Juara Satu Kontes Ternak Di TTU, Ternyata Sapi Ini Punya Berat Dan Harga Yang Fantastis

Foto: Lasarus Leu Usfomeni, Warga Nunmafo-Insana Dengan Sapinya Yang Memperoleh Juara 1 Kontes Ternak Sapi Di TTU Tahun 2021
Beternak sapi adalah tradisi dan kebiasaan yang sudah membudaya di kalangan masyarakat TTU sejak dahulu kala. 

Secara demografis sebagian besar masyarakat TTU adalah petani dan peternak sapi, sebab ternak sapi adalah produk unggulan masyarakat untuk menopang kebutuhan hidup keluarga dan sapi juga biasanya dipakai untuk upacara adat dan acara lainnya. TTU sejak dahulu kala dikenal sebagai gudang ternak sapi di NTT. 

Sehingga dalam rangka mengembalikan kabupaten Timor Tengah Utara sebagai gudang ternak, Pemda TTU dalam hal ini Dinas Peternakan menyelenggarakan Kontes Ternak Sapi CUP IX Dan Lomba Hijauan Pakan Ternak Tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara yang diselenggarakan di Desa Oepuah, Kecamatan Biboki Moenleu, Senin (9/8/2021).

Dalam ajang kontes tersebut, akhirnya ternak sapi milik Lasarus Leu Usfomeni, warga asal desa Nunmafo, Kecamatan Insana mendapat Juara 1 kelas sapi Cross dengan berat badan 714 Kg jenis Lomosin. Sementara juara 2 berasal dari Manufui dan juara 3 berasal dari faottusi.

Sapi ini kami sudah piara 3 tahun. Hasil dari pelihara sendiri dengan cara paronisasi. Sapi yang juara ini merupakan anak dari induk hasil inseminasi buatan. Sapi ini lahir tanggal 2/7/2018. Jadi umurnya sudah 3 tahun.

Kami sudah paron dia selama 3 tahun. Makanan yang kami kasih setiap hari yaitu kingres, lamtoro, gala-gala, batang pisang dan batang pepaya, ungkap Lasarus ketika dikonfirmasi.

Sapi ini belum pernah ikut kontes tahun-tahun sebelumnya dan baru pertama kali mengikuti kontes tahun ini. Sapi ini banyak orang yang tawar mau beli dan saya lepas dengan harga Rp. 40-50 juta rupiah, jelasnya

Untuk diketahui, karena mendapat juara 1 maka hadiahnya berupa 5 ekor sapi betina bibit yang diberikan langsung oleh Bupati Timor Tengah Utara Drs. Juandi David. 

Penyerahan Hadiah Secara Simbolis Oleh Bupati TTU Drs. Juandi David Kepada Pemenang Lomba Kontes Sapi
Sarus yang akrab disapa pun berterima kasih kepada Pemda TTU khususnya Dinas Peternakan karena dengan adanya kontes ternak sapi ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya petani dan peternak agar lebih bersemangat, sebab selama ini profesi ternak dijadikan sebagai lahan pekerjaan sampingan. Padahal ini bagian dari pekerjaan yang mendapat penghasilan sangat fantastis jika kita serius.

Ia pun berpesan kepada masyarakat agar bekerjalah secara sungguh-sungguh dengan penuh kasih. 

Apapun bentuk pekerjaannya pasti kita akan memperoleh hasil dari apa yang kita kerjakan, intinya punya niat, pasti segala sesuatu yang akan dicapai bisa terwujud. Kesuksesan bukan hal yang mustahil bagi orang yang mau berusaha dan bekerja, tutupnya

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Juara Satu Kontes Ternak Di TTU, Ternyata Sapi Ini Punya Berat Dan Harga Yang Fantastis"