Materi Biologi SMA Ruang Lingkup Biologi

 

Hai sobat, kali ini saya akan memberikan bahan ajar kelas X semester I dengan topik materi tentang Ruang Lingkup Biologi. Semoga materi singkat ini dapat membuka pemahaman adik-adik tentang apa itu biologi dan apa sih manfaat kita mempelajari ilmu biologi dalam kehidupan kita setiap hari.

Artikel biologi Kelas X kali ini akan mengulas tentang Ruang Lingkup Biologi KelasX dan sub materinya antara lain Karakteristik umum sains, kedudukan biologi dengan ilmu lain, pengertian biologi, cabang-cabang ilmu biologi, tingkat organisasi makluk hidup dan manfaat mempelajari ilmu biologi.

Kita langsung masuk ke materinya ya!

Kompetensi Dasar: Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja

A. Karakteristik Umum Sains

Biologi termasuk dalam ilmu sains. Sains menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu 1, Ilmu pengetahuan pada umumnya, 2. Pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik, termasuk dalamnya botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya, 3. Pengetahuan sistematis yang diperoleh dari sesuatu observasi, penelitian, dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari, dan sebagainya

Ciri-ciri ilmu pengetahuan SAINS yaitu:

1. Objek kajian berupa benda konkrit dan dapat ditangkap indera

2. Memiliki langkah-langkah yang sistematis

3. Pengembangannya berdasarkan pengalaman empiris (pengalaman nyata)

4. Hasilnya berupa hukum-hukum yang berlaku umum, dimanapun dapat diberlakukan

5. Produknya bersifat objektif atau apa adanya dan terhindar dari kepentingan pelaku (subjektif)

6. Menggunakan cara berpikir logis yang bersifat deduktif artinya dengan menarik suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum.

B. Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Ilmu pengetahuan yang berkembang diibaratkan sebagai pohon yang tumbuh membesar dan bercabang sehingga pohon tersebut semakin rimbun dan akan berkomunikasi dengan pohon yang lain.

Biologi mempunyai banyak cabang ilmu dan mempunyai hubungan dengan disiplin ilmu lain

Cabang ilmu biologi yang merupakan terapan dengan ilmu lain seperti:

1. Biokimia: proses kimia dalam sistem kehidupan

2. Biofisika: proses fisika dalam sistem kehidupan

3. Bioteknologi:  mengkaji teknologi yang memanfaatkan organisme hidup

4. Paleontologi: perkembangan sejarah kehidupan berdasarkan catatan fosil

5. Biomedik: ilmu yang mempelajari tentang gizi

Cabang-Cabang Ilmu Biologi;

1. Anatomi: Ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh bagian dalam makluk hidup

2. Morfologi: Ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh bagian luar makluk hidup

3. Fisiologi: Ilmu yang mempelajari tentang fungsi alat-alat tubuh makluk hidup

4. Bakteriologi: Ilmu yang mempelajri tentang kehidupan bakteri

5. Mikrobiologi: Ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme

6. Mikologi: Ilmu yang mempelajari tentang Jamur

7. Paleontologi: Ilmu yang mempelajari tentang fosil

8. Parasitologi: Ilmu yang mempelajari tentang parasit dan kehidupannya

9. Patologi: Ilmu yang mempelajari patogen atau penyakit dan permasalahannya

10. Sanitasi: Ilmu yang mempelajari tentang kebersihan lingkungan

11. Sitologi: Ilmu yang mempelajari tentang sel

12. Zoologi: Ilmu yang mempelajari tentang hewan

13. Virologi: Ilmu yang mempelajari tentang Virus

14. Terasologi: Ilmu yang mempelajari tentang cacat janin sejak berada dalam kandungan

15. Onkologi: Ilmu yang mempelajari tentang Kanker

16. Histologi: Ilmu yang mempelajari tentang jaringan

17. Higiene: Ilmu yang mempelajari tentang cara-cara pemeliharaan kesehatan pada manusia

18. Genetika: Ilmu yang mempelajari tentangp penurunan sifat dan induk kepada anak

19. Evolusi: Ilmu yang mempelajari tentang perubahan bentuk makluk hidup dari yang sederhana menjadi bentuk yang kompleks

20. Ornitologi: Ilmu yang mempelajari tentang burung

21. Botani: Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan

22. Agronomi: ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya

23. Algologi: ilmu yang mempelajari tentang alga/ganggang

24. Biologi molekuler: ilmu yang mempelajari tentang biologi molekul

25. Farmakologi: ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan

26. Taksonomi: Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makluk hidup

C. Pengertian Biologi

Biologi merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang membahas khusus tentang makluk hidup. Apa itu makluk hidup, nanti akan dijelaskan pada topik berikutnya agar membuka wawasan berpikir kita tentang makluk hidup dalam kehidupan kita setiap hari.

Biologi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari dua kata yaitu bios dan logos. Bios artinya hidup dan logos artinya ilmu. Jadi secara umum, biologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Kehidupan itu sendiri adalah makluk hidup. Makluk hidup itu terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme.

Mikroorganisme itu adalah salah satu jenis makluk hidup kecil yang hanya bisa dilihat oleh alat bantu mikroskop. Mikroorganisme tidak bisa dilihat oleh mata manusia karena ukurannya yang sangat kecil.

Baca; Ciri-ciri makhluk hidup https://www.mimpiintt.com/2021/04/ciri-ciri-makluk-hidup.html

D. IPTEK Dalam Perkembangan Biologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat penting dalam perkembangan ilmu biologi. Manfaatnya antara lain;

1. Makluk hidup bisa lebih gampang mengenali, mengetahui dan mempelajari seluk beluk ilmu biologi

2. Dapat dengan mudah mengakses informasi tentang ilmu biologi

3. Mempermudah kerja-kerja ilmu bilogi

E. Tingkat Organisasi Makluk Hidup

Tingkat organisasi makhluk hidup dari yang paling rendah sampai paling tinggi yaitu;

1. Molekul merupakan: penyusun sel yang berupa lemak, protein, karbohidrat dan air. 

2. Sel merupakan bagian terkecil yang menyusun tubuh makluk hidup. Sel tersusun atas tiga bagian utama yang penting yaitu membaran sel, sitoplasma dan inti sel (nukleus). Di sitoplasma terdapat organel sel  contohnya mitokondria, ribosom, kloroplas, vakuola dan sentriol.

3. Jaringan merupakan: Kumpulan sel-sel dengan struktur dan fungsi yang sama dan saling bekerja sama. Jaringan ditemukan pada organisme bersel banyak (multiseluler). Jaringan pada hewan seperti jaringan epitel dan saraf sedangkan jaringan pada tumbuhan seperti jaringan epidermis dan jaringan pengangkut.

4. Organ merupakan: Kumpulan dari beberapa jaringan yang bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Contohnya: Organ jantung untuk memompa darah, paru-paru untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida, telinga untuk mendengar. Organ pada tumbuhan contohnya daun untuk pertukaran gas dan fotosintesis, bunga untuk perkembangbiakan, akar untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah.

5. Sistem organ merupakan: kumpulan dari berbagai macam organ yang melakukan fungsi dan tugas terterntu dan saling berhubungan. Contohnya sistem organ pernapasan terbentuk dari kerja sama antara organ hidung, faring, laring, trakea, bronkus dan paru-paru.

6. Organisme atau individu merupakan: Makluk hidup tunggal (sendiri). Contohnya sebatang tanaman mawar, seekor sapi, seorang manusia.

7. Populasi merupakan: Kumpulan individu-individu sejenis yang mendiami suatu tempat tertentu. Contohnya banyak murid yang ada di sekolah adalah kumpulan dari banyak manusia, kumpulan rumput yang ada di sekolah dinamakan populasi rumput.

8 Komunitas merupakan kumpulan populasi yang menempati suatu wilayah dan saling  berhubungan atau berinteraksi. Contohnya Komunitas Sawah ada interaksi antara sapi, manusia dan rumput atau padi

9. Ekosistem merupakan: suatu kesatuan makluk hidup dengan lingkungannya. Makluk hidup itu komponen biotik dan lingkungan komponen abiotik.Contohnya Ekosisten sawah, hutan bakau, padang rumput

10. Bioma merupakan satu komunitas utama di dunia yang diklasifikasikan berdasarkan vegetasi dominan dan ditandai dengan adaptasi organisme terhadap lingkungan suatu habitat tertentu. Jadi penamaan bioma berdasrkan vegetasi dominan yang terdapat di sana. Contohnya bioma tundra, bioma taiga, bioma hutan gugur, bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput (stepa), bioma padang pasir (gurun), bioma sabana, bioma hutan bakau (mangrove) dan bioma hutan lumut. 

F. Manfaat Mempelajari Ilmu Biologi

Biologi sangat bermanfaat dalam kehidupan kita setiap hari. Sebagai ilmu pengetahuan, biologi tidak berdiri sendiri melainkan erat hubungannya dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang lain, bahkan sangat besar peranannya bila dikaitkan dengan kebutuhan manusia. Berikut ini disajikan manfaat dari ilmu biologi yaitu:

1. Bidang Pertanian; Penemuan bibit unggul dari berbagai jenis tanaman, Pembuatan pupuk organik, Pemberantasan hama secara biologis, dari rekayasa genetika produktifitas pangan dapat meningkat.

2. Bidang Peternakan; Penemuan berbagai varietas hewan unggul (kawin silang, inseminasi buatan), peningkatan produksi ternak, pembuatan makanan ternak dan mengoptimalkan produksi ternak.

3. Bidang Kedokteran dan farmasi; Penemuan antibiotik yang dihasilkan oleh mikroorganisme, pembuatan serum, pembuatan antibodi, penanganan operasi pembedahan, mengetahui berbagai macam gangguan yang terjadi pada tubuh, memperbaiki atau mengganti alat tubuh yang rusak.

4.Bidang Perikanan; pelestarian terumbu karang, budi daya ikan dalam usaha pelestarian ekosistem pelestariannya.

5. Bidang industri; Penemuan serat sutra alam atau kapas, penerapan Biologi pada industri makanan (fermentasi), pengolahan limbah industri

6. Bidang Farmasi; Penemuan berbagai vaksin dan obat untuk penyakit, inventarisasi hewan atau tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan.

7. Bidang sosial; Tes DNA jika ada kasus perebutan anak, mengecek sampel darah atau jaringan di tempat kejadian perkara.

Sekian dulu sobat materi tentang Ruang Lingkup Biologi. Untuk materi lanjutan tentang Metode Ilmiah Dan Prinsip Keselamatan Kerja Di Laboratorium dapat dibaca pada artikel berikutnya. Terima kasih semuanya. Salam Merdeka Belajar!

Model permainan biologi ruang lingkup biologi yaitu Teka Teki Silang dapat diklik pada link berikut Teka-Teki Silang Ruang Lingkup Biologi

KLIK VIDEO TTS Biologi Materi Ruang Lingkup Biologi

Video TTS Ruang Lingkup Biologi, Cabang Biologi Dan Metode Ilmiah

Sumber:  Artikel ini dirangkum dari berbagai macam literatur dan sumber.

Penyusun: Hubertus Thomas Fallo, S.Pd

Daftar Pustaka;

Nunung, Nurhayati. 2013. Biologi Untuk. SMA/MA Kelas X Peminatan. Bandung. Yrama Widya

Drs. Arman, Sujana. 2007. Kamus Lengkap Biologi. Jakarta. Mega Aksara

12 comments for "Materi Biologi SMA Ruang Lingkup Biologi"