9 Monumen Bersejarah Yang Ada Di Kabupaten Belu



Hai sobat semuanya. Kali ini saya akan memberikan seputar informasi kepada pembaca sekalian tentang monumen-monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Kabupaten Belu merupakan sebuah kabupaten yang ada di Pulau Timor yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

Okey kita langsung saja ke monumen yang ada di Kabupaten Belu;

1. Monumen Seroja

Monumen Seroja

Monumen seroja terletak di Salore, Halilulik, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu. Dari arah Kabupaten TTU dan Kabupaten Malaka ketika hendak memasuki Kota Atambua kita akan melewati momumen ini yang berdiri gagah. 

Dari jauh tampak jelas di mata kita patung prajurit TNI sedang berdiri, mengangkat tangan sambil memegang senjata.

Monumen ini dibangun pada bulan Juni tahun 1990 dan disermikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Belu Ignatius Sumantri Pada Tanggal 19 Agustus 1990. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, operasi seroja merupakan operasi gabungan angkatan darat, angkatan laut dan angkatan darat Republik Indonesia untuk merebut Timor-Timur dari kekuasaan fretelin. 

Oleh karena itu patung prajurit TNI yang sedang memegang senjata ini merupakan patung yang dibangun sebagai bentuk penghargaan atas kemenangan dalam pertempuran pada tahun 1975.

2. Monumen Pancasila

Monumen Pancasila Atambua

Monumen Pancasila terletak tepat pada simpang lima Kota Atambua berdekatan dengan lapangan umum Kota Atambua. Monumen ini merupakan ikon kebanggaan masyarakat Kabupaten Belu karena berada tepat di jantung Kota Atambua. 

Monumen Pancasila ini diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Belu pada tanggal 17 Agustus 1992. 

Dipuncak monumen ini terdapat burung Garuda sebagai Lambang Negara Indonesia yang berukuran besar dan kuat, dan tiang monumen ini mempunyai lima sisi yang masing-masing sisi terdiri atau tertulis lima butir sila Pancasila. 

3. Tugu Selamat Datang

Monumen Selamat Datang

Monumen selamat datang terletak dekat juga dengan monumen Pancasila. Berada di jantung kota Atambua.

Monumen selamat datang ini diresmikan juga oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Belu Ignatius Sumantri pada tanggal 17 Agustus 1993. Monumen ini memperlihatkan sosok seorang laki-laki dan perempuan memakai pakaian adat Belu yang sementara mengangkat tangannya ke atas.

4. Monumen Artileri

Monumen Artileri Atambua

Monumen ini terletak berdekatan dengan Polres Belu dan lapangan umum Atambua atau tidak jauh jaraknya dari Monumen Pancasila.

Monumen Artileri diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Belu Ignatius Sumantri pada tanggal 17 Agustus 1993. 

Artileri merupakan sebutan untuk kesenjataan, pengetahuan tetntang kesenjataan, pasukan serta persenjataannya sendiri yang berupa senjata-senjata berat jarak jauh. Pada awalnya istilah artileri dipakai untuk menyebut alat berat apapun yang menembakan proyektil di medan perang.

5. Monumen Gerbades

Monumen Gerbades Atambua

Monumen Gerbades terletak di Gerbades Jalur Menuju ke Kantor Bupati Belu.

Momunen ini dibangun pada masa kepemimpinan Bupati Ignatius Sumantri.

Monumen Gerbades diresmikan oleh Gubernur (Kepala Daerah Tingkat I) Hendrik Fernandez pada Tanggal 29 April 1993. 

Gerbades: Gerakan Membangun Desa.
Di tiang monumen ini terdapat gambar Burung Garuda bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu). Selain itu ada 6 patung yang ada di atas.

Ada patung seorang memakai pakaian sarjana, petani sementara pikul cangkul dan pegang ternak kambing, satuperempuan, satu orang PNS

6. Monumen PKK Kab. Dati II Belu

Monumen PKK Atambua

Monumen ini terletak di Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat.

Monumen ini dibangun pada masa kepemimpinan Bupati Servatius Muti Pareira. Diresmikan oleh Ketua Tim penggerak PKK Ny. C. Atiek S. Pareira pada tanggal 27 Desember 1996. 

7. Monumen Adipura

Monumen Adipura

Monumen Adipura terletak di Bundaran Adipura, Kelurahan Berdao, Kecamatan Kota Atambua. Tepatnya berada di depan Gereja Katedral Maria Imaculata Atambua. Pada monumen ini juga terdapat air mancur. 

Monumen ini diresmikan oleh Bupati Belu Drs. Joachim Lopez pada tanggal 28 Desember 2011.

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan longkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. 

8. Patung Kuda Mayangkara

Patung Kuda

Patung Kuda Mayangkara terletak di Kota Atambua.

Dibangun oleh Satgas PAMTAS RI-RDTL Yonif 503 KOSTRAD pada tahun 2013. Diresmikan oleh Bupati Belu Drs. Joachim Lopez pada tanggal 17 Agustus 2013

9. Monumen A.A. Bere Tallo

Monumen A.A. Bere Tallo

Monumen ini terletak di dekat Monumen Pancasila, lebih tepatnya di depan Kantor DPRD Belu.

Alfons Andreas Bere Tallo merupakan Bupati pertama Kabuapten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Perintis Pembangunan Monumen A.A. Bere Tallo antara lain;

  1. Ketua; David. J. Bere
  2. Wakil Ketua; Drs. J.A. Diaz
  3. Sekretaris I; M.J Bunga
  4. Sekretaris II; Josef Fernandez, BA
  5. Anggota; I.J. Kali Mau

Nama A.A. Bere Tallo juga disematkan pada bandar udara di Kota Atambua yang sebelumnya nama bandaranya adalah bandar udara Haliwen

Sekian review tentang monumen yang ada di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memperkaya informasi anda.

Penulis: Thom Fallo

1 comment for "9 Monumen Bersejarah Yang Ada Di Kabupaten Belu"