat, Warga Desa Yang Sementara Mengukur Kedalaman Luapan Lumpur dan Gas Mirip Lapindo

Semburan Lumpur dan gas yang keluar dari dalam perut bumi ini terjadi di Taloi, Desa Netemnanu, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Fenomena alam ini memang terlihat agak unik dan aneh bagi warga baru yang melintasi area ini karena jarang terjadi di kebanyakan tempat khususnya di NTT.

Menut cerita warga setempat Jefrianus Kenat, Minggu (1/8/2021) di lokasi ini, bahwa warga desa sekitar sering atau biasanya menyebut nama tempat ini dengan sebutan poto (bahasa dawan) sedangkan dalam bahasa Indonesia Lapindo. (Lapindo;Luapan lumpur dan gas dari perut bumi).

Beberapa warga setempat ketika dihubungi, dengan cerita yang sama bahwa fenomena luapan lumpur dan gas ini yang mirip Lapindo sudah ada sejak puluhan tahun bahkan mungkin ratusan tahun yang lalunya.

Kami lahir dia (luapan lumpur ini) sudah ada memang, tidak tahu ini semburan lumpur dan gas muncul di permukaan tanah tahun berapa, kami juga tidak tahu, tambah Kornelis Kenat (44), Warga Taloi, Desa Netemnanu.

Lapindo yang lazim disebut warga ini, menurut cerita orang tua setempat tidak pernah memakan korban jiwa, namun untuk hewan ternak seperti sapi dan babi ada yang sudah pernah jatuh masuk di dalam lubang yang berukulan besar dengan diameten sekitar 2 meter dan kedalaman sampai 3 meter, tambah jefrianus.

Dari pemukiman penduduk jaranknya sekitar ratusan meter saja. Letaknya yang sangat jauh dari Kabupaten Kupang membuat banyak masyarakat pada umummya yang tidak mengetahui fenomena alam ini. 

Untuk sampai ke tempat ini butuh perjalanan yang panjang dan melelahkan karena jarak tempuh sampai puluhan kilometer.

Bisa dari Kabupaten Kupang, Kabupaten TTU dan Kabupaten TTS. Penulis mengunjungi tempat ini dari Kabupaten TTU melewati Desa Tasinifu, Naekake, Noelelo (Kecamatan Mutis, TTU) dan langsung masuk ke Kabupaten Kupang, tepatnya di Desa Netemnanu.

Semburan lumpur seperti ini juga mirip yang terjadi di Desa Napan, TTU dan Masin Lulik di Kabupaten Malaka. Namun selama ini warga menganggap ini fenomena biasa. 

Semoga ada penelitian ilmiah lebih lanjut mengenai fenomena mirip lapindo mini (sebutan masyarakat sekitar) sehingga memperkaya wawasan masyarakat pada umumnya. 

Penulis: Thom Fallo

Video selengkapnya dapat diklik pada link berikut; https://youtu.be/JenozOjJvAw


Post a Comment for "Warga Sebut Mirip LAPINDO, Semburan Lumpur Dan Gas Ini Muncul Di NTT"