SMAN Insana Barat Juara Festival Cerita Rakyat Tingkat SMA Se-Kab TTU

 

Ket Foto. Para Juara Festival Cerita Rakyat TTU Tingkat SMA.  Juara I SMAK Fides Quaerens Intellectum, Juara II SMAN Manufui, Juara III SMAN Insana Barat

Kefamenanu-Pengumuman hasil festival cerita rakyat tingkat SMA Se-kabupaten Timor Tengah Utara membawa kabar gembira bagi komponen sekolah SMAN Insana Barat karena memboyong juara yang tidak disangka-sangka.

SMAN Insana Barat Juara III lomba cerita rakyat antar SMA yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan ini dilaksanakan di Laat Manekat, Noemeto Jumat (28/4/2021) dengan mengusung tema” Melalui Festival Cerita Rakyat Timor Tengah Utara Tahun 2021, Kita Memelihara Dan Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Timor Tengah Utara.

SMAN Insana Barat, salah satu sekolah peserta dari 20 sekolah yang ikut mendaftar ulang dalam laga ini memperoleh hasil yang memuaskan dengan mendapat juara III, sementara juara I berasal dari SMAK Fides Quaerens Intellectum, dan juara II SMA Negeri Manufui, Biboki Selatan.

Aprilia Indah Oemenas, siswa kelas XI MIPA 1 SMAN Insana Barat selaku peserta yang mendapat juara III ini menceritakan cerita rakyat yang berasal dari kampungnya sendiri yaitu Sejarah Batu Lansese yang berada di Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, TTU.

Ini cerita rakyat yang diikutsertakan dalam festival https://www.mimpiintt.com/2018/12/sejarah-batu-lansese-di-ttu-ntt.html

Awalnya ada rasa gugup juga ketika sudah di sana, tapi ibu guru pendamping kasih semangat sehingga saya jadi percaya diri. Saya selalu ingat pesan dan peraturan lomba bahwa harus ada penguasaan materi, jadi saya usahakan percaya diri dan menampilkan sesuai kemapuan saya, pungkasnya.

Lebih lanjut Indah yang akrab disapa mengungkapkan bahwa saat juri hendak membacakan pengumuman hasil lomba itu ada perasaan takut, jantung berdebar, bercampur penasaran, kira-kira saya bisa tidak mendapat juara. Tapi ketika dibacakan dan nama saya disebut, seketika itu juga saya senang sekali, akhirnya usaha saya tidak sia-sia. Semoga ke depannya kita bisa terus berpartisipasi dan berkreasi sehingga bisa lebih baik.

Remigius Sanit, S.Pd Selaku Kepala SMAN Insana Barat merasa bahagia dengan pencapaian ini. Ini luar biasa, SMAN Insana Barat bisa masuk dalam 3 besar. Terima kasih kepada guru pendamping  Maria Apriyanti Naikofi, S.Pd yang telah membimbing siswa/i kita, dan juga kepada siswa yang menjadi peserta sehingga kita bisa berkompetisi dengan sekolah lain dan mendapat juara III.

Tetap semangat berliterasi, semoga kalian bisa sukses di masa depan dengan giat belajar dan mengasa ketrampilan karena kalian adalah pengganti kami generasi penerus bangsa, tutupnya.

Penulis; Thom Fallo


8 comments for "SMAN Insana Barat Juara Festival Cerita Rakyat Tingkat SMA Se-Kab TTU"

  1. Tetap semangat dan sukses kedepannya

    ReplyDelete
  2. Congratulations adik indah oemanas Yg sudah berusaha untuk membawakan lomba cerita rakyat dan sudah membawa nama sekolah kita SMA NEGERI INSANA BARAT😊👍

    ReplyDelete
  3. Selamat untuk adik indah oemanas

    ReplyDelete
  4. Waoo selamat ya buat adik Indah yang sudah berani tampil dan memenangkan lombanya😊👏👌Semoga Sman Inbar tetap maju trsss💪💪

    ReplyDelete
  5. Selamat indah telah mendapatkan juara 3. Dan mengharumkan nama sekolah kita SMA N Inbar.

    Pak Aprilia lndah Oemanas kelas X bukan XI

    ReplyDelete