Keren, Embung Irigasi Benkoko Jadi Objek Wisata Di TTU-NTT Yang Menakjubkan

Ket Foto: Embung Benkoko, TTU-NTT

Embung Benkoko merupakan sebuah embung irigasi yang terletak di Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi NTT. 

Bangunan embung Benkoko ini dibangun sejak awal tahun 1990-an. Jarak menuju tempat ini jika dari pusat kota Kefamenanu kurang lebih 50 Km, dan jika dari pusat kota Atambua, Kabupaten Belu berkisar juga sekitar 50 Km.

Daya tampung embung Benkoko yaitu 170.00,00 m3 dan memiliki luas genangan 2,91 ha. Embung ini dibangun karena sebagian besar masarakat di Kabupaten Timor Tengah Utara berprofesi sebagai petani, peternak dan nelayan. 

Oleh karena kondisi lahan yang kering dan curah hujan yang relatif rendah menyebabkan lahan pertanian masyarakat menjadi kering dan tandus, yang berpengaruh terhadap pendapatan ekonomi dan penghidupan masyarakat. 

Untuk itu perlu adanya upaya alternatif agar mendukung profesi masyarakat agar keluar dari garis kemiskinan, maka dibangunlah embung ini dari sekian banyak alternatif infrastruktur untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat.
   
Akses ke lokasi embung ini cukup baik karena jalan (infrastruktur) sudah bagus yaitu aspal dan jalan pengerasan namun cukup aman saat berkendara menuju lokasi ini. 

Selain fungsi utamanya adalah menyediakan air yang berguna bagi masyarakat setempat untuk irigasi pertanian dan peternakan, juga sebagai obyek wisata yang sering dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Embung ini dikenal memiliki multi fungsi bagi masyarakat.

Embung Benkoko juga menjadi salah satu kawasan wisata kekinian yang berkembang karena terdapat biota baik itu hewan maupun tumbuhan yang tumbuh subur dan hidup menghiasi embung, serta potensi abiotik lainnya yang mendukung dan mempercantik kawasan ini.

Ketika berkunjung ke tempat ini, nampak ada pengunjung yang melakukan berbagai aktifitas seperti memancing, foto-foto dan bersantai. Karena memiliki fungsi ganda dibidang pariwisata maka diharapkan keterlibatan serius dari berbagai pihak agar mengawasi, memelihara dan memperindah tempat ini.

Harapan masyarakat adalah agar embung ini juga bisa menjadi salah satu icon wisata di TTU, maka dirapkan peran serta partisipasi masyarakat lokal, keikutsertaan stake holder, institusi pendidikan, kampus, LSM, sukarelawan, pemerintah daerah, asosiasi wisata, para pencinta alam dan semua pihak yang berpengaruh serta menerimadampak dari embung Benkoko. 

Apalagi Fokus Gubernur NTT, Viktor Bungtillu Laiskodat dengan visinya membangun NTT dari sektor Pariwisata akan mendukung dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan  daerah jika dikekolal secara bijak. 

Lokasi embung ini juga menjadi lokasi kunjungan perdana dari komunitas GENPI (Gerakan Pesona Indonesia) Cabang Kefamenanu yang memiliki visi misi besar untuk memajukan dan mempromosikan destinasi wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Khususnya di kabupaten Timor Tengah Utara.Thom/mimpintt
Doc Foto: Genpi Kefamenanu


20 comments for "Keren, Embung Irigasi Benkoko Jadi Objek Wisata Di TTU-NTT Yang Menakjubkan"

  1. Semoga harapan Masyarakat dpt terkabulkan๐Ÿ™

    ReplyDelete
  2. Mantap๐Ÿ‘๐Ÿผ

    Kristofora konk

    ReplyDelete
  3. May 15, 2021 at 18:45


    ๐Ÿ‘๐Ÿ‘mantap.


    Nama : Algorius Oemanas
    Kelas : X IPA¹

    ReplyDelete
  4. Mantap๐Ÿ‘
    Semoga apa yang diharapkan masyarakat dpt tercapai๐Ÿ™


    Fransiska Noniferti Metan
    XI ipa2

    ReplyDelete
  5. Bagus
    Semoga harapan masyarakat dapat tercapai๐Ÿ™

    ReplyDelete
  6. Mantap semoga pariwisata di NTT semakin maju ๐Ÿ™

    ReplyDelete
  7. Waoo Mantap Pak Guru๐Ÿ˜‡๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  8. Mantap pak guru๐Ÿ‘๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
  9. Mantap pak guru ๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  10. Wao mantap sekali pak guru ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  11. Mantap Pak Guru ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  12. Mantap,Semoga harapan masyarakat cepat tercapai

    ReplyDelete