Guru Di NTT Terima Gaji dari Google, Inilah Motivasinya

 

Saya Hubertus Thomas Fallo, S.Pd salah satu tenaga pengajar di SMA Negeri Insana Barat, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang selama ini selain melaksanakan tugas pokok saya sebagai pendidik, juga mengasa kreatifitas dengan membuat blog dan youtube. 

Memang jarang sekali guru yang suka menulis di blog dan membuat video di youtube sampai menerima gaji dari google karena pekerjaannya yang begitu sulit dan membutuhkan ilmu yang tinggi.

Motivasi Saya

Dalam dunia pendidikan di era revolusi 4.0 blog dan youtube merupakan media yang sangat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. 

Blog dan youtube memudahkan bagi siapa saya untuk mendapatkan informasi tanpa harus bersusah payah mencari buku.

Selain hobi, motivasi awal saya adalah karena saya adalah seorang guru maka untuk mendukung program literasi dan mengembangkan kegiatan literasi di sekolah serta memotivasi siswa/i maka saya membuat platform blog dan youtube di google.

Beberapa motivasi saya membuat blog dan youtube yaitu antara lain;

1. Menggerakkan literasi di sekolah berbasis digital di era milenial

2. Sangat mendukung aktifitas proses belajar mengajar di sekolah karena dapat menyimpan materi pelajaran secara online dan offline

3. Sebagai sumber belajar di sekolah

4. Menyalurkan kreatifitas menulis bagi siswa dan masyarakat umum lainnya

5. Media informasi yang berbasis inspiratif

6. Media penyampai informasi dari guru kepada siswa

7. Sebelum mendidik siswa saya harus tahu ilmunya dulu sehingga menjadi teladan bagi siswa untuk belajar

8. Blog dan youtube dapat menghasilkan uang

Awal mulanya saya membuat mading kelas dan tabloid yang dicetak seperti buku lalu dijual namun berat untuk saya teruskan karena kerjaannya begitu repot dan memakan waktu dan tenaga yang banyak. 

Agar tulisan-tulisan saya bisa dibaca publik maka mading dan dan tabloid saya ganti dengan blog. 

Alamat blog saya yaitu www.mimpiintt.com  dirintis sejak 19 Nopember 2017 dan sampai hari ini memuat 263 artikel sedangkan youtube dengan nama channel Mimpi NTT dirilis mulai pada 26 Juni 2018 dan memiliki 205 content video yang dipublikasi. 

Blog dan youtube yang saya buat kemuadian saya daftar ke google adsense untuk program periklanan. Akhirnya situs blog dan youtube saya diterima google.

Belajar sambil berproses, banyak sekali kegagalan yang saya alami, namun dari kegagalan tersebut saya belajar untuk memecahkan kegagalan atau masalah tersebut dengan mencari solusi. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut saya belajar juga dari google. Artinya belajar dari google dan dapat penghasilan dari google. Enakkk kan?

Dan akhirnya saya mencapai pada titik puncak yaitu saya bisa berkomunikasi dengan tim google sehingga akhirnya saya mendapat gaji dari hasil blog dan youtube saya. Saya juga tidak tahu tim google ini di mana dan siapa karena komunikasinya lewat gmail dan website.

Guru Terima Gaji Dari Google

Saya menerima gaji dari Google Adsense karena saya berpartner dengan google lewat usaha atau kerja sebagai blogger dan youtuber.

Dari hasil kreatifitas saya ini padaKamis (22/4/2021) pukul 11.24 menit ada pesan sms banking masuk ke saldo rekening bank BRI sejumlahRp. 1.424.855, karena syarat google membayar partnernya adalah penghasilan total minimal Rp. 1.300.000.

Gaji yang diperoleh sebenarnya bukan milik saya sendiri sehingga saya memutuskan uang yang ada di bank tetap tersimpan rapi dan belum dilakukan penarikan untuk digunakan secara pribadi.

Saya berencana untuk uang tersebut diambil dan diputar dengan cara membuka usaha kecil sehingga hasil dari keuntungan tersebut bisa membalas jasa-jasa para kontributor (siswa, teman guru, dan teman-teman lainnya) dan juga bisa membantu siswa/i yang kekurangan jika kedepannya penghasilan saya dari blog dan youtube besar.

Banyak yang minta pulsa dan minta traktir makan tapi saya menolak. Kalau kita ambil lalu isikan pulsa dan traktir maka uang tersebut akan habis seketika dan tidak ada hasil atau tanda mata. 

Minggu (25/4/2021) saya isikan pulsa buat siswa saya atas nama Maria Magdalena Neno, kelas XII MIPA SMAN Insana Barat karena selama ini siswa ini juga berkontribusi untuk menulis artikel yang dimuat di blog. Uang untuk isi pulsa buat siswa tersebut di peroleh dari keuntungan saya putar uang atau gaji saya dari google.

Bagi siswa/siswi lain bersabar pasti akan saya isikan pulsa buat kalian.

Pengalaman Belajar Menjadi Blooger Dan Youtuber

Saya belajar selama empat tahun untuk membuat blog dan tiga tahun membuat  youtube dan akhirnya saya lulus karena tahap terakhir nya adalah google membayar saya. 

Saya kemudian menyimpulkan bahwa saya punya ilmu tentang blog dan youtube untuk kemudian bisa diajarkan atau dibagikan kepada siswa/i saya untuk mengembangkan diri.

Itulah motivasi awal saya karena saya sebagai seorang guru maka selain saya mengajar spesifikasi ilmu saya, ada juga ilmu-ilmu pengetahuan umum kekinian  yang harus saya pelajari untuk bagikan kepada siswa saya agar kelak bisa menggunakan ilmu tersebut untuk hidup.

Semoga ilmu ini saya bisa bagikan kepada siapa saja yang membutuhkan dan terutama kepada siswa-siswi saya sebagai generasi penerus bangsa, dan juga karena ilmu ini di daerah saya khususnya TTU dan NTT umumnya jarang orang buat apalagi di kalangan guru dan siswa. 

Penulis: Thom Fallo



12 comments for "Guru Di NTT Terima Gaji dari Google, Inilah Motivasinya"