Pantai Wini Destinasi Wisata Andalan Bagi Wisatawan Di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

 

Ket Foto: Pantai Wini, Insana Utara-TTU

Pantai Wini merupakan satu-satunya pantai tempat wisata favorit masyarakat Timor Tengah Utara.

Lokasi Pantai Wini

Tempat wisata Pantai Wini adalah salah satu tempat wisata yang terletak di desa Humusu, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste. Karena berada di pintu perbatasan Indonesia Timor-Leste maka warga asing dari Timor leste pun sering berkunjung di Pantai Wini.

Berdasarkan jenisnya, Wisata Pantai Wini ini termasuk ke dalam jenis wisata pantai. Pantai Wini merupakan objek wisata pantai andalan masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara karena memiliki keindahan pantai yang alami dengan hamparan pasir putih yang asri, udara pantai yang sejuk serta air lautnya yang dingin.

Potensi Wisata Pantai Wini memiliki daya tarik yang sangat indah sehingga merupakan tujuan akhir pekan warga masyarakat untuk rekreasi. 

Pemandangannya yang indah dengan pasir putihnya yang halus dan panjang di pesisir pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung di wisata Pantai Wini.

Akses Transportasi Ke Pantai Wini

Untuk sampai ke tempat wisata Pantai Wini kita akan sangat mudah dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan juga kendaraan roda enam. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. 

Kalau menggunakan ojek anda harus membayar Rp. 60.000 jika dari pusat ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara yaitu Kota Kefamenanu  dan jika menggunakan bus anda harus membayar Rp.25.000. Jika menggunkan mobil rental Anda akan membayar Rp.350.000 sehari.

Tiket atau Karcis Masuk ke Pantai Wini

Untuk masuk ke lokasi Pantai Wini untuk sementara belum ada tiket atau karcis. Artinya masuk gratis tanpa bayaran.

Fasilitas Yang Ada di Tempat Wisata Pantai Wini?

Kondisi terkni di Pantai Wini memiliki fasilitas yang sudah sangat bagus. 

Ada spot foto di bibir pantai yang bertuliskan Pantai Wini membelakangi latar pantai sehingga pengunjung jadikan sebagai tempat berfoto. Ada juga pohon-pohon besar sebagai tempat nongkrong serta tempat duduk. 

Di pohon-pohon besar ada tulisan-tulisan kecil yang menempel. Biasanya pengunjung suka berfoto dengan latar belakang tulisan-tulisan tersebut.

Memiliki tempat mainan anak-anak seperti ayunan dan jungkit, jadi anak-anak kecil merasa terhibur selain mandi di laut dan bermain di pasir.

Ada juga dua buah kamar mandi atau kamar ganti, dan WC yang bersih.

Ada sebuah jembatan penghubung berukuran kecil, biasanya pengunjung suka berfoto-foto di jembatan ini ketika hendak memasuki area pantai ataupun saat keluar.

Kapan Ramai Pengunjungnya Di Pantai Wini

Pengunjung atau wisatawan biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu atau hari-hari libur. Mengapa hari sabtu karena sebagian pegawai ada yang bekerja hanya dari hari senin sampai jumat sehingga hari sabtu itu mereka memanfaatkan untuk berekreasi. 

Sedangkan pada hari minggu dan hari libur lainnya sangat ramai pengunjungnya karena aktifitas bekerja terhenti jadi pengunjung memanfaatkan waktu ini untuk berekreasi di Pantai Wini.

Siapa Yang Berkunjung Ke Tempat Wisata Pantai Wini?

Banyak orang  atau wisatawan yang selalu berkunjung ke pantai wini baik itu anak-anak maupun orang dewasa.  Karena langsung berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste maka pengunjung dari Timor Leste pun sering menikmati sajian alam Pantai Wini. 

Ada juga warga masyarakat dari Kabupaten tetangga Belu dan Malaka yang sering datang untuk berekreasi.

Apakah Ada Penginapan Di Pantai Wini?

Menjelang sore, wisatawan atau pengunjung akan berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai untuk menikmati susana matahari terbenam yang eksotis.

Jika Anda hendak berkunjung di Wisata Pantai Wini dan ingin bermalam di Wini maka ada salah satu hotel yang tersedia. Namanya adalah Resort Marjon. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari lokasi Pantai Wini.

Inilah sekilas informasi mengenai Pantai Wini yang merupakan destinasi wisata favorit masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Utara. Terima Kasih dan selamat berkunjung, semoga bahagia ketika berkunjung. 

Video terkait kondisi terkini Tempat Wisata Pantai Wini ada Di Channel youtube Mimpi NTT  dan dapat menonton dengan cara klik link video berikut; Inilah Video Pantai Wini

Penulis: Thom Fallo






3 comments for "Pantai Wini Destinasi Wisata Andalan Bagi Wisatawan Di Perbatasan Indonesia-Timor Leste"

  1. Waoo pantai wini pemandangan sangat indah dan keren

    ReplyDelete
  2. Waoooo Pemandangan di pantai wini sangat indah dan bagus sekali


    Fransiska Noniferti Metan
    XI ipa2

    ReplyDelete
  3. Wow ternyata Pantai Wini sekeren ini

    ReplyDelete