Guru HARUS KREATIF Dulu, Baru Siswa Bisa Kreatif || Merdeka Belajar

 

Ket Foto: Maria Magdalena Neno

Merdeka belajar yang saya ketahui adalah salah satu proses belajar mengajar antara siswa dan guru yang bukan lagi berada di dalam ruangan (ruang kelas) akan tetapi sudah berada pada luar ruangan kelas.

Jadi semua guru ataupun suswa kita harus berpikir kedepan, setiap guru dan siswa harus memiliki inisiatif, harus kreatif dalam bidang pendidikan.

Bukan hanya siswa saja melainkan para guru-guru juga harus kreatif. Bahkan justru para guru itu yang harus di nomor satukan dalam merdeka belajar. Guru harus kreatif duluan baru sswa bisa kreatif.

Namun kita siswa jangan berkecil hati dan jangan patah semangat, kita siswa juga harus menunjukkan keberanian bahwa kita bisa dan berjuang, semangat dalam proses belajar atau yang disebut MERDEKA BELAJAR.

Dalam merdeka belajar harus betul-betul menunjukkan sikap kita yang positif misalnya sopan, taat, disiplin, bertanggung jawab, teliti, mandiri, kreatif, inovatif dan lain sebagainya.

Saya sering membaca dan menemukan informasi di internet dan membaca pada link yang tersebar di media sosial yang berkaitan dengan merdeka belajar, ternyata merdeka belajar ini sudah dipopulerkan atau disampaikan oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Bapak Nadiem Makarim sebelum pandemi Covid-19 ini ada dan sampai akhirnya pada saat ini negara kita tercinta ini negara Indonesia, seluruh masyarakat mengalami musibah atau malapetaka pandemi Covid-19 yang tidak diketahui kapan berakhirnya sehingga segala aktivitas manusia sehari hari tidak berjalan dengan lancar.

Saya akan membagikan pengalaman nyata saya selama kita dirumahkan akibat pandemi corona ini.

Berawal dari bulan Maret 2020 dan bulan berikutnya adalah keadaan yang paling menyesatkan akibat pendemi, sehingga semua sekolah ditutup. 

Malapetaka ini membuat orang panik dan tertekan. Para siswa/i termasuk sekolah kami juga diliburkan dan pada saat itupun kita dituntut belajar jarak jauh atau online. Belajar kita dipertemukan oleh medsos baik itu facebook dan whatsaap.

Jadi anggap saja ini adalah salah satu cara dari penerapan merdeka belajar. Segala kegiatan di sekolah harus menggunakan media sosial atau belajar online dari rumah. Tapi sayang, ada beberapa siswa yang kesulitan dalam melakukan pembelajaran online dikarenakan tidak memiliki handphone, akan tetapi kami tetap usaha sampai segala tugas yang diberikan bapak/ibu guru kami kerjakan dengan sebaik mungkin. Kemudian kami kirimkan lewat akun facebook atau akun whatsaap.

Tapi kami lebih memilih pada akun facebook karena ada mode gratisnya (tanpa pulsa data juga kita bisa menggunakan facebook untuk menjawab pertanyaan atau diskusi di group).

Pelajaran yang membuat kami kreatif dan inovatif dalam merdeka belajar ini adalah pelajaran ilmu alam (Biologi). Kami diberikan tugas selama ini bahkan sebelum pandemi dari bulan Januari kami ditugaskan untuk memelihara dan merawat tanaman, seperti tanam sirih, sayur-sayuran, hewan peliharaan (beternak ayam) dan alhasil tidak sia-sia juga kami merawatnya.

Menurut saya ini menjadi salah satu contoh bagi saya dalam menata masa depan dengan hal hal yang sederhana seperti ini.

Jadi, selama pandemi, saat dirumahkan kami bukan saja mengerjakan soal-soal yang diberikan bapak dan ibu guru, tetapi kami juga merawat tanaman-tanaman yang dijadikan sebagai tugas.

Bahkan sampai ujian semester genap (ujian kenaikan kelas dari XI-XII) kami disuruh untuk mengambil gambar atau memotret gambar hasil tanaman untuk diposting ke grup facebook bimbingan belajar kami yang dinamakan Grup Bimbel Online Mapel Biologi, yang guru mata pelajarannya adalah koordinator atau admin dalam grup.

Sampai akhirnya ujian kenaikan kelas pun tiba, seluruh siswa/i sekolah kami mengadakan ujian di rumah saja. Alhasil prosesnya berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Setelah melakukan ujian kami diliburkan dan selama liburan berlangsung kami juga disuruh untuk selalu memperhatikan tanaman-tanaman tersebut, selalu melaporkan hasil perkembangan dari setiap tanaman. 

Bahkan materi ujian kami itu mengenai materi biologi tidak berupa soal atau teori tetapi berupa praktek yaitu dengan membuat vlog video pada masing-masing kebun, hewan piaraan kami atau menjelaskan materi pelajaran di depan kamera video lalu dipublikasikan.

Kami yang sekolah di SMAN Insana Barat, TTU ini berasal dari beberapa Desa di sekitar Kecamatan Insana Barat yaitu Desa Subun Tualele, Fatualam, Usapinonot, Haususu, Letneo Selatan, Letneo, Oabikase, Nifunenas, Lapeom, Atmen dan Wilayah sekon.

Bayangkan saja jika satu siswa disuruh menanam sirih lima pohon ayam 2 ekor atau sepasang maka berapa jumlah populasi ayam di Kecamatan Insana Barat? Jadi kesimpulannya populasi ayam dan sirih yang bernilai ekonomi tinggi ini meningkat di Insana Barat. Dari sisi pembelajaran juga kita sebagai siswa dilatih untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di daerah kita. 

Guru Mata Pelajaran itu selalu memotivasi kami di kelas kalau selain kita belajar materi pelajaran atau teori di sekolah, kita juga tidak lupa berkreasi dirumah. Kita harus rajin, giat dan belajar bertanggung jawab mulai sekarang ketika duduk di bangku SMA. Belajar mencintai Tanaman dan ternak agar suatu kelak kita bisa menjadi petani yang profesional ketika terjun di dunia sosial masyarakat.

Ia juga menambahkan soal anak-anak sekolah jaman sekarang yang tidak cinta profesi petani dan peternak padahal potensi lokal kita memenuhi syarat untuk bertani dan beternak. Namun di luar dari itu kita perlu meningkatkan populasi tanaman dan ternak di daerah kita, itu kuncinya.

Jadi Ini bukan berarti kami hanya memilih satu tujuan saja yaitu pada mata pelajaran yang bersangkutan akan tetapi kami juga tetap mengikuti mata pelajaran lainnya dengan serius dan sampai sekarang kami sudah di bangku kelas XII yang sebentar lagi akan meninggalkan seribu kenangan semasa SMA.

Karena pemerintah sudah mengizinkan untuk kembali beraktifitas meskipun tetap mengikuti protokol kesehatan yang merupkan peraturan pemerintah yaitu tetap menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Sekarang sudah new normal, sekolah-sekolah, kantor-kantor sudah dibuka kembali, aktifitas sosial ekonomi juga sudah normal kembali namun kita masih tetap dalam rel protokol kesehatan.

Proses pembelajaran di sekolah kami dibagi dalam semingu itu dua kali, mulai dari kelas X, XI dan  XII. Dengan mendapatkan tugas-tugas rumah yang diberikan oleh bapak ibu guru di sekolah.

Kuncinya dari masing-masing diri harus kreatif dan inovatif, memiliki kemauaan dari diri sendiri agar menambah pengetahuan sehingga kedepannya negara kita memiliki kemajuan dan memiliki anak bangsa yang pandai.

Penulis; Maria Magdalena Neno (Siswa Kelas XII MIPA SMA)

Materi Pemahaman Merdeka Belajar

Editor: Thom Fallo


40 comments for "Guru HARUS KREATIF Dulu, Baru Siswa Bisa Kreatif || Merdeka Belajar"

  1. Menurut saya tugas tugas yang telah di berikan Pak Thom Fallo dan cara-cara pemberian tugas slama ini kepada kita siswa/i SMAN INBAR itu sangat membantu kita dan sangat memotivasi kita supaya kita bisa berpikir maju atau berpikir lebih kreatif.

    Trima kasih...!😊


    Nama : Aurelia Misa
    Kelas. : Xll - IPA

    ReplyDelete
  2. Iya betul Guru² juga harus kreatif agar siswa-siswinya lebih semangat belajar dan kreatif dalam bidang Pendidikan

    ReplyDelete
  3. iyah, Kalo guru kreatif berarti siswa juga bisah kreatif, dan semangat dalam pembelajaran 😊
    Nama :BERNADINA LEU ASALNAIJE ( X IPA-²)

    ReplyDelete
  4. Menurut saya guru²harus lebih kreatif dlm pendidikan agar siswa -siswi Bisah mengikuti teladan guru dalam bidang pendidikan supaya lebih berkreatif lagi..

    Nama :Wilfrida Manhitu
    Kelas :Xl ipa 1

    ReplyDelete
  5. Menurut saya guru yg harus lebih kreatif dan memberi contoh kepada siswa/i agar kita sebagai siswa/i bisa dapat meniru kekreatifan guru.


    Nama:Lidwina Nailiu
    Kelas :XI IPA 1

    ReplyDelete
  6. Guru kreatih berarti siswa juga bisa lebih kreatif lagi 😊
    Nama. Fridolin Alisa Kosat

    ReplyDelete



  7. Nama: FRANSISKA FUNAN
    kelas: Xl ipa 1


    Kepada Guru2 juga harus lebih kreatif dlm Hal pendidikan agar siswa/siswiNya bisa mengikuti,Teladan guru dlm bidang pendidikan supaya lebih berkreatif lagi🙂

    ReplyDelete
  8. Guru kreatif berarti siswa juga bisah lebih kreatif


    Nama:Melanita Funan
    Kelas:XII Ipa

    ReplyDelete
  9. Guru kreatif berarti siswa juga lebih kreatif

    Nama: Kristofora kono
    Kelas: X1 Ipa2

    ReplyDelete
  10. Menurut pendapat saya guru2 harus lebih kreatif agar siswa juga bisa lebih kreatif dalam hal belajar.

    Nama : Katharina Poen
    Kelas : Xl IPA 2

    ReplyDelete
  11. Jika Guru Kreatif berarti siswa jga lebih kreatif.

    ReplyDelete
  12. Semua guru² harus inisiatif dan kreatif dalam bidang pendidikan Agar siswa/i jg bisa berkreatif Dalam melakukan sesuatu.


    Nama: Ermelinda Neonnub
    Kelas: Xll-Ipa

    ReplyDelete
  13. Guru2 harus kreatif agar siswa juga lebih kretif

    ReplyDelete
  14. Iya betul,Kami dari siswa juga sangat membutuhkan kreatif dari guru,karena jika guru kreatif maka kami sebagai siswa pun akan mengikuti jejak bapak ibu guru yg kreatif

    ReplyDelete
  15. Klau menurut sy, guru" hrs lebih bnyk kreatif , klau guru" kreatif maka kami siswa akan bnyk mengikuti jejak para guru" yg kreatif.


    Nama:Agatha Bona
    Kelas:XII ipa

    ReplyDelete
  16. Menurut pendapat saya Semua guru harus lebih kreatif dalam bidang pendidikan agar siswa siswi jga bisa berkreatif

    ReplyDelete
  17. Menurut pendapat saya semua guru harus kreatif dalam hal pendidikan agar siswa/siswi jga bisa kreatif



    Nama: Angela Saijao
    Kelas : XI IPA 1

    ReplyDelete
  18. Menurut pendapat sya guru harus lebih kreatif agar sisiwa siswi juga bsa kreatif



    Nama: Theresia Ivana Mnou
    Kls: Xl ipa 1

    ReplyDelete
  19. Menurut pendpt saya semua guru harus kreatif dalam hal pendidikan agar siswa/siswi jga bisa kreatif

    Nama: Aldegunda Fitriani Omenu
    Kelas: XI IPA2

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Menurut sy bukan hnya siswa saja yg kreatif melainkan guru juga kreatif agar siswa bisa lebih kreatif

    Nama: Aprilia Agnes Tafaib
    Kelas: Xl IpA 1

    ReplyDelete
  22. Guru kreatif siswa juga lebihh kreatif




    NAMA:MAGDALENA LEU
    KELAS:XII IPS 2

    ReplyDelete
  23. Ya betul sekali
    Jika gurunya Kreatif
    Maka siswa juga akan kreatif k

    ReplyDelete
  24. Menurut sy guru harus kreatif agar kami sebagai siswa juga lebih kreatif

    Nama:Maria Albricia Neno
    Kelas:Xl ipa 1

    ReplyDelete

  25. Menurut sy guru harus kreatif agar kami sebagai siswa juga lebih kreatif

    Nama:Maria Prisila Lafu
    Kelas:X1 IPA 1

    ReplyDelete
  26. Menurut pendapat saya Semua guru harus lebih kreatif dalam bidang pendidikan agar siswa siswi jga bisa berkreatif

    Nama:Agnes naisali
    Kelas:Xll Ipa

    ReplyDelete
  27. Gurunya kreatif maka kami sebagai siswa pun akan mengikuti kreatifnya.

    Nama:Maria Gabriela Fanu
    Kelas: XI IPA 1

    ReplyDelete
  28. Jika guru kreatif maka siswanya akan lebih kreatif

    Nama : Roswita Haumau
    Kelas : XII IPS 2

    ReplyDelete
  29. Menutr pendapat saya siswa akan terlihat kreatif apabila para guru lebih berkraetif dalam bidang pendidikan

    Nama:Yolanda Molo
    Kelas:Xl ipa¹

    ReplyDelete
  30. Menutr pendapat saya siswa akan terlihat kreatif apabila para guru lebih berkraetif dalam bidang pendidikan

    Nama:Yolanda Molo
    Kelas:Xl ipa¹

    ReplyDelete
  31. Menutr pendapat saya siswa akan terlihat kreatif apabila para guru lebih berkraetif dalam bidang pendidikan

    Nama:Yolanda Molo
    Kelas:Xl ipa¹

    ReplyDelete
  32. Menurut sy guru harus kreatif dolo baru kmi siswa akan terlihat kreatif dalam pendidikan dan ilmu yang lainnya .

    ReplyDelete
  33. Iya betul guru harus kreatif maka siswa siswinya akan lebih kreatif🙏🙏

    ReplyDelete
  34. Menurut saya tugas tugas yang diberikan guru guru kepada kita siswa /i ,itu sangat membantu dan memotivasi kita agar kita lebih maju dan berpikir kreatif dalam dunia pendidikan


    Sekian menurut saya , Terimakasih ��

    Nama : Gregoriana Naisanit
    Kelas: Xl IPS 2

    ReplyDelete
  35. Menurut sya guru harus kreatif agar kmi sebagai siswa lebih kreatif.



    Nama:Diana S Faot
    Kelas:Xl Ips 2

    ReplyDelete
  36. Guru harus selalu kreatif agar kami sebagai murid lebih kreatif lagi

    Nama:Diana Tutu
    Kelas:XII IPS 2

    ReplyDelete
  37. Munurut pendapat sya Semua guru harus kreatif dlm hal pendidikan agar siswa/siswi juga bisa kreatif.




    Nama:Agustina Naipoen
    Kelas:Xl IPA 2

    ReplyDelete
  38. Guru keratif pastinya muridpun juga pasti kreatif.

    Nama: Demetriana Nope
    Kelas : X IPA 1

    ReplyDelete
  39. Menurut saya jika guru sdh kreatif maka kita sebagai murid harus berpikir untuk lebih kreatif.

    ReplyDelete
  40. Menurut saya jika Guru sdj kreatif maka kita sebagai siswa harus berpikir untuk lebih kreatif.

    ReplyDelete