Materi Biologi SMA Kelas XII Tentang Pengertian Dan Jenis-Jenis Metabolisme

Reaksi Fotosintesis Dan Reaksi Respirasi
Anda tentu sudah pernah mendengar atau membaca istilah Metabolisme dalam kehidupan setiap hari. Materi kali ini akan dibahas tentang pengertian metabolisme dan jenis-jenis metabolisme. Materi biologi kelas XII. 

Pengertian Metabolisme

Metabolisme adalah totalitas proses reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Metabolisme meliputi segala aktivitas hidup yang bertujuan agar sel tersebut mampu untuk tetap bertahan hidup, tumbuh dan berkembang serta dapat melakukan reproduksi.

Jadi metabolisme adalah keseluruhan proses kimiawi yang berlangsung dalam tubuh organisme. (dari bahasa yunani "metabole" yang berarti berubah).

Semua sel penyusun tubuh makhluk hidup memerlukan energi yang proses kehidupan bisa berlangsung. Sel-sel menyimpan energi kimia dalam bentuk makanan kemudian mengubahnya dalam bentuk energi lain pada proses metabolisme.

Jenis-Jenis Metabolisme

Metabolisme dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Anabolisme merupakan proses reaksi pembentukan molekul-molekul kompleks dari molekul-molekul yang sederhana. Contoh dari anabolisme yaitu proses fotosintesis. 

Fotosintesis termasuk dalam anabolisme karena terjadi proses pembentukan zat makanan yaitu amilum/glukosa dengan bahan dasarnya air dan karbondioksida.

Reaksi Fotosintesis:

Glukosa/C6H12O6 merupakan molekul kompleks yang terbentuk dari reaksi antara karbondioksida/CO2 dan air/H2O yang merupakan molekul sederhana. Proses reaksi fotosintesis dibantu oleh sinar matahari.

Reaksi anabolisme disebut juga reaksi yang membutuhkan energi (endergonik).

2. Katabolisme merupakan reaksi penguraiaan molekul-molekul kompleks menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana. Contoh dari katabolisme yaitu proses respirasi. 

Reaksi respirasi adalah proses reaksi yang menghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi sederhana yaitu memecah molekul gula menjadi karbondioksida, uap air dan energi.



Katabolisme adalah kebalikan dari anabolisme. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dimetabolisme. Artinya diatur sehingga energi di dalam tubuh kita tetap tersedia. 

Reaksi katabolisme disebut reaksi eksegonik karena terjadi pembebasan energi.

Proses metabolisme di dalam sel melibatkan aktivitas biokatalisator atau katalis biologik yang disebut enzim. Reaksi metabolisme merupakan reaksi invivo (rekasi yang terjadi di dalam sel) yang akan terus berjalan selama sel tersebut masih hidup.

Sementara yang berperan penting sebagai pengatur reaksi-reaksi tersebut adalah Enzim. 

Enzim merupakan senyawa pengatur yang mengoordinasi reaksi-reaksi metabolisme tersebut sesuai dengan organismenya.

Aktivitas metabolisme melibatkan ribuan enzim yang bekerja secara simultan.

Sekian dulu materi singkat tentang pengertian metabolisme dan jenisnya. 

Materi selanjutnya akan dibuat tersendiri tentang Enzim. 

Terima kasih bagi pembaca semuanya.

Teka-teki silang ada pada link berikut TTS Metabolisme

Referensi:, Mediatama, Ririn Safitri. 2016. Buku Siswa kelas Biologi Kelas XII, Peminatan Dan Ilmu-Ilmu Alam Surakarta: Mediatama

Ninik Suspriyati. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XII. Sidoarjo: Masmedia

Sujana, Arman. 2007. Kamus Lengkap Biologi. Jakarta: Mega Aksara

Penyusun: Thom Fallo





10 comments for "Materi Biologi SMA Kelas XII Tentang Pengertian Dan Jenis-Jenis Metabolisme"