Desa Teba Optimalkan Penyediaan Air Bersih Untuk Warga

 

Kefamenanu (13/12/2020) Desa T'eba, Kecamatan Biboki Tanpah, Kabupaten TTU, NTT masyarakat tengah asyik menikmati air yang selama ini dikerjakan secara gotong royong bersama pemerintah desa setempat.

Sumber air Oenaem menjadi sumber air utama yang digunakan pemerintah desa dan warga masyarakat sebagai pusat pemenuhan kebutuhan air.

Proses pengerjaan air ini sejak Jumat (16/10/ 2020) sampai hari ini dan air baru sampai dan masuk di bak lama, pas rumahnya bapak markus Bauk.

Masyarakat sangat antusias, mereka mampu pikul pipa sepanjang 3 km. Ada banyak orang yang bekerja. Pikul pipa dan kerja bak sebanyak 66 orang, instalasi pipa 6 orang dan pekeja bak 7 orang.

Kepala Desa T'eba Agustinus Amteme, S.Pd ketika dihubungi mengatakan bahwa proses instalasi air ini menggunakan dana desa tahun 2020. 

Dalam anggaran kita cuman punya dana untuk tarik air sampai bak penampung, namun setelah saya komunikasikan dengan masyarkat maka mereka mau gotong royong dengan memanfaatkan pipa bekas yang ada untuk distribusi ke setiap dusun, sementara lanjutannya akan dilanjutkan tahun 2021 dengn anggaran dana desa, jika tidak ada hambatan kita mau optimalkan instalasi ke rumah warga agar penyediaan air bersih tercukupi.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan air dengn baik yaitu untuk pemenuhan air minum dan juga memanfaatkan air ini untuk menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomis , serta ikut menjaga dan memelihara mata air dengan melakukan penghijauan dan menjaga pipa agar jangan dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selama ini pada musim hujan masyarakat menggunakan sumur yang ada, dan selama 2 tahun terakhir pada bulan juli sampai pertengahan desember masyarakat membeli air, tambahnya.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Desa Teba Optimalkan Penyediaan Air Bersih Untuk Warga"