Peduli Lingkungan, Komunitas Di Belu Lakukan Reboisasi Sepanjang Jalan Ke Atapupu


Ket Foto: Komunitas Belu Hijau Di Bendungan Rotiklot, Atambua

Atambua, mimpiintt.com- Pada hari ini Kamis (4/2/2021) Komunitas BELU HIJAU melakukan kegiatan sosial berupa reboisasi di sepanjang jalur Sesekoe sampai Atapupu, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tepat dimulai pukul 10.00 wita sampai selesai.

Kegiatan hari ini merupakan lanjutan dari beberapa kegiatan reboisasi sebelumnya atas inisiatif Kosgoro Belu, Pemuda Dilumil, Koordinator Security RSUD Gabriel Manek, teman-teman dari Kehutanan dan lain-lain.

Kepada media mimpiintt Jonas Beremau salah satu penggagas Komunitas Belu Hijau menyebutkan bahwa kegiatan hari ini bukan saja dilakukan oleh Komunitas Belu Hijau namun juga turut berpartisipasi aktif dari Satgas Yonif Raiders 744, Satgas RSUD, Satgas Pamtas, Kosgoro Belu, grup Kehutanan, BKoang Benny Martins (Melbourne-Australia), Bang Patrik "Amingku" (Owner Graha Kirani/Toko Angkasa Ria), teman-teman Dilumil, dan semua teman-teman lain yg tidak sempat disebutkan satu per satu.

Adapun anakan yang ditanam hari ini yaitu reo, angsana dan gamal. Tetapi kita siapkan semua jenis tanaman umur panjang dan umur sedang untuk keperluan reboisasi di kabupaten Belu. Operasional kegiatan ini dikendalikan langsung oleh Pak Frans Tandjung yang juga adalah penggagas Komunitas Belu Hijau, tambahnya.

Iapun berharap aksi-aksi inisiatif ini bisa di lembagakan oleh masyarakat Belu menjadi sebuah habitus/gaya hidup dalam hal pelestarian hutan dan lingkungan hidup. Tidak perlu menggantungkan semua kepada pihak Pemkab, karena sebetulnya kita mampu melakukan secara bersama-sama.

Kita hanya berharap kemudian hari Pemkab merespon kegiatan positif ini dengan cara melahirkan kebijakan dan regulasi daerah untuk merubah mindset dan kebiasaan masyarakat dalam memperlakukan hutan dan tanaman umur panjang serta melindungi sumber-sumber mata air baku, pasalnya.

Target jangka panjang kami adalah Belu yang ramah lingkungan, tersedia sumber mata air yang permanen. Untuk jangka menengah kita ingin mengadaptasi thema "kampung/kelurahan thematik" sebagai. dukungan pariwisata Belu, tutupnya. 

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Peduli Lingkungan, Komunitas Di Belu Lakukan Reboisasi Sepanjang Jalan Ke Atapupu"