Teka-Teki Silang Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

 

Ket Foto: Bagan Teka-Teki Silang (TTS) Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia 

Hai sobat IPA Biologi SMA. Materi kali ini saya akan memberikan dalam brntuk permainan biologi yaitu Teka-Teki Silang (TTS) Biologi Kelas XI SMA dengan materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia. TTS Biologi Materi Biologi untuk SMA kelas XI semester II. 

Teka-Teki Silang SistemPencernaan Makanan Pada Manusia ini disusun sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang diajarkan pada peserta didik kelas XI semester II. 

Semoga Teka-Teki Silang Kelas XI Biologi ini dapat berguna bagi anda pembaca semua yang budiman dan khususnya bagi peserta didik agar dapat meningkatkan kompetensinya dalam ilmu biologi.

Teka-Teki Silang Biologi ini didesain dengan model permainan sehingga dalam proses belajar mengajar biologi di kelas peserta tidak jenuh dan semoga dapat meningkatkan literasi bagi peserta didik di sekolah. Jumlah pertanyaannya ada 20 dengan metode pertanyaan mendatar 10 nomor dan menurun 10 nomor. Jadi ada 20 pertanyaan yang harus diisi sobat sekalian.

Ayo, kita mulai belajar sambil bermain ya! 

Mendatar

1. Bahan-bahan penting berupa nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari

3. Kelenjar yang berwarna keputihan, terbentuk dari usus dua belas jari dan terletak di bawah permukaan lambung

4. Ensim untuk menggumpalkan kasein dalam susu

5. Usus dua belas jari

6. Usus penyerapan

12. Kelenjar yang berfungsi untuk melarutkan makanan, memudahkan penelanan, dan melindungi selaput mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa

13. Zat makanan mikro

16. Pergerakan yang cepat dari materi tinja sepanjang usus besar

17. Ensim untuk memecah protein menjadi pepton

19. Zat makanan makro

Menurun

2. Usus buntu

7. C6H12O6

8. Asam klorida

9. Ensim untuk mencerna lemak

10. Poros usus

11. Usus tebal

14. Alat untuk mengunyah, memotong dan merobek makanan

15. Esofagus

18. Usus kosong

20. Alat pengecap

Sekian pertanyaan pada Teka-Teki Silang Biologi SMA dengan Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia untuk Kelas XI.

Kesimpulan Singkat

Zat makanan adalah bahan-bahan penting berupa nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari. Zat makanan dibagi menjadi 2 jenis yaitu zat makanan makro (Karbohidrat, lemak, protein dan air) sedangkan zat makanan mikro (Vitamin dan Mineral).

Alat pencernaan makanan pada Manusia terdiri dari; Mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar. Usus besar terdiri atas: Caecum, colon dan rectum. Usus halus terdiri atas; usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerapan. 

Pencernaan makanan di usus halus dibantu oleh kelenjar pankreas. Pencernaan makanan di lambung terjadi secara kimiawi dibantu oleh enzim-enzim (HCL, Pepsin, Lipase, Renin). Gigi dan lidah merupakan alat bantu pencernaan yang ada di dalam mulut. Salah satu kelainan penyakit pada sistem pencernaan manusia yang sering kita alami yaitu diare.

Semoga Teka-Teki Silang Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Biologi SMA Kelas XI dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih

TTS Sistem Pencernaan Makanan

Untuk kunci jawabannya ada pada link berikut:

Kunci Jawaban TTS Biologi

Silahkan klik link kunci jawaban di atas untuk mendapatkan kunci jawaban dari setiap teka-teki silang biologi atau menghubungi admin di

Email: thom.fallo@gmail.com

Contact person + WA 082144924535

Halaman Facebook: Mimpi NTT

Youtube: Mimpi NTT Channel

Penulis: Thom Fallo

Sumber Referensi: Ririn Safitri, DKK. 2016.Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta.Mediatama




15 comments for "Teka-Teki Silang Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia"