Pantai Tanjung Bastian Potret Pesona Wisata Dan Sarana Olahraga Bagi Warga NTT

 

Ket Foto: Pantai Tanjung Bastian, Wini

Wisata Pantai Tanjung Bastian merupakan satu-satunya destinasi wisata favorit masyarakat Timor Tengah Utara selain berkunjung ke Pantai Wini karena lokasinya berdekatan yang ada di wilayah pantai utara.

Lokasi Pantai Tanjung Bastian

Tempat wisata Pantai Tanjung Bastian adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wini dikenal sebagai pintu perbatasan karena daerahnya yang langsung berbatasan dengan Distrik Oekusi, negara Timor Leste.

Berdasarkan jenisnya, Wisata Pantai Tanjung Bastian ini termasuk ke dalam jenis wisata pantai. Pantai Tanjung Bastian merupakan objek wisata pantai yang sering dikunjungi masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara karena memiliki keindahan pantainya yang berwarna biru dengan hamparan pasir yang tidak terlalu panjang dihiasi batu-batu berwarna coklat kehitaman. 

Udara pantainya sangat sejuk serta air laut yang dingin mengundang kita untuk betah di pantai ini

Mangrove Di Tanjung Bastian

Pantai ini dikombinasi dengan bebatuan kecil dan pasir putih yang indah sehingga enak dipandang mata. Jika pada siang hari ketika airnya mulai surut, pengunjung akan masuk kedalam laut untuk berfoto-foto. Pengunjung lebih banyak berfoto-foto ketimbang mandi di laut. Bahkan pengunjung akan bertahan sampai sore hari untuk mengabadikan momen sunsetnya di Pantai Tanjung Bastian (Situasi terkini, Minggu 25 April 2021).

Tanjung Bastian selain dijadikan sebagai pusat destinasi wisata, juga merupakan tempat arena event olahraga pacuan kuda yang sangat populer di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Semenjak Kabupaten Timor Tengah Utara dinahkodai oleh Raymundus Sau Fernandez, S.Pt sebagai Bupati, event olahraga pacuan kuda sering diselenggarakan setiap tahunnya untuk memperebutkan piala Bupati.

Selain sebagai even olahraga masyarakat juga dimotivasi untuk mencinta ternak kuda dan memelihara kuda sebagai sarana olahraga dan kebutuhan ekonomi.

Ket Foto: Lintasan Pacuan Kuda

Peserta pacuan kuda berasal dari semua kabupaten di Provinsi NTT. Jadi selain olahraga, pengunjung juga menikmati suguhan indahnya panorama pantai Tanjung Bastian.

Potensi Wisata ini memiliki daya tarik yang tersendiri sehingga merupakan tujuan akhir pekan warga masyarakat untuk rekreasi.

Pemandangannya yang indah dengan pasir putihnya yang halus dan panjang di pesisir pantai menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk berkunjung.

Sebelum masuk ke dalam Tanjung Bastian, kita akan disuguhi ikan baik yang masih mentah maupun yang sudah dipanggang. 

Warga sekitar juga menjual ikan kering, udang, nasi, bumbu-bumbu dapur, dan Sopi kepala (alkohol) sebagai minuman budaya masyarakat lokal, tapi ingat jangan diminum sampai mabuk lhoooo nanti akan menimbulkan efek negatif.

Akses Transportasi Ke Pantai Tanjung Bastian

Untuk sampai ke tempat wisata Pantai Tanjung Bastian tentunta sangat mudah, hanya dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat juga kendaraan roda enam. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. 

Kalau menggunakan ojek anda harus membayar Rp. 60.000 jika dari pusat ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara yaitu Kota Kefamenanu  dan jika menggunakan bus anda harus membayar Rp.25.000. Jika menggunkan mobil rental anda akan membayar Rp.350.000 sehari.

Begitupun dari Kota Atambua, Kabupaten Belu, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 50-an Km, akses kendaraan melewati jalan beraspal, bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Tarifnya juga sama seperti dari Kota Kefamenanu.

Berapa Tiket atau Karcis Masuk?

Untuk masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bastian Tarifnya berbayar. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara Nomor 7 Tahun 2019, tentang perubahan kedua atas Perda Kab. TTU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Retrebusi Jasa Usaha, Tanggal 15 Juli 2019 maka pengendara kendaraan bermotor akan membayar tarif Rp.3.000.

Fasilitas Apa Yang Ada di Tempat Wisata Pantai Tanjung Bastian?

Kondisi terkni di Pantai Tanjung Bastian memiliki fasilitas yang sudah sangat bagus dan menarik perhatian pengunjung.

Ada spot foto di bibir pantai yang bertuliskan Tanjung Bastian membelakangi latar pantai sehingga pengunjung jadikan sebagai tempat berfoto

Tersedia juga pondok yang berjumlah 6 buah yang biasa dipakai oleh pengunjung untuk duduk-duduk, tempat ngobrol dan tempat berteduh di saat hujan atau panas. Selain itu juga tempat utuk duduk makan bersama.

Spot Foto Di Tanjung Bastian

Ada juga dua lopo yang dibuat menggunakan semen dengan tangga naik menuju bukit dan dihiasi oleh lampu hias berjumlah 4 buah. Ada juga bangku yang terbuat dari kayu yang dipoles cat berwarna merah putih berjumlah 5 buah dan biasanya pengunjung duduk dibangku tersebut lalu memandang kearah pantai.

Area Pantai Tanjung Bastian juga terdapat pohon-pohon besar sebagai tempat nongkrong serta tempat duduk. Ada pohon tuak yang menjulang tinggi ke atas. Terdapat 2 buah tong sampah. Kamar mandi atau WC berjumlah 3 buah kamar.

Kapan Ramai Pengunjungnya?

Pengunjung atau wisatawan biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu atau hari-hari libur. Mengapa hari sabtu karena sebagian pegawai ada yang bekerja hanya dari hari senin sampai jumat sehingga hari sabtu itu mereka memanfaatkan untuk berekreasi. 

Sedangkan pada hari minggu dan hari libur lainnya sangat ramai pengunjungnya karena aktifitas bekerja terhenti jadi pengunjung memanfaatkan waktu ini untuk berekreasi di Pantai Tanjung Bastian.

Siapa Yang Berkunjung Ke Tempat Wisata Pantai Tanjung Bastian?

Banyak sekali orang atau wisatawan yang selalu berkunjung ke Tanjung Bastian baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Karena langsung berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste maka warga negara tetangga juga sebelum masuk ke Timor Leste mereka masih sempat menikmati pantai-pantai di Wini.

Hamparan Pasir Dan Batuan di Bibir Pantai

Biasanya selain berkunjung ke wisata Tanjung Bastian, pengunjung atau wisatawan akan bergerak ke destinasi wisata terdekat seperti Pantai Wini, Pantai Benteng Oesoko dan PLBN wini untuk sekedar melihat dan foto-foto bahkan ada yang mandi di Pantai Wini selain mandi di Tanjung Bastian.

Apakah Ada Penginapan Di Pantai Tanjung Bastian?

Menjelang sore, wisatawan atau pengunjung akan berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai untuk menikmati susana matahari terbenam yang exotic.

Jika Anda hendak berkunjung di Wisata Pantai tanjung Bastian dan beberapa tempat wisata lainnya yang ada di Wini, ingin bermalam di Wini maka ada salah satu hotel. Namanya adalah Resort Marjon. Jaraknya hanya sekitar 4 Km dari lokasi Pantai Tanjung Bastian

Tanggapan Masyarakat

Dedi Usfinit, salah satu pengunjung menurtukan bahwa Pantai Tanjung Bastian sudah bagus untuk dikunjungi dan harus lebih berbenah lagi dari segi miniatur di dalam area Tanjung Bastian sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung dan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Perbanyak lagi spot foto di dalamnya sehingga pengunjung tidak bosan untuk kembali ke destinasi Wisata Pantai Tanjung Bastian, Tambahnya.

Penulis: Thom Fallo

Video Selengkapnya ada di ChanneL Youtube Mimpi NTT Terkait Pantai Tanjung Bastian https://youtu.be/_1rymtC9hJA Dan Pacuan Kuda Di Pantai Tanjung Bastian https://youtu.be/-zW8OV97sVk

 

 

 

 

 


6 comments for "Pantai Tanjung Bastian Potret Pesona Wisata Dan Sarana Olahraga Bagi Warga NTT"

  1. Tanjung Bastiannya sangat menarik๐Ÿ˜ŠSemoga pengunjung menyukai pemandangapemandangannya

    ReplyDelete
  2. Tanjung Bastian sangat indah dan menarik sehinggah banyak yang berwisata.

    Roberta sanit

    ReplyDelete
  3. Harapan kami untuk Tanjung tersebut adalah, semoga tanjung tersebut di Perbanyak lagi spot foto di dalamnya sehingga pengunjung tidak bosan untuk kembali ke destinasi Wisata Pantai Tanjung Bastian๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  4. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  5. Semoga tanjung bastian tetap indah sehingga pengunjung makin banyak lagi

    ReplyDelete