Fakta Unik Dan Menarik Tempat Wisata Kelas Dunia Danau Kelimutu

Foto. IG, Genpi_NTT. Danau Kelimutu, Ende-NTT

Negara Indonesia adalah negara luas banyaknya macam pulau. Sangat bersyukur kita berada di negara ini yang merupakan anugerah dari sang pencipta. Yang juga terkenal di Pulau Flores yaitu keindahan alam Danau Kelimutu.

Danau Kelimutu itu danau seperti kawah dan untuk menuju lokasi harus melakukan pendakian Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1631 mdpl. Destinasi wisata yang letaknya di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jika kalian ingin mengunjungi destinasi elok ini, wajib untuk mengetahui terlebih dahulu apa hal  menarik di tempat ini. Sehingga punya bayangan yang nantinya tinggal eksekusi menuju lokasi. Fakta unik dan menariknya seperti berikut ini:

1. Danau Kelimutu biasa disebut Danau Tiga Warna. Kenapa begitu? Karena lebih sering berubah warna pada airnya dan perubahannya berada pada tiga warna saja. Hal ini menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.

2. Danau Kelimutu punya jadwalnya sendiri untuk warnanya berubah. Berubahnya warna air menjelang sekitar bulan Februari hingga Maret. Namun, Kelimutu pernah warnanya berubah akan tetapi tidak seperti biasanya, yang awalnya hijau toska jadi hijau tua dan pernah juga dalam beberapa hari awalnya hijau berubah coklat, kejadian seperti ini sangat langka. 

Peristiwa ini berlangsung pada Desember 2018 lalu. Hal ini disebabkan oleh berubahnya bebaerapa faktor alam baik geologi, aktivitas vulkanik, dan faktor sebab lain oleh hujan sinar matahari. Kejadian ini akan berpengaruh pada perubahan komposisi di kandungan air.

Dari tahun 1915 hingga 2011 Tiwu Ata Polo telah mengalami 44 kali warna airnya berubah. Disebut Tiwu Ata Polo dikarenakan merupakan air di danau yang sering mengeluarkan perbedaan warna.

3. Legenda Warna Danau Kelimutu

Legenda sudah menjadi kepercayaan yang melekat pada masyarakat sekitar. Bukan hanya disini, di daerah lain pun banyak warga yang tetap mempercayai adanya mitos atau legenda.

Menurut yang dipercayai warga sekitar, warna air ini punya artinya sendiri serta warga percaya akan kekuatan alamnya. Biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dipercayai bahwa lokasi ini untuk berkumpulnya arwah orang mati saat usia masih muda.

Merah atau Tiwu Ata Polo dipercaya lokasi berkumpulnya arwah para orang saat masih hidup jahat. Sementara itu putih atau Tiwu Ata Mbupu, dipercaya sebagai lokasi untuk berkumpul arwahnya para leluhur.

4. Upacara adat

Warga sekitar punya kepercayaan bahwasannya Kelimutu itu wilayah keramat yang sudah memberikan kesuburan tanah sekitar. Demikianlah itu daerah ini sering melakukan upacara adat serta memberikan persembahan. Yang diberikan dalam bentuk hasil bumi yang ditujukan kepada arwah di danau itu.

Danau Kelimutu bisa dikunjungi oleh para wisatawan dari pukul 05.00 hingga 18.00 WITA. Waktu tersebut merupaka waktu terbaik menyaksikan keindahan danau. Karena jika mendaki dan sampai disan malam hari, keelokan danau tak nampak. Kalian juga bisa datang pagi hari jika ingin menyaksikan sunrise. Sinar matahari membuat air danau lebih memancarkan cahaya keindahannya.

Untuk dapat menikmati keindahan Danau Tiga Warna kalian perlu mempersiapkan diri dalam perjalanan. Akses menuju ke lokasi danau dapat ditempuh perjalanan 45 kilometer dari Ende. Dan dilanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 30 menit dari perkampungan untuk sampai di gerbang Taman Nasional. 

Harga tiketnya pun ditawarkan berbeda untuk domestik dan mancanegara. Wisatawan domestik dengan biaya tiket masuk 20 ribu per kepala dan dari mancanegara 150 ribu per kepala. Dengan membayar tiket segitu terbilang murah terlebih pemandangan yang disuguhkan pun juga tidak kalah cantik. 

Penulis; Thom Fallo

21 comments for "Fakta Unik Dan Menarik Tempat Wisata Kelas Dunia Danau Kelimutu"

  1. Wao airnya sangat jernih dan indah pemandangapemandangannya🤗

    ReplyDelete
  2. Danau Kelimutu itu danau kawah dan airnya sangat jernih🤗

    ReplyDelete
  3. Danau kalimutu airnya jernih dan disana pemandangannya sangat indah

    ReplyDelete
  4. Danau Kelimutu sdh termasuk objek wisata terfavorit di NTT

    ReplyDelete
  5. Pemandangan di danau kalimutu sangat indah dan airnya jernih

    ReplyDelete
  6. Danau kelimutu sangat indah dan sangat menarik😊

    ReplyDelete
  7. Danau Kelimutu sangat indah pemandangannya

    ReplyDelete
  8. Danau kelimutu sangat indah pemandangannya🤩

    ReplyDelete
  9. Danau kelimutu sangaat indah....Semoga danau kelimutu menjadi salah satu objek wisata

    ReplyDelete
  10. Danau Kelimutu sangat indah pemandangan

    ReplyDelete
  11. Wow sangat indah pemandangannya😊

    ReplyDelete
  12. Wow ..danau Kalimutu pemandangannya sangat indah dan semoga kedepannya lebih menarik lagi dan byk pengunjung nya 😇

    ReplyDelete
  13. Danau kalimutu pemandangannya bagus sekali🤗

    ReplyDelete
  14. Danau kelimutu pemandangannya sangat indah dan menarik tidak itu saja danau kelimutu juga biasanya berubah warna pada airnya, hal ini yg membuat banyak yang mengunjungi danau kelimutu.

    ReplyDelete
  15. Wow..Danau kelimutu pemandanganya sangat indah dan menarik.

    ReplyDelete
  16. Wow keren banget pemandangan Danau Kelimutu.

    ReplyDelete
  17. Danau Kelimutu NusaTenggaraTimur NTT😇

    ReplyDelete
  18. Danau kelimutu pemandangan sangat indah

    ReplyDelete
  19. Pemandangan Danau Kelimutu sangat indah sekali 🤗

    ReplyDelete
  20. Pemandangan Danau Kelimutu sangat indah dan airnya sangat jernih😇

    ReplyDelete
  21. Wow pemandangannya sangat bagus dan airnya sangat jernih😇

    ReplyDelete