Simak Perbedaan Orang JAWA Dan Orang NTT Di Bidang TI

Perbedaan adalah kekayaan. Berbeda-beda tetapi tetap satu. Itulah semboyan Bhineka Tunggal Ika. Namun lebih dari itu kali kita akan mengulas sedikit perbedaan antara orang NTT (Nusa tenggara Timur) dengan Orang Jawa dari sudut pandang kemampuan dan keterempilan Teknologi, Informasi Dan Komunikasi (TIK) serta literasi yang sementara ini kian berkembang karena perkembangan arus globalisasi dan revolusi 4.0

Ini dia beberapa perbedaan yang signifikan dilihat dari beberapa item;

1. Kemampuan Membuat Aplikasi Perangkat Lunak

Aplikasi perangkat lunak adalah sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan. (sumber. wikipedia). Banyak sekali aplikasi-apliaksi perangkat lunak seperti yang ada di ponsel android kita yang ada di play store, kebanyakan buatan atau kreasi anak-anak dari pulau Jawa. 

Seperti;  aplikasi Toko pedia (William Tanuwijaya, Leontinus Alpha Edison, yang kantornya di Jakarta), gojek (Nadiem Makarim, Mendikbud Ristek Dikti RI), dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lain yang merupakan karya anak-anak di pulau Jawa. Aplikasi Flip (Aplikasi untuk transfer antar bank). 

Aplikasi ini dibuat oleh tiga orang alumni Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia atas nama Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar dan Ibnu Sholikin. Ide mereka membuat aplikasi ini yaitu bermula dari pengalaman mereka saling meminjam dan mentransfer uang saat masih menjadi mahasiswa. Aplikasi Ruang guru yang didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara.

Khuhus di NTT ada satu anak muda yang sudah banyak menciptakan aplikasi perangkat lunak di play store, namanya adalah Micky Demitrian Amasanan, pria kelahiran TTU yang suka dengan pemograman android dan belajar secara otodidak. Banyak karya yang dibuat dan dipakai masyarakat TTU,TTS, Malaka dan Kupang. Salah satunya Timor Go yang merupakan salah satu aplikasi jasa transportasi dan masih banyakaplikasi yang digagas olehnya dan beberapa aplikasi dalam bproses setting.

Selain itu juga ada karya anak NTT sebagai penyedia jasa pembuatan website. Banyak sekali website di NTT baik itu sekolah, jurnalis yang menggunakan jasanya. Perusahannya bernama PT. Taramiti Tominuku Creative (Website Developer Indonesia) yang banyak berkarya di NTT. Bagi yang ingin membuat website silahkan menghubunginya. 

2. Youtuber

Seorang youtuber juga dikenal sebagai pembuat konten youtube. Merupakan video grapher yang membuat video untuk situs web berbagi video youtube. Namun untuk youtuber karya anak NTT masih minim. 

Mengapa masih minim? karena kebanyakan youtuber dari NTT lebih terkenal dengan video komedi dan musik. Video komedi yang terkenal itu seperti Kabox, Kaka Duki, dan masih banyak lagi. Sementara youtube musik ada King Entertainment, dll. 

Youtuber gaming pun masih di dominasi dari anak-anak jawa. Ini merupakan kemampuan Skil teknologi yang cukup tinggi dan rumit.

Tetapi jarang kita menemukan karya anak NTT yang membuat konten youtube jenis Tutorial, Inspirasi, Podcast, bisnis, dll. Youtube musik dan komedi pun masih didominasi anak-anak jawa. Juga banyak sekali youtuber cilik yang memiliki subscriber jutaan dan penghasilan youtubenya sampai ratusan juta seperti (Nasya Kaila Nazifah Official Channel, Naisa Alifia Yuriza, dll). Bahkan youtuber dengan subscriber terbanyak se Indonesia adalah Ata Halilintar dari luar NTT dengan jumlah pengikut 27,6 Juta subscriber.

3. Bloger

Blog adalah website atau jurnal online yang berisi informasi dalam bentuk tulisan yang dimuat sebagai posting pada suatu halaman web. Konten atau postingan pada blog seringkali diperbaharui secara berkala. Orang yang menulis di blog disebut blogger. 

Banyak sekali orang Jawa dan sampai hari ini pun mereka masih rajin menulis diblog dan bertanya-tanya tentang cara membuat blog.

Karena sebagain orang yang hoby menulis akan memuat tulisan di blognya dan ada juga yang ingin mencari uang lewat blog. Namun pekerjaan untuk membuat blog tidak gampang. Sangat sulit karena kita harus mampu menulis dan mengoperasikan teknologi dan komputer secara baik. 

Mengapa demikian karena untuk membuat sebuah blog sangat banyak tahap atau langkah-langkahnya yang rumit. Namun jangan pesimis dong, sesuslit apa pun jika berusaha pasti bisa. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan di dunia blog. 

Contohnya blog mas Timon dan sugeng. Masih banyak juga bloger karya orang jawa yang tidak bisa kita hitung. Sementara untuk bloger NTT masih sangat minim.Padalah ini merupakan salah satu lahan pekerjaan yang paling gampang 

4. Penjual Jasa

Banyak sekali jasa-jasa orang jawa yang sering dijua lewat media sosial. Pasarnya adalah Blogger dan Youtuber Indonesia, seperti:

1. Jasa pembuatan website 

2. Jasa pembuatan Blog

3. Jasa Subscribe (di medsos banyak orang jawa yang menjual jasa subscribe untuk youtube, misalnya 500 subscribe dijual 100 ribu, 1000 subscribe 200 ribu dan seterusnya)

4. Jasa jual jam tayang untu Youtube (Aturan youtube adalah 1000 subscriber dan 4000 jam tayang atau nonton. Banyak sekali orang Jawa yang jual jasa jam tayang. Misanya 500 jam tanyang 100 ribu, 2000 jam tayang 500 ribu dan seterusnya) 

5. Jasa backlin website

6. Jasa jual artikel (Artikel tersebut akan dijual pada blogger se Indonesia yang tidak memiliki kemampuan menulis atau yang punya kesibukan lain. Biasanya dijual artikel perkata, misalnya 300 kata, 5000 rupiah, 500 kata 7500 rupiah, 1000 kata 10000 ribu rupiah dan seterusnya.

7. Jasa Jual template Blog (contohnya template Mas Sugeng. Mas Sugeng Jual template blog dari harga 150 ribu rupiah sampai harga tertingg). Ada banyak template blog atau web karya banyak orang jawa 

9. Jual Jasa Hosting Dan Domain (Contonya pada niagahoster, hostiger, idwebhost dll)

9. Jasa Aviliasi (misalnya Kita mempromosi web orang lain di blog atau website kita dan jika ada orang yang membuka web kita dan mau membeli produk tersebut maka kita akan mendapat komisi dari pemilik product tersebut. Mas sugeng juga menawarkan jasa aviliasi template blog dan dibayarkan per bulan).

Dan masih banyak sekali jasa penjualan yang berbasis IT karya orang jawa yang tidak dapat kita sebutkan satu per satu. Tapi beberapa contoh di atas yang nyata dan yang sekarang dilakukan.

Jasa-jasa tersebut jarang kita dapatkan dari anak-anak NTT sebagai solusi unyuk mencari penghasilan tambahan dari bidang teknologi, informasi dan komunikasi dan selain itu juga ini merupakan salah satu alternative mengurangi pengangguran dan mengurangi kemiskinan, menambah lapangan pekerjaan.

Semoga kedepan anak-anak NTT juga bisa seperti yang disebutkan di atas. Jika teman-tman yang membaca tulisan ini dan ingin berdiskusi silahkan berdiskusi yang santun demi kemajuan kita bersama dan Kemajuan generasi Penerus Bangsa Bumi Flobamora NTT dan Indonesia tercinta.

Semoga tulisan ini membuat kita semakin belajar untuk mengasa keterampilan atau skil kita di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Terima Kasih

Penulis; Thom Fallo

4 comments for "Simak Perbedaan Orang JAWA Dan Orang NTT Di Bidang TI"

  1. Mantap Pak👍

    Dengan menjadi seorang Bloger dan Youtuber memang dapat mengurangi pengangguran. Apa lagi di kondisi Covid-19.

    ReplyDelete