Bukit Tuamese, Taman Indah Di Ketinggian Yang Bikin Terpesona

Ket Foto. Bukit Tuamese, TTU-NTT
Bukit Tuamese adalah salah satu destinasi wisata unggulan yang terletak di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Lokasinya wisata ini berdekatan dengan objek wisata lainya yang sangat menarik, sebut saja Pantai Wini, Pantai Benteng Oesoko, Pantai Tanjung Bastian PLBN Wini dan wisata di Resort Marjon Wini yang juga punya keindahan pantai tersendiri. 

Keindahan dan pesona alamnya Bukit tuamese memang tidak diragukan, sampai-sampai masyarakat setempat dan pengunjung menjulukinya sebagai Raja Ampat-nya NTT dan Labuan Bajo-nya TTU.

Berdasarkan jenisnya, wisata ini merupakan kombinasi elok wisata pantai dan wisata alam. Tempat Wisata Bukit Tuamese dengan background bekas tambak garam yang luas dengan panjang pantai yang indah, selalu saja menggoda dan menghipnotis mata masyarakat karena pemandangan bukit dari ketinggian yang eksotis sehingga membuat banyak orang kagum dan terpesona.

Ket Foto. Spot Foto Di Puncak Bukit Tuamese

Menurut cerita warga setempat tentang Bukit Tuamese, tempat wisata ini terdiri dari bukit-bukit kecil, yang lazim namanya disebut bukit anggur. Di atas bukit ini juga terdapat pohon-pohon kecil dan rumput yang semakin mempercantik ekosistem saat anda hendak berfoto. 

Ketika anda sudah berada di puncak maka anda bisa menikmati hamparan tambak garam yang berubah seperti danau kecil dan di bagian barat anda juga bisa menikmati panjang dan luasnya laut biru dengan ribuan pohon lontar.

Untuk sampai ke Wisata Bukit Tuamese, jika anda dari pusat kota Kefamenanu, TTU jaraknya sekitar 87 Km, dari pusat kota Atambua, Belu sekitar 35 km, dari kota Betun, Malaka sekitar 96 Km, dari kota Soe, TTS sekitar 173 Km dan dari kota Kupang sekitar 281 Km. Ke tempat ini bisa menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Jika menggunakan pesawat maka dari bandara El Tari Kupang menuju Bandara A.A. Bere Tallo Atambua, lalu dari kota Atambua menuju ke tempat tersebut menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Bisa juga menggunakan kapal laut karena tempat ini berada di dekat pantai sehingga bisa berlabuh di pelabuhan laut Wini, Insana Utara, atau pelabuhan laut Atapupu, Belu.

Ketika sampai di Pusat Kecamatan Biboki Anleu, Ponu maka anda akan berjalan lagi menyusuri masuk ke titik lokasi sekitar 4 Km melewati jalan tanah, bebatuan dan kalau pada musim hujan tentunya banyak genangan air di sepanjang jalan, dan saat musim kemarau tentunya pasti berdebu sehingga disarankan untuk anda agar selalu menggunakan masker dan reben.

Saat tempat wisata ini diekspos ke media sosial, warganet pun berkomentar bahwa tempat ini adalah Raja Ampat Papuanya Di TTU  dan Pulau Padar, Labuan Bajonya yang ada di TTU. Ya, ini menurut kacamata warganet.

Ket Foto. Puncak Bukit Tuamese

Jika anda punya rencana untuk berlibur ke Kota Kefamenanu dan Atambua, silahkan mampir ke tempat ini, jangan khawatir akan keindahannya. 

Jika anda ingin mendapat suasana berfoto di pagi hari atau sore hari dan ingin menginap memang di tempat terdekat maka ada tempat penginapan terdekat yaitu Resort Marjon yang ada di Wini, Insana Utara. Jaraknya sekitar 20-an km saja. Memiliki fasilitas yang memadai dan membuat anda nyaman untuk bersantai sambil menikmati sajian wisata di pantai utara.
Resort Marjon Beach-Wini-Timor

setelah itu Ketika tiba di Pintu Masuk Wisata Bukit Tuamese, kita akan diarahkan oleh penjaga untuk memarkir kenderaan kita agar aman,kita dipersilahkan untuk mencuci tangan karena situasi Covid, dan setelah itu barulah kita naik ke puncak bukit Tuamese.

Kita akan naik ke puncak bukit melewati tangga dengan jumlah anak tangga sampai ke atas sebanyak 135 anak tangga dengan pagar besi di samping kiri dan kanan tangga. 

Lampu untuk penerangan berjumlah 3 tiang lampu dengan energi lampu bersumber dari tenaga surya. Tiga buah tiang lampu, 1 berada di bawah, bagian tengah dan puncak. Jadi kalau pada malam hari tidak ada penerangan. Kita bisa berlama-lama di puncak bukit.

Ket Foto. Spot Foto Di Bukit Tuamese

Pengunjung selalu datang setiap harinya. Tetapi lebih ramai pengunjungnya pada hari sabtu dan minggu karena merupakan akhir pekan dan hari libur. Dari anak kecil sampai orang dewasa selalu berkunjung ke tempat ini untuk berfoto-foto dan berekreasi. 

Untuk masuk ke lokasi bukit Tuamese tidak dipungut karcis atau tiket alias gratis tanpa bayar. Masyarakat sekitar pun sangat ramah ketika ada wisatawan atau pengunjung yang datang. 

Tunggu apalagi, silangkan luangkan waktumu untuk memperoleh kebahagian bersama keluargamu karena pesona alam dan spot foto baru telah hadir di puncak Wisata Bukit Tuamese. 

Video selengkapnya dapat ditonton pada link berikut Wisata Bukit Tuamese

Penulis; Thom Fallo


10 comments for "Bukit Tuamese, Taman Indah Di Ketinggian Yang Bikin Terpesona "


  1. semoga Semua tempat wisata diIndonesia Khususnya NTT sllu menjaga kelestariannya agar keindahannya dpt terjaga🙂

    ReplyDelete
  2. Semoga pariwisata di NTT semakin maju dan berkembang 🙏

    ReplyDelete
  3. Semoga pariwisata di NTT semakin maju dan berkembng

    ReplyDelete
  4. Semoga pariwisata di NTT semakin berkembang

    ReplyDelete
  5. Semoga pariwisata ini semakin maju dan berkembang

    ReplyDelete
  6. Pemandangannya sangat indah sekali🤗Dan juga ada tempat² istirahat kesempatan kita untuk fto pemandangannya😇😇

    ReplyDelete
  7. Semoga pariwisata ini semakin maju

    ReplyDelete
  8. Semoga tempat Wisata di NTT tetap terjaga keindahannya dan semoga tempat wisata di TTU semakin maju dan berkembang.🙏

    ReplyDelete
  9. Semoga tempat wisata ini semakin maju dan banyak di dtangi pengunjung dari luar

    ReplyDelete
  10. Semoga tempat wisata ini semakin maju dan banyak di dtangi pengunjung dari luar

    ReplyDelete