Di TTU, Aksi Tanam Pohon Warnai Pengumuman Hasil UN SMPN Fatumfaun

Ket Foto: Kepala SMPN Fatumfaun, TTU-NTT Bersama Siswa/i

Tidak seperti biasanya yang dilakukan oleh sekolah-sekolah jelang pengumuman hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) baik pada tingkat satuan pendidikan SMA maupun SMP. Hari ini di Kefamenanu, Rabu (29/5/2019) SMPN Fatumfaun yang terletak di Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT melakukan aksi inspiratif jelang pengumuman hasil kelulusan peserta didik kelas IX.

Aksi inspirasi ini adalah dengan menanam ratusan pohon kelapa pada kompleks sekolah sebagai bentuk tindakan untuk menghindari aksi coret-moret dan hura-hura yang kemudian akan membuahkan sikap tidak terpuji.

Aksi ini didukung penuh oleh komponen sekolah baik itu orang tua peserta didik, guru dan peserta didik itu sendiri. Orang tua peserta didik dilibatkan untuk menyumbangkan anakan pohon kelapa. Ada dua jenis kelapa yaitu kelapa merah dan kelapa hibrida.

Sedangkan pihak sekolah juga melibatkan peserta didik untuk ikut menanam yaitu 50 peserta didik dari kelas VII, VIII dan 50 dari kelas IX.

Plt. Kepala Sekolah Ida Royani Eba Akoit, S.Pd ketika dikonfirmasi menuturkan bahwa hanya ini yang bisa kami persembahkan. Kami belum menyumbangkan nilai tertinggi, tetapi kami memberi karya nyata untuk masa depan kami yaitu dengan menanam 100 pohon kelapa mengawali pengumuman hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.

Tentunya kami belajar dari filosofi pahon kelapa yaitu bermanfaat dari akar sampai ke tunas. Intinya kelapa adalah tabungan jangka panjang.

Terkait dengan kondisi tanah apakah subur atau tidak jika ditanam pohon kelapa, sebagai sampel saya sudah tanam 4 pohon untuk uji coba, apakah tanah ini bisa tanam kelapa atau tidak, tapi baru 1 bulan tumbuh subur maka kami tanam banyak hari ini, ungkap Plt. Kepala Sekolah.

Untuk kedepannya, lingkar batas sekolah yang masih bisa kami tanam 300 pohon lagi karena lokasinya luas. Kami akan tetap menanam dan sekaligus mengindahkan program Bupati TTU yaitu tabungan jangka panjang atau yang sering disebut pensiun petani.

Terkait dengan pengumuman hasil UN hari ini berjalan aman dan lancar sampai selesai dan membuahkan hasil yg memuaskan bagi seluruh komponen sekolah. Kami belum menyumbangkan nilai tinggi semua, juga tidak sebagai penyumbang nilai ekor. Tapi setidaknya cukup dan memuaskan bagi kami semua komponen sekolah.

Diakhir kata, Plt. Kepala Sekolah SMPN Fatumfaun menitipkan kata bijak yang berbunyi: " Don't be afraid to give your best to what seemingly are small jobs.  Every time you conquer one it makes you that much stonger. If you do the little jobs. Well.  The big ones willtend to take care of themselves (Terjemahan: Jangan takut untuk memberikan yang terbaik untuk pekerjaan yang tampaknya kecil.  Setiap kali anda melakukannya.  Jika anda melakukannya. Itu membuat anda lebih kuat. Jika anda melakukan pekerjaan kecil dengan baik.  Pekerjaan yang besar akan cendrung menjaga diri anda sendiri.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Di TTU, Aksi Tanam Pohon Warnai Pengumuman Hasil UN SMPN Fatumfaun"